Brilio.net - Selama berpuasa, pola makan berubah. Lebih dari 12 jam kita harus menahan lapar dan haus. Karena itu kamu harus tetap menerapkan pola hidup sehat, termasuk memikirkan asupan saat sahur dan berbuka. Tujuannya agar tubuh kamu tetap fit saat beraktivitas ketika berpuasa.

“Puasa membatasi kita makan dan minum di waktu tertentu, tapi bukan berarti membatasi kita untuk tetap menerapkan pola makan sehat. Karena waktu makan yang terbatas, pilihan makanan dengan gizi yang tepat menjadi kunci untuk tubuh tetap fit saat beraktivitas,” kata Novi, owner Namaste Organic.

Berikut tujuh asupan sehat dan bergizi yang harus kamu konsumsi selama berpuasa agar tubuh tetap fit dan berenergi.

1. Sayuran

Loading...

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.net@yans_brilio

Selama berpuasa kamu dianjurkan mengonsumsi sayuran. Maklum, sayuran yang mengandung serat lartut sangat bagus untuk sistem perncernaan usus. Selain itu sayuran juga bisa membantu mencukupi cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Disamping itu, sayuran juga dapat memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah saat berbuka puasa.

2. Asupan protein

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.net@yans_brilio

Saat menjalani puasa kamu sangat dianjurkan mengonsumsi asupan berprotein tinggi seperti daging, unggas, ikan, produk susu, telur, hingga kacang-kacangan. Protein sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Selain untuk membantu menstabilkan gula darah, asupan berprotein juga akan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Kurma

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.net@yans_brilio

Kurma dikenal sebagai salah satu buah bernutrisi tinggi. Karena itu nggak heran jika berbuka puasa, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Kurma yang mengandung gula alami sangat bagus untuk mengembalikan energy setelah berpuasa seharian. Kurma juga mengandung beragam nutrisi seperti mineral kalium, tembaga, serta sumber serat. Wajar jika kurma menjadi makanan sehat yang baik untuk sistem pencernaan.

4. Makanan berkarbohidrat

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu kamu mendapatkan asupan glukosa yang cukup sebagai sumber energi utama. Ini akan disimpan sebagai cadangan energi di dalam tubuh ketika berpuasa. Kamu bisa mengonsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi merah, oatmeal, pasta, roti, dan kacang almond.

5. Konsumsi buah

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.netNamaste Organic

Buah adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Karena itu sangat dianjurkan mengonsumsi buah saat berbuka puasa maupun sahur. Selain itu kandungan air yang terdapat dalam buah-buahan  juga akan membantu mencukupi cairan tubuh selama berpuasa.

6. Penuhi kebutuhan cairan

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.net@yans_brilio

Selama berpuasa kita akan kehilangan cadangan cairan di dalam tubuh. Karena itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan. Dianjurkan untuk meminum sedikitnya lima gelas air putih saat berbuka untuk mengembalikan cadangan cairan di dalam tubuh. Disarankan juga meminum lima gelas air putih saat sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

7. Asupan sehat dan bergizi

7 Asupan sehat saat puasa © 2021 brilio.netNamaste Organic

Selama berpuasa kamu sangat dianjurkan mengonsumi asupan sehat dan bergizi. Apalagi saat ini untuk mendapatkannya juga nggak sulit. Salah satunya Namaste Organic produk bahan dan makanan sehat yang praktis disajikan.

Di bulan puasa kali ini, Namaste menyediakan produk spesial Sahoor dan Trail Mix with Medjool. Keduanya bisa jadi pilihan, baik untuk buka puasa maupun sahur karena tinggi serat dan mengandung kurma medjool.

“Kedua produk ini dapat membantu memberikan asupan serat dan sumber energi dari kandungan manis alami dari kurma yang bisa bantu menstabilkan gula darah selama puasa," ujar Novi.

Di samping memberikan beragam produk untuk menjalani gaya hidup sehat selama Ramadan, Namaste Organic juga memberikan penawaran khusus untuk bahan pokok seperti diskon satu bulan penuh hingga 42%, flash sale dan juga giveaway.

“Hampers lebaran ala Namaste ini terbilang yang paling spesial dari hampers-hampers sebelumnya karena hanya dengan harga di bawah Rp400 ribu, di dalamnya sudah terdapat produk-produk cemilan eksklusif, premix minuman, dan lengkap hingga cangkir keramik dan sendok cantik,” tutupnya.

RECOMMENDED