Brilio.net - Asma merupakan penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan adanya penyempitan dan peradangan saluran napas. Sehingga, akan timbul rasa sesak dan kesulitan saat bernapas. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan sayangnya masih belum ada penyembuhan pasti akan penyakit ini.

Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang begitu sensitif, sehingga jika ada faktor pemicunya, saluran pernapasan akan mudah menyempit dan tersumbat oleh lendir. Beberapa pemicu asma antara lain genetik, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, infeksi, alergi makanan, dan masih banyak lagi.

Namun, walaupun tidak dapat disembuhkan, ada cara-cara yang dapat dilakukan secara aman dan tepat untuk menangani penyakit ini. Penderita juga perlu tahu penyebabnya sehingga dapat mengontrol agar datangnya asma dapat mudah dicegah.

Selain itu, penderita asma juga nampaknya perlu memerhatikan apa saja minuman maupun makanan yang dikonsumsi. Sebab, minuman dan makanan tertentu dapat menyebabkan penumpukan lendir pada saluran pernapasan, sehingga dapat memicu asma.

Loading...

Untuk menangani asma, beberapa minuman dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, beberapa minuman yang baik untuk penderita asma pada Selasa (27/4).


1. Jus apel.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Buah apel mengandung kandungan yang bernama quercetin, sehingga dapat secara efektif untuk melindungi serangan asma yang datang secara mendadak. Maka dari itu, mengonsumsinya secara utuh maupun diolah menjadi jus, akan baik untuk membantu penderita asma dalam meredakan dan mencegah serangan asma.

2. Air jahe.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Jahe yang diseduh dengan air hangat memiliki sifat anti inflamasi yang baik. Sehingga dapat membantu untuk mengobati peradangan, membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat, dan melegakan tenggorokan. Rutin mengonsumsi air jahe sangat efektif untuk meredakan asma.

3. Jus bayam.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healwithfood.org, sayur bayam memiliki banyak sekali nutrisi yang ternyata dapat membantu mencegah asma, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin E, dan magnesium yang dimiliki oleh bayam. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara diminum sebagai jus. Kamu pun dapat mencampurnya dengan berbagai buah-buahan agar rasanya lebih nikmat.

4. Air kunyit.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Selain jahe, kunyit juga dapat secara efektif untuk menangani asma. Obat herbal satu ini memiliki sifat anti alergi, sehingga dapat secara ampuh mengatasi gangguan saluran pernapasan.

Kandungan curcumin pada kunyit juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan. Kamu bisa melarutkan bubuk kunyit dengan air dan mengonsumsinya secara rutin agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Jus alpukat.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Biasa dikenal sebagai buah untuk membuat diet lebih efektif, buah yang satu ini juga baik untuk meredakan asma, lho. Alpukat mengandung suatu zat alami bernama L-glutathione yang dapat membersihkan saluran napas serta melegakan hidung yang tersumbat.

6. Jus pisang.

Minuman ini baik untuk penderita asma © freepik.com

foto: freepik.com

Pisang memiliki kandungan pyridoxine atau biasa dikenal juga dengan vitamin B6. Kandungan ini dapat berperan untuk mengendurkan jaringan otot polos pada daerah bronkus, sehingga penderita asma dapat lebih mudah mengambil napas. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara diminum sebagai jus agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.

RECOMMENDED