Brilio
Discover the best food

4 Manfaat konsumsi sayur selama puasa, bisa menahan lapar

Kesehatan

4 Manfaat konsumsi sayur selama puasa, bisa menahan lapar

Sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Home » Kesehatan

27 Mei 2019 01:03, Syifa Fauziah

Brilio.net - Selama menjalankan ibadah puasa, kita perlu memperhatikan setiap asupan yang kita makanan. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah mengonsumsi sayuran dan buahan. Karena sayur dan buah memiliki manfaat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Menurut Ahli Gizi Dr. Jovita Amelia, mengonsumsi sayuran juga bisa menjaga ketahanan tubuh selama berpuasa karena sayur mengandung serat yang berguna untuk menahan lapar.

“Banyak makan sayur dan buah karena mengandung serat sehingga saat berpuasa tidak terkena dehidrasi juga dan kalau serat cukup, maka terpenuhi juga kebutuhan protein dan yang lainnya,” kata Jovita.

Sayangnya sayur menjadi bahan makanan yang jarang disenangi saat menyantap nasi. Padahal sayur ini memiliki manfaat penting memberikan nutrisi bagi tubuh, terlebih pada bulan puasa kali ini.

Berikut 5 manfaat mengonsumsi sayur selama puasa yang perlu kamu tahu:

1. Memberi rasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran dapat menahan lapar hingga 14 jam. Salah satu sayur yang mengandung serat tinggi adalah bayam.

"Kalau buah yang baik dikonsumsi itu pisang, kandungan serat di pisang juga sangat tinggi. Lebih baik dikonsumsi sebelum tidur," terangnya.

2. Menghindari dehidrasi.

Sayur dan buah memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Ketika mengonsumsi dua makanan tersebut dapat membuat tubuh mendapat asupan mineral yang cukup sehingga terhindar dari dehidrasi.

3. Mengontrol gula darah.

Hal itu karena buah sifatnya fruktosa sehingga glukosanya tidak meningkat dengan cepat, ditambah lagi indeks glikemiknya rendah membuat gula darah tetap stabil. Sebab, apabila mengonsumsi makanan yang tinggi glikemik akan membuat cepat lapar.

"Sayur dan buah itu mengandung vitamin, mineral dan serat larut yang penting untuk mengontrol gula darah dan mencegah kanker usus dan tidak dapat ditemukan dalam produk hewani,” tutur ahli vegetarian, dr. Susianto.

4. Menjaga daya tahan tubuh.

Selain mengontrol gula darah, mengonsumsi sayur dan buah dapat terhindar dari hipoglikemi, terutama pada orang penderita diabetes melitus. Tidak hanya itu, manfaat tetap mengonsumsi buah dan sayur pada saat berpuasa adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan segar.

Hal itu karena mengingat dalam buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh. Apabila dalam satu bulan kebutuhan buah dan sayur tidak terpenuhi maka akan memengaruhi ketahanan tubuh.

"Produk nabati itu berbeda dengan hewani, memiliki serat dan tidak mengandung kolestrol. Serat itu banyak antioksidan, vitamin C serta betakaroten yang baik sekali untuk kesehatan,” tambah dr. Susianto.

Susanto pun menyarankan untuk menhindari makan-makanan yang banyak mengandung gas dan bersantan. Selain itu menghindari makan-makanan seperti gorengan, pedas dan santan yang tinggi lemak. "Gorengan bisa mempercepat pergerakan lambung sehingga lambung menjadi cepat kosong,” ujarnya.

RECOMMENDED

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

4 Manfaat konsumsi sayur selama puasa, bisa menahan lapar.
Sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/4-manfaat-konsumsi-sayur-selama-puasa-bisa-menahan-lapar-190526m.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP