4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun

4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun

Brilio.net - Sehat merupakan hal terpenting bagi manusia. Menjaga kesehatan tubuh dapat terhindar dari segala macam risiko penyakit. Termasuk mengurangi risiko penyakit yang mematikan seperti jantung, stroke, dan kanker. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain olahraga kamu juga harus bisa menjaga pola makan sehat.

Pola makan yang sehat harus mencakup beragam makanan bergizi untuk asupan semua nutrisi yang cukup bagi tubuh. Termasuk vitamin dan mineral. Makanan empat sehat sempurna, contohnya, seperti nasi, roti, pasta, daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan dan sayuran. Selain itu, banyak makanan sehat yang terasa lezat.

Makanan sehat yang dikenal lezat salah satunya adalah madu. Siapa yang tidak suka dengan madu. Madu adalah makanan kental manis yang diproduksi oleh lebah. Madu memiliki rasa manis alami yang sudah ada sejak zaman kuno. Banyak orang yang sering mengonsumsi madu karena terkenal dengan kelezatannya.

Selain manis dan lezat, madu juga memiliki banyak manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Madu sehat karena mengandung antioksidan baik, termasuk senyawa fenolik. Diantaranya berguna untuk pelembap alami wajah yang kering, mengangkat sel kulit mati, mencegah obesitas, sebagai obat batuk, dan membantu pencernaan.

Selain itu madu juga bisa digunakan sebagai pengganti gula. Sebagai pemanis serbaguna, madu dapat digunakan sebagai bagian dari salad atau diaduk menjadi smoothie yang sehat. Menurut Ayurveda, ilmu kesehatan dari India yang dilansir brilio.net dari laman thehealthsite, madu adalah obat alami terbaik. Tapi madu juga bisa berubah berbahaya jika dicampur dengan bahan makanan lain yang salah.

Dr Surya A Bhagwati, seorang praktisi medis ayurvedic bersertifikat dari New Age Ayurveda, Tardeo dari The Vaidya dan Dr Thulasidas dari The Ayurvedic Village pernah menuliskan daftar kombinasi madu berbahaya yang harus dihindari dengan cara apa pun.

Nah, apa saja makanan yang tidak boleh dicampurkan dengan madu? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (13/3).

1. Madu dan minyak samin (Ghee).

4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun
foto: Instagram/@lina.o.lina

Menurut lansiran brilio.net dari boldsky, madu dan minyak samin dianggap sebagai kombinasi yang tidak baik. Campuran dua makanan ini akan membuat zat racun di dalam tubuh. Maka dari itu mengonsumsi madu dan minyak samin bisa berakibat fatal pada tubuh dan perlu untuk dihindari.


2. Madu dan lobak.

4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun
foto: Instagram/@setiokaka

Banyak orang membuat salad sayur mencampurkan lobak ke dalamnya, kemudian salad tersebut akan terasa lezat jika dicampurkan dengan pemanis seperti madu. Namun ternyata kombinasi madu dan lobak bisa membentuk zat racun dalam tubuh. Jadi lain kali jangan campurkan madu ke dalam masakan atau menu makanan yang ada lobaknya.


3. Daging.

4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun
foto: Instagram/@bbqlads

Sudah menjadi hal yang biasa ketika orang menuangkan madu ke atas daging atau menjadikan madu sebagai pelapis daging saat dimasak. Namun menurut Ayurvedic, madu dan produk daging tidak sesuai untuk dimakan secara bersama. Dua menu ini bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh. Sebab dua menu ini akan menyebabkan pertentangan dalam tubuh.


4. Air mendidih.

4 Makanan ini tidak baik dikonsumsi dengan madu, bisa jadi racun
foto: unplash

Madu sudah biasa sering dicampurkan sebagai pemanis dalam teh dan minuman lainnya. Menurut Dr. Bhagwati, dilansir brilio.net dari thehealthsite, ia melarang keras memasukkan madu ke dalam air panas mendidih atau minuman. Studi mengungkapkan bahwa memanaskan madu di atas 60 derajat Celcius menyebabkan kenaikan signifikan dalam hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia.


(brl/lin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya