Brilio.net - Beberapa kegiatan yang kita lakukan saat berada di rumah salah satunya adalah memasak. Sayangnya, sering kali kita tidak memperhatikan bagaimana cara memasak yang benar-benar tepat.

Hal ini bukan hanya termasuk dalam kelezatannya, namun juga pada kesehatan makanan. Kondisi makanan yang benar-benar sehat ini sangat penting terutama jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Makanan yang kurang sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi di tengah wabah virus corona kita wajib menjaga kesehatan secara ekstra agar imunitas tubuh mampu menangkal infeksi virus corona.

Ada sejumlah hal yang penting kamu lakukan agar makanan yang kamu masak tetap sehat. Selama ini sejumlah kesalahan sering terjadi ketika memasak sehingga membuat masakan kurang sehat.

Loading...

Nah, berikut lima kesalahan umum memasak yang tak diketahui banyak orang sebagaimana brilio.net lansir dari The Health Site, Senin (20/4).

1. Menggunakan minyak berlebihan.

Cara memasak yang salah berdampak buruk © 2020 brilio.net

foto: freepik

Minyak berlebih yang dimasukkan ke dalam wajan sering menjadi masalah dalam makanan. Minyak pada makanan ini bisa membuat kamu tanpa sadar menambah lemak ke dalam tubuh.

2. Menggunakan terlalu banyak saus.

Cara memasak yang salah berdampak buruk © 2020 brilio.net

foto: freepik

Untuk meningkatkan rasa makanan, kita sering menggunakan berbagai jenis saus. Sayangnya, penambahan saus yang terlalu banyak akan menambah jumlah kalori, garam, dan gula. Hal ini bisa berdampak pada upayamu menurunkan berat badan.

3. Memasak ulang makanan sisa.

Cara memasak yang salah berdampak buruk © 2020 brilio.net

foto: freepik

Menghabiskan makanan tersisa dan memasaknya ulang atau mencampurnya, bisa menyebabkan masalah. Pada makanan terutama daging dan seafood, terdapat kondungan protein yang lebih tinggi dari kebutuhan kita.

Idealnya, konsumsi protein bagi wanita sebanyak kepalan tangan. Sedangkan bagi pria adalah seukuran tangan.

4. Sering menggunakan minyak atau mentega.

Cara memasak yang salah berdampak buruk © 2020 brilio.net

foto: freepik

Ketika memasak, tanpa disadari kita bakal menggunakan minyak dan mentega untuk mempercepat prosesnya. Menggunakannya berulang-ulang pada makanan bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Hal ini bahkan sering dilakukan pada makanan yang sebenarnya tidak butuh tambahan minyak. Oleh krena itu, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Asal mencampur makanan.

Cara memasak yang salah berdampak buruk © 2020 brilio.net

foto: freepik

Mencampur makanan dengan berbagai bahan atau tambahan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Walau rasa makanan akan menjadi lezat, namun hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya perhatikan apa yang kamu campurkan pada makanan. Selain itu, sadari kandungan apa dalam bahan tersebut serta batasi konsumsinya.

RECOMMENDED