Brilio
Discover the best food

7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks

Kesehatan

7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks

Makanan ini memiliki kandungan yang baik bagi leher rahim.

Home » Kesehatan

16 April 2019 08:05, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Kanker adalah penyakit yang mematikan dan menjadi momok besar bagi masyarakat.  Kanker bisa menyerang seluruh bagian organ tubuh manusia. Merujuk data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker yang paling mematikan untuk wanita setelah kanker payudara adalah kanker serviks. Kanker serviks sendiri menyerang pada bagian leher rahim atau jalan tempat keluarnya bayi.  

Kanker payudara bisa terjadi kepada wanita dan pria, kanker serviks hanya menyerang wanita. Faktor inilah yang menjadikan kanker serviks menjadi momok terbesar wanita Indonesia. Berdasarkan data tahun 2008 dari Kemenkes RI, sebanyak wanita Indonesia mengalami kanker leher rahim atau serviks sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.  

Baca juga: 10 Tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai, cewek wajib baca

Bagi kamu para wanita terutama yang berusia antara 35 dan 44 tahun, pastikan kamu segera melakukan mendapatkan tes Pap reguler. Agar dapat mencegah kanker serviks. Selain itu kamu juga dituntut harus bijaksana dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan dapat membantu mencegah serviks untuk segala usia. Berikut makanan yang dapat mencegah kanker serviks yang brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Senin (15/4).

1. Alpukat.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Alpukat bukan hanya buah yang enak dan lezat untuk dikonsumsi. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dan kaya akan folat. Dilansir dari Everyday Health, penelitian menunjukkan folat, vitamin B dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks pada mereka yang terjangkit Human papillomavirus (HPV).

2. Wortel.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Dilansir dari Lifehack, wortel mengandung beta-karoten dan karoten yang membantu melawan kerusakan tubuh dari karsinogen. Karotenoid adalah sumber vitamin A yang sangat bagus untuk tubuh. Wortel dapat kamu konsumsi dengan berbagai cara. Misalnya dimakan mentah, direbus dengan menu makanan lain, atau bisa kamu konsumsi sebagai lauk.

3. Labu.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Apabila kamu tidak menyukai wortel, ada banyak makanan lain yang mengandung karoten yang bisa sebagai pertimbangan untuk dimakan. Salah satunya makanan yang mengandung karoten adalah labu. Selain enak, labu juga bisa menjadi makanan yang sehat bagi tubuh, terutama labu dipercaya dapat mencegah penyakit kanker serviks.

4. Tomat.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Dilansir dari cheatsheet, tomat dapat membantu mencegah kanker serviks. Sebuah lembaga kesehatan di Kanada mencatat makanan yang mengandung lycopene tinggi bisa meningkatkan kesehatan leher rahim. Adapun makanan yang dimaksud seperti produk tomat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Apel.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Kamu mungkin tidak berpikir bahwa gizi yang terkandung pada apel dapat melindungi leher rahim. Dilansir dari Everyday Health, apel kaya akan flavonoid, senyawa kimia ini mungkin menjadi kunci dalam memerangi berbagai kanker. Pastikan kamu mengonsumsi apel dengan kulitnya sekaligus. Flavonoid sendiri sebagian besar berada di kulit apel.

6. Buah-buahan sitrus.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Vitamin C sangat membantu kesehatan serviks. Lemon dan jeruk yang merupakan buah-buahan sitrus sangat cocok untuk kesehatan leher rahim. Jika kamu tidak suka jeruk, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dengan makan brokoli dan kubis Brussel.

7. Sayuran hijau.

makanan cegah kanker serviks instagram

foto: pixabay.com

Sayuran hijau memiliki kandungan dan vitamin yang sehat bagi tubuh. Dilansir dari Grand Forks Herald, sayuran hijau kaya akan folat, yang merupakan kandungan bagus untuk serviks. Contoh sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi adalah bayam dan kangkung. Dua sayuran ini tidak hanya dapat mencegah kanker serviks saja, melainkan dapat membantu menangkal banyak jenis kanker lainnya.

RECOMMENDED

 

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks.
Makanan ini memiliki kandungan yang baik bagi leher rahim.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/7-makanan-alami-ini-dapat-mencegah-kanker-serviks-190415g.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP