Brilio.net - Sarapan jadi satu agenda yang rutin dilakukan banyak orang. Mengisi perut pada pagi hari jadi gambaran sederhana untuk kegiatan sarapan. Biasanya, apa sih menu yang kamu pilih? Segelas susu hangat, roti dengan selai, bubur ayam, atau nasi dan lauk pauknya? Ada banyak pilihan makanan yang bisa disajikan sebagai menu sarapan. Termasuk juga untuk buah-buahan, lho. Yaps, selain sehat, buah juga bisa memberikan energi yang baik untuk harimu.

Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk tubuh. Manfaatnya, ia dapat mencegah berbagai jenis serangan penyakit. Termasuk juga dengan kandungan seratnya yang akan memperlancar pencernaanmu. Maka dari itu, memilih sarapan dengan buah-buahan bisa jadi pilihan tepat untuk memulai hari. Selain itu, nggak ada ruginya juga nih kalau kamu tahu apa saja perpaduan buah yang baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Senin (21/12) dari healthline.com.

1. Alpukat, apel, dan pisang.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Kombinasi antara alpukat, apel, dan pisang bisa kamu coba sebagai menu sarapan. Kelompok buah ini bisa jadi solusi untuk menambah energi sehari-harimu. Selain mudah ditemukan, perpaduan tiga buah ini juga memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan. Manfaat baiknya bisa kamu dapatkan dari pisang dan alpukat yang akan memberi energi pada tubuh. Sedangkan apel, memiliki kandungan serat tinggi yang akan membuatmu kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain digunakan sebagai menu sarapan, kamu juga bisa menjadikan perpaduan buah ini sebagai camilan sebelum ataupun sesudah olahraga.

2. Blueberi, ceri, dan nanas.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pencinta rasa segar? Wajib banget untuk coba kombinasi sarapan dengan buah bluberi, ceri dan juga nanas. Pasalnya, jus ceri kaya akan fitpnutrien, termasuk anthocyanin yang memiliki manfaat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pemulihan otot. Sedangkan nanas, mengandung enzim yang disebut bromelain yang menurunkan peradangan usus dan merangsang pencernaan protein. Dan nggak kalah menarik, bluberi sarat akan antioksidan. Nah jadi akan ada banyak dampak baik yang bisa kamu dapatkan dengan sarapan buah-buahan ini.

3. Kiwi, grapefruit, dan stroberi.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

foto: freepik.com

Kombinasi tiga buah-buahan jadi sumber vitamin C yang mantap buat tubuhmu. Nggak cuma segar, perpaduan buah yang satu ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Kandungan di dalamnya juga akan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Nah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk stok kiwi, grapefruit, dan stroberi di rumah ya...

4. Anggur merah dan delima.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pencinta buah anggur? Nggak ada salahnya untuk mengolaborasikan dengan buah delima. Jumlah antioksidan yang tinggi diketahui terdapat di dalam buah delima. Hal ini bermanfaat untuk membalikkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan untuk anggur merah mengandung resveratrol yang memiliki antioksidan kuat dan anti penuaan yang mencegah penyakit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Perpaduan buah ini cocok untuk dikonsumsi terutama ketika kamu merasa kelelahan.

5. Lemon, goji beri, dan semangka.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

foto: freepik.com

Kombinasi antara lemon, goji beri, dan semangka juga nggak kalah bermanfaat lho. Di dalam semangka terdapat detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ini juga merupakan sumber likopen baik yang melawan radikal bebas. Nah jika pada goji beri terdapat antioksidan, kolin dan zat besi yang dibutuhkan oleh hati untuk detoksifikasi. Akan semakin lengkap lagi manfaatnya dengan tambahan lemon nih. Karena lemon juga merupakan detoksifikasi kuat dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Jadi dalam menu sarapan ini kamu bisa menangkal virus sekaligus menambah pertahanan tubuh lho. Yuk cobain!

6. Pepaya, blackberry, dan blewah.

Perpaduan buah untuk sarapan © freepik.com

foto: freepik.com

Pepaya jadi salah satu buah yang sangat mudah ditemukan. Nggak perlu nunggu musim tertentu, kamu pun bisa mendapatkannya dengan menanam sendiri di halaman. Dengan mudah mendapatkannya, kamu nggak boleh melewatkan untuk memanfaatkannya. Pepaya dilengkapi dengan antioksidan dan mengandung enzim yang disebut papain yang mencegah kerusakan kulit. Kamu bisa juga menambahkan blewah dan blackberry. Blewah mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh yang menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Sedangkan untuk blackberry terkena rendah gula, yang dikemas dengan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C.

Dengan mengonsumsi perpaduan pepaya, blackberry, dan blewah kamu akan mendapatkan hasil kulit yang sehat dan juga bercahaya. Perlu kamu pahami, mengonsumsi buah-buahan sebagai menu sarapan sah-sah saja. Namun kamu juga bisa mengimbangi dengan asupan nutrisi lain. Selain itu jangan lupa juga untuk sesuaikan menu sarapanmu dengan kemampuan tubuhmu sendiri ya. Sehingga, tanpa perlu berlebihan kamu bisa tetap sehat dan juga bugar.

RECOMMENDED