Brilio
Discover the best food

6 Cara cepat redakan nyeri otot usai olahraga, mudah dipraktikkan
healthxchange.sg

Kesehatan

6 Cara cepat redakan nyeri otot usai olahraga, mudah dipraktikkan

Rasa pegal dan nyeri usai olahraga bisa diredakan dengan cepat.

Home » Kesehatan

17 Juli 2019 05:01, Yusuf Harfi

Brilio.net - Setelah melakukan aktivitas olahraga yang menguras fisik, tak jarang badan kita terasa pegal dan nyeri, terlebih setelah kita melakukan olahraga berat. Hal itu kadang membuat sebagian orang malas berolahraga karena tak mau merasakan efek sampingnya.

Rasa pegal dan nyeri tersebut sebenarnya merupakan proses perbaikan serat otot. Rasa sakit yang muncul memang tergantung dengan seberapa berat olahraga yang kita lakukan. Rasa sakit tersebut akan semakin terasa apabila sebelumnya kita jarang melakukan olahraga.

Meskipun rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya, namun sebenarnya terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya cepat reda. Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri dan pegal otot yang terjadi usai berolahraga. Namun jika rasa nyeri tersebut tak kunjung hilang setelah beberapa waktu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Lantas apa saja caranya? Berikut 6 cara redakan nyeri otot setelah berolahraga yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/7).

1. Lakukan olahraga ringan.

cara redakan nyeri © 2019 brilio.netfoto:3daysmilitarydiet.com

Olahraga ringan bisa meningkatkan aliran darah kita ke seluruh tubuh. Peningkatkan aliran darah dan nutrisi pada tubuh akan membantu mempercepat proses penyembuhan otot.

2. Minum banyak air putih.

cara redakan nyeri © 2019 brilio.netfoto: liputan6.com

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Ketika otot terkoyak saat berolahraga, sejumlah racun dilepaskan ke dalam tubuh. Munculnya hal ini bisa meningkatkan rasa nyeri dan pegal di dalam tubuh. Oleh karena itu, minum banyak air putih bisa membantu menghilangkan racun ini.

3. Konsumsi makanan berprotein.

cara redakan nyeri © 2019 brilio.netfoto: nuts.com

Protein yang terkandung dalam sejumlah makanan seperti daging merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan otot. Ketika kamu mengonsumsi nutrisi ini, penyembuhan dari otot akan berjalan lebih cepat.

4. Lakukan peregangan otot.

cara redakan nyeri © 2019 brilio.netfoto: active.com

Meregangkan otot merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kaku dan pegal di otot yang dirasakan usai berolahraga. Hal ini tidak hanya bisa membuatmu merasa lebih baik namun juga membuat pergerakanmu jadi lebih bebas.

5. Lakukan terapi panas.

cara redakan nyeri © 2019 brilio.netfoto: herculife.com

Terapi panas di bagian yang terasa nyeri dan pegal bisa membantu mengurangi rasa sakit. Cara ini juga bisa meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Dinginkan bagian yang nyeri.

6 Cara cepat redakan nyeri otot usai olahraga, mudah dipraktikkan © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Selain terapi panas, terapi dingin dengan es juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi nyeri otot dengan cepat. Hal ini bisa membantu mengurangi bengkak dan meminimalisasi peradangan.

RECOMMENDED

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

6 Cara cepat redakan nyeri otot usai olahraga, mudah dipraktikkan.
Rasa pegal dan nyeri usai olahraga bisa diredakan dengan cepat.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/6-cara-redakan-nyeri-otot-usai-olahraga-cepat-dan-mudah-190716s.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP