Brilio.net - Madu dan lemon dikenal baik akan khasiatnya bagi kesehatan. Nah gimana jadinya kalau keduanya dikombinasikan menjadi sebuah makanan berkhasiat? Tentu akan semakin memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Fusion atau kombinasi pada madu dan perasan lemon sendiri sebenarnya sudah cukup populer di luar negeri sebagai salah satu bentuk gaya hidup sehat. Selain itu, sekitar tahun 2014 lalu campuran madu dan lemon ini juga sempat ramai di media sosial dengan hashtag #honeylemonshot.

Andra Alodita merupakan salah satu pelopor dalam kampanye mengonsumsi campuran madu dan lemon setiap pagi, kebiasaan yang ditularkannya melalui Instagram tersebut terinspirasi dari sang ayah. Namun kebiasaan ini juga perlu diperhatikan terutama bagi penderita masalah lambung dan usus, pasalnya lemon adalah salah satu bahan yang dapat mengiritasi lambung.

Jadi sebenarnya apa saja sih manfaat dari campuran lemon dan madu dilihat dari aspek kesehatan? Dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Rabu (4/4) berikut 5 manfaat campuran perasan air lemon dan madu bagi tubuh.

1. Menurunkan berat badan.

perasan lemon dan madu © 2018 Istimewafoto: ilaiki.net

Meski belum ada penelitian yang dapat membuktikan khasiatnya, konsumsi campuran lemon dan madu pada pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak pada tubuh, dan menurunkan berat badan. Namun tentunya hal ini harus tetap dibarengi dengan menjaga pola makan yang sehat.

2. Mencegah infeksi saluran kencing.

perasan lemon dan madu © 2018 Istimewa

foto: infeksisalurankemih.com

Minuman campuran lemon dan madu juga dapat mencegah infeksi saluran kencing. Hal ini karena madu memiliki fungsi sebagai antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Selain itu, meminum lemon juga mampu melancarkan buang air kecil.

3. Membersihkan hati dari racun.

perasan lemon dan madu © 2018 Istimewa

foto: experiencelife.com

Mengonsumsi campuran madu dan lemon dapat membantu membersihkan hati dari racun. Di mana racun di dalam hati bisa disebabkan oleh berbagai obat-obatan kimia, efek konsumsi alkohol yang dapat mengakibatkan hati bekerja lebih cepat hingga dapat merusak fungsi hati.

4. Membersihkan saluran pencernaan.

perasan lemon dan madu © 2018 Istimewa

foto: healthable.org

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu dan lemon memiliki fungsi sebagai antibakteri. Hal tersebut membuatnya dapat berfungsi sebagai alat detox bagi tubuh.

5. Membuat tubuh tidak gampang sakit.

perasan lemon dan madu © 2018 Istimewafoto: gymflow100.com

Campuran lemon dan madu juga dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar bugar. Hal ini karena campuran dua jenis makanan ini mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, meminum madu setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan lebih segar.


RECOMMENDED