Brilio.net - Ceker ayam adalah salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar. Seringkali, ceker ayam diolah dengan berbagai varian masakan, seperti sebagai lauk pada soto, dibakar, maupun ditumis dengan bumbu-bumbu sesuai selera.

Hanya terdiri dari kulit, tendon, dan tulang, segelintir orang mengaku tidak ingin memakannya karena ceker ini merupakan bagian organ kaki ayam dan dianggap kurang higienis. Kamu termasuk orang yang menyukai ceker ayam?

Nah, buat kamu yang suka dengan ceker ayam ini, ternyata makanan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Saat mengonsumsi ceker ayam, kulitmu akan mendapatkan nutrisi dari kandungan kolagen yang dimiliki oleh ceker ayam. Makan ceker ayam bisa jadi cara skincare-an, dong?

Cari tahu lagi, yuk, semua manfaat ceker ayam yang baik untuk kesehatan. Berikut tujuh manfaat ceker ayam yang sudah dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (17/4).

Loading...

1. Membuat kulit jadi awet muda.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Ceker ayam memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Seperti yang sudah umum diketahui oleh skincare enthusiast, kolagen memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ini dapat berguna untuk membuat kulit lebih kencang sehingga akan terlihat awet muda. Selain itu, ceker ayam juga memiliki kandungan asam hialuronat untuk melembabkan kulit.

2. Membuat tulang lebih kuat.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan kalsium yang ada pada ceker ayam juga tinggi, nih. Jadi, sangat baik untuk kesehatan tulang dan kuku. Selain itu, ceker ayam juga mempunyai berbagai nutrisi seperti protein, tulang rawan, dan kolagen yang dapat membantu persendian. Saat seseorang sering mengonsumsi ceker ayam, nantinya di usia tua tulangnya tidak akan mudah rapuh.

3. Membantu menyembuhkan radang sendi.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Nyeri sendi dapat diminimalisir dengan mengonsumsi ceker ayam. Ceker ayam akan memberikan nutrisi-nutrisi seperti protein, kalsium, mineral, kolagen, dan tulang rawan yang mudah diserap oleh tubuh.

Sementara itu, ceker ayam juga mengandung zat hidroksiapatit untuk membuat tulang lebih kuat dan tercegah dari kerapuhan. Kalsium pada ceker ayam juga baik untuk penderita rematik.

4. Penyeimbang hormon pada tubuh.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Ceker ayam memiliki kandungan yang dinamakan seng. Kadar seng ini dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjaga keseimbangan hormon setiap harinya.

Di samping itu, ceker ayam juga dapat memberikan beberapa jenis asam amino arginin yang berguna untuk membantu tubuh melepaskan hormon penyebab perasaan tertekan atau stres.

5. Mempercepat penyembuhan luka.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan kolagen yang tinggi pada ceker ayam juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, lho. Kandungan kolagen akan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi pada tubuh juga melawan serangan bakteri.

6. Mencegah berbagai penyakit.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Ceker ayam seringkali digunakan sebagai menu makanan anak-anak, karena memang makanan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab, ceker ayam memiliki kandungan mineral seperti tembaga, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium. Maka dari itu, ceker ayam dapat membantu menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Meningkatkan kesehatan jantung.

Suka makan ceker ayam? © freepik.com

foto: freepik.com

Jantung kita membutuhkan kolagen yang cukup agar peredaran darah tetap lancar. Nah, nutrisi dari kolagen ini dapat kita dapatkan dari ceker ayam. Senang mengonsumsi ceker ayam sangat baik untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung, seperti aterosklerosis.

RECOMMENDED