Brilio
Discover the best food

4 Manfaat jamu kunyit asam, ramuan turun temurun yang sehat bagi tubuh

Kesehatan

4 Manfaat jamu kunyit asam, ramuan turun temurun yang sehat bagi tubuh

Mampu mengobati sejumlah penyakit.

Home » Kesehatan

02 Maret 2018 13:07, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Indonesia terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya yang beragam. Umumnya rempah-rempah ini digunakan sebagai penambah cita rasa pada suatu masakan. Namun tidak hanya itu, rempah-rempah juga sering diracik menjadi sebagai pengganti obat bagi sebagian penduduk Indonesia.

Racikan rempah-rempah ini lebih sering disebut dengan jamu atau belakangan ini populer dengan sebutan herbal. Jamu sendiri merupakan obat tradisional dari Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jamu mempunyai rasa yang cenderung pahit, sehingga banyak yang mencampurnya dengan madu.

Minuman herbal ini memiliki banyak jenis dan kegunaannya masing-masing. Salah satu jamu yang terkenal dengan resep turun temurunnya adalah jamu kunyit asam. Racikan kunyit dan asam telah terbukti berkhasiat bagi tubuh dan mampu mengobati sejumlah penyakit.

Apa saja manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan? Berikut penjelasannya seperti brilio.net lansir dari hellosehat.com, Jumat (2/3).

1. Meredakan nyeri saat haid.
Salah satu khasiat jamu kunyit asam yang paling dikenal masyarakat adalah untuk meredakan nyeri pada saat haid. Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produks prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan. Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat mempengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Kemudian, otak akan mengirimkan perintah pada tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

2. Sebagai antioksidan.
Senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya seperti asam jawa yang juuga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan pada jamu kunyit asam diketahui mempunyai aktivitas yang lebih besar dibanding dengan antioksidan sintetis. Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25% asam, 7% kunyit dan 70% air untuk mendapatkan kadar antioksidan yang maksimal.

3. Menurunkan berat badan.
Kedua bahan jamu ini sama-sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Kurkumin, suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menkan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resitensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas. Sehingga berat badan akan cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Ditambah, tubuh juga akan menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah meminum kunyit asam.

4. Mengendalikan gula darah.
Jika kamu atau anggota keluargamu ada yang mengidap penyakit diabetes, disarankan untuk rutin meminum jamu kunyit asam. Hal ini dikarenakan kunyit sejak lama dikenal mampu menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit. Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa orang dengan kondisi prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

 

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    90%

  • Ngakak!

    10%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

4 Manfaat jamu kunyit asam, ramuan turun temurun yang sehat bagi tubuh.
Mampu mengobati sejumlah penyakit.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/4-manfaat-jamu-kunyit-asam-ramuan-turun-temurun-yang-sehat-bagi-tubuh-1803025.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP