Brilio
Discover the best food

6 Jenis makanan ini bisa percepat penuaan dini, lebih baik dihindari
foto: geneticliteracyproject.org

Kesehatan

6 Jenis makanan ini bisa percepat penuaan dini, lebih baik dihindari

Selain faktor umur, ada berbagai faktor yang memengaruhi penuaan.

Home » Kesehatan

25 Juli 2019 21:07, Yusuf Harfi

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia seseorang, tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat jelas, terlebih pada kulit. Yang paling gampang terlihat tentu saja kerutan di kulit wajah yang muncul seiring berjalannya waktu.

Selain faktor umur, ternyata ada sejumlah penyebab yang memengaruhi penuaan terjadi lebih cepat, mulai dari faktor keturunan, produk kecantikan, terlalu sering terpapar sinar matahari, hingga faktor makanan yang kurang sehat.

Lantas apa hubungannya makanan dengan proses penuaan? Makanan merupakan zat yang diperlukan tubuh setiap hari. Mengonsumsi makanan yang tak sehat akan berdampak bagi kesehatan, termasuk penuaan dini. Oleh sebab itu, makanan tersebut lebih baik dihindari agar proses penuaan dini tak terjadi.

Apa saja? Berikut 6 jenis makanan yang mempercepat proses penuaan seperti dikutip dari NDTV, Kamis (25/7).

1. Makanan berminyak.

Makanan berminyak seperti gorengan atau bahkan kentang goreng bisa menyebabkan munculnya penuaan dini. Penyebabnya, makanan tersebut mengandung minyak tak jenuh ganda tinggi asam lemak omega-6.

Kandungan itu bisa menyebabkan radikal bebas berbahaya dan dapat meningkatkan tingkat peradangan pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena adanya tautan silang yang dapat memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.

2. Makanan yang mengandung garam dan gula.

Garam merupakan bumbu andalan untuk hampir semua masakan. Banyak menu makanan yang terasa lezat karena diberi garam. Namun terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan menyebabkan kulit mengeluarkan air, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Hal itu membuat kulit Anda jadi lebih rentan terhadap kerutan. Begitu pula dengan gula. Selain bisa menimbulkan masalah jerawat, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak kolagen. Kalau kadar gula di dalam tubuh meningkat, proses penuaan dini akan lebih cepat terjadi.

3. Roti putih.

Roti putih yang dimaksud bisa berarti roti tawar berwarna putih. Roti termasuk karbohidrat olahan yang bisa berintegrasi dengan protein. Makanan yang memiliki indeks glikemik (kadar gula) tinggi, seperti roti putih ini, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.

4. Olahan daging.

Jenis makanan olahan daging yang dapat berbahaya bagi kulitmu di antaranya adalah hot dog, pepperoni, bacon, dan sosis. Daging olahan ini kaya akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit, yang semuanya dapat mengeringkan kulit dan melemahkan kolagen dengan menyebabkan peradangan.

5. Gandum.

Gandum adalah gabungan dari protein glutenin dan gliadin, yang terbukti dapat menyebabkan permeabilitas usus atau 'usus bocor'. Usus yang bocor memicu respons imun dan merupakan penyebab signifikan peradangan kronis, terutama pada bagian kulit. Hal itu bisa memicu proses penuaan dini.

6. Makanan yang dibakar atau dihanguskan.

Penuaan dini juga bisa muncul karena mengonsumsi makanan yang dibakar dan dihanguskan, misalnya sate.

Sebaiknya, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar seperti sate, ayam/ikan bakar dan steak. Anda bisa memulai mengonsumsi makanan yang direbus agar tubuh lebih sehat dan mencegah proses penuaan dini.

RECOMMENDED

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

6 Jenis makanan ini bisa percepat penuaan dini, lebih baik dihindari.
Selain faktor umur, ada berbagai faktor yang memengaruhi penuaan.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/6-jenis-makanan-ini-bisa-percepat-penuaan-dini-lebih-baik-dihindari-1907250.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP