Brilio.net - Ketika mengulik tentang sayur-mayur, jenis apa sih yang pertama kali muncul di benakmu? Bayam, kangkung, brokoli, dan kol mungkin akan jadi beberapa yang kerap disebutkan. Bukan tanpa sebab, jajaran sayur tersebut memang cukup populer di kalangan masyarakat. Apalagi, sayuran tersebut diolah menjadi makanan sehari-hari yang dikonsumsi masyarakat. Tapi bagaimana dengan sayur asparagus? Apakah kamu pernah mencobanya?

Asparagus mungkin nggak se-hits teman-temannya, tapi jangan sepelekan, karena sayur ini mengandung banyak nutrisi lho. Bahkan asparagus sampai dijuluki sebagai sayur tersehat. Hal ini didapatkan karena ada kandungan sehat di dalamnya yang mampu menangkal berbagai penyakit. Protein, serat, lemak, folat, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, hingga vitamin E ditemukan di dalam asparagus. Ditambah lagi, ada juga sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc, dan riboflavin.

Asparagus jadi sayur yang wajib kamu coba. Bahkan untuk ibu hamil pun juga sering dianjurkan untuk mengonsumsi sayur berwarna hijau ini. Lantaran kandungan folatnya yang melimpah, asparagus dapat membantu pembentukan sel-sel dan DNA calon bayi. Selain itu, nggak banyak yang sadar juga kalau asparagus bermanfaat untuk merawat kesehatan kulitmu lho.

Nah kulik yuk, manfaat lain asparagus yang berdampak baik pada kesehatan. Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Rabu (18/11) dari berbagai sumber berikut.

Loading...

1. Menekan risiko diabetes.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat asparagus untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk pasien diabetes. Kenapa begitu? Perlu kamu ketahui, asparagus merupakan salah satu sayuran yang ampuh untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Asparagus kaya akan nutrisi, sumber serat, folat, vitamin A, C, E, dan K yang sangat baik, serta kromium dan mineral kecil yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel.

Selain itu, dijelaskan juga dalam studi British Journal of Nutrition, sel asparagus akan membantu meningkatkan sel beta dalam tubuh yang bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran diabetes tipe 2.

2. Menjadi sumber antioksidan.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Padatnya kegiatan yang kamu lakukan, kerap membuatmu terpapar berbagai macam polusi dan juga virus. Jika disepelekan, hal ini akan menimbulkan penyakit berbahaya untuk tubuh. Nah maka dari itu, lindungi kesehatanmu dengan mengonsumsi asparagus. Asparagus memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol.

Buat kamu yang belum tahu, antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri telah banyak dikaitkan dengan penuaan, peradangan sel yang kronis, serta kanker. Nah untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi asparagus dengan sayur lain dan buah-buahan.

3. Membuat kulit bercahaya.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Pengen punya kulit bercahaya namun tetap sehat? Asparagus jadi jawabannya. Kandungan vitamin A di dalam asparagus mampu merawat kesehatan kulitmu. Vitamin A efektif untuk mengatasi kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain itu, kandungan glutathione juga dipercaya bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi. Nah gimana, mau dong kulit glowing? Cobain deh!

4. Menjaga kesehatan kandungan.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat lainnya dalam asparagus juga memberikan dampak pada kesehatan ibu hamil. Ibu yang sedang mengandung tentu harus lebih perhatian pada kesehatannya. Nggak hanya untuk diri sendiri, namun juga si kecil. Asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya terutama di trimester awal kehamilan.

Asupan folat yang memadai di masa ini, akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Selain itu, folat juga berperan penting untuk melindungi buah hati dari cacat tabung saraf yang bisa dengan mudah mengakibatkan berbagai komplikasi di kemudian hari.

5. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu kandungan yang terdapat dalam asparagus yaitu vitamin A. Tentu kandungan ini sudah kamu kenal sebagai sumber kesehatan mata. Menariknya lagi, antioksidan pada asparagus juga akan membantu melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ada juga asam amino dan glutathione dalam asparagus yang bahkan dapat membantu mengurangi terjadinya risiko penyakit mata seperti katarak dan rabun senja. Menarik banget bukan?

6. Menurunkan berat badan.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau sayur-mayur dapat membantu proses penurunan berat badan, begitu juga dengan asparagus. Asparagus memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Semakin lengkap, juga ada kandungan serat pada asparagus yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, tapi juga berefek terhadap penurunan berat badan. Serat bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang sehingga mencegah kamu dari makan dalam jumlah banyak.

7. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat asparagus untuk kesehatan  © freepik.com

foto: freepik.com

Kesehatan pencernaan perlu juga kamu perhatikan. Kalau nggak, ancaman berbagai penyakit bisa menyerangmu kapan saja. Maka dari itu, jaga kesehatan pencernaan dengan mengonsumsi asparagus, karena mengandung serat dan vitamin C di dalamnya.

Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus bermanfaat untuk memperlancar gerakan usus sehingga bisa dikonsumsi untuk mengobati sembelit. Sedangkan kandungan serat larut asparagus bisa menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus.

Jadi, menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari merupakan cara yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selamat mencoba, ya!

RECOMMENDED