Brilio
Discover the best food

25 Makanan enak yang cocok untuk program diet

Kesehatan

25 Makanan enak yang cocok untuk program diet

Bisa jadi referensi kamu yang sedang menjalani proses diet.

Home » Kesehatan

07 November 2018 18:03, Lola Lolita

Brilio.net - Siapa sih yang tidak menginginkan tubuh yang ideal? Hampir semua orang menginginkannya, baik cowok maupun cewek. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan atau diet. Namun, tak sedikit orang yang merasa tersiksa karena benar-benar menahan keinginannya untuk memakan suatu makanan. 

Beberapa hal yang dihindari para pelaku diet adalah, tidak mengonsumsi makanan berat, seperti nasi dan makanan berlemak. Mereka juga mengatur waktu makannya. Nah biasanya pada malam hari mereka tidak makan. Menjaga pola hidup yang sehat itu baik, namun jika kamu terlalu memaksa untuk segera mungkin menurunkan berat badanmu itu salah.

Perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan secara mendadak, itu akan beresiko pada kesehatan kamu. Semua butuh bertahap dan pastinya tidak terlalu menyiksa dirimu. Jika kamu selama ini makan dengan porsi banyak, maka kamu harus mengurangi porsi makanmu.

Mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur akan lebih aman untuk membantu mengurangi berat badanmu. Kira-kira makanan apa ya? Berikut lansiran brilio.net dari beberapa sumber, Rabu (6/11).

1. Pepaya

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: healthline.com

Buah yang satu ini sering kita jumpai. Bahkan di Indonesia sendiri buah ini mudah sekali tumbuh di mana pun. Tak semua orang menyukai papaya, tapi tahu kah kamu bahwa pepaya memiliki manfaat begitu besar untuk pencernaan tubuh? Jika kamu sedang diet, dan kamu lapar tengah malam atau memang kamu dasarnya tukang ngemil, kamu bisa menggantinya dengan pepaya.

Selain bisa mengatasi pencernaan dengan baik, karena mengandung serat yang tinggi, pepaya bisa mengurangi nafsu makan. Selain itu harganya juga cukup ekonomis, tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

 

2. Apel

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: healthline.com

Apel bisa meredam rasa lapar dengan cepat lho. Jika sehari kamu mengkonsumsi apel, maka kamu bisa mengurangi porsi makanmu. Apel mampu membantu mengoptimalkan kesehatan, jadi cukup membantu nih buat kamu yang lagi diet.

 

3. Kacang merah

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: youtube.com

Jika kamu mau makan sebanyak apapun kacang merah, nggak akan membuat kamu gendut. Tak salah jika kamu harus memiliki stok kacang merah saat sedang menjalankan program diet. Disarankan untuk mengolah kacang merah menjadi sup. Rasanya enak kok, nggak bikin badan membengkak.

 

4. Yogurt

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: diabetesselfmanagement.com

Yogurt memilki kandungan gula yang cukup rendah. Kandungan vitamin dan seratnya cukup tinggi. Walaupu yogurt diproduksi dari susu, namun ini sangat aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Mau dimakan sebanyak apapun, yogurt ini aman banget, nggak akan bikin gendut.

 

5. Kentang

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: thesun.co.uk

Makanan satu ini banyak digemari bukan? Rasanya yang enak dan bikin kenyang, membuat sebagian orang menjadikan ini sebagai cemilan. Kentang sangat aman dan nggak bikin gendut. Kentang mengandung karbohindrat, kaya vitamin serta tinggi nutrisi.

Kamu bisa mengolah kentang kedalam beberapa hal, bisa direbus, digoreng, dan dibakar. Kentang bisa menjadi sebagai pengganti nasi. Jangan khawatir untuk mengkonsumsinya, sobat brilio.

 

6. Salad Sayur

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: allfoodsrecipes.com

Kalau yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Selain rasanya enak dengan tambahan mayonnaise, salad dapat dapat membuat badan mu tetap ideal. Isi salad yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang memang sangat baik untuk kesehatan. Contohnya seperti tomat dan beberapa sayuran yang memang sangat rendah kalori.

 

7. Popcorn

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: simplyrecipes.com

Makanan yang kerap menjadi teman nonton di bioskop ini ternyata nggak bikin gendut lho. Pasalnya popcorn berasal dari jagung yang rendah kalori. Disarankan untuk tidak mengonsumsinya dengan campuran gula, karena bisa membikin tubuhmu melar. Jadi lebih baik makan popcorn yang original aja ya, lebih aman.

 

8. Oatmeal

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: humasyed.com

Oatmel merupakan makanan wajib yang harus kamu konsumsi selama kamu menjalani masa diet. Walaupun mengandung karbohindrat, tapi oatmeal tidak mengandung gula atau pemanis yang tinggi dan sangat rendag kalori. Ini merupakan makanan yang sangat aman kamu konsumsi selama proses diet.

 

9. Asparagus

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: taste.com.au

Asparagus memang sedikit susah ditemui di Indonesia. Jika diolah, asparagus akan jadi makanan yang super enak. Selain itu juga sangat aman untuk kesehatan dan pastinya nggak akan buat kamu gendut.

 

10. Alpokat

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: today.com

Alpokat menjadi salah satu makanan wajib konsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain memang rasanya enak, alpukat mengandung banyak serat dan lemak sehat. Jadi ini nggak akan buat kamu gendut. Untuk mengonsumsinya lebih baik jangan mencampurnya dengan gula dalam porsi banyak.

 

11. Tuna

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: stylecraze.com

Tuna tidak mengandung banyak lemak, inilah kenapa tuna masuk dalam kategori makanan sehat. Selain itu tuna kaya akan protein. Cocok banget buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk badan menjadi lebih kurus dengan bentuk tubuh yang sempurna.

 

12. Telur

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: vaunte.com

Kenapa telur merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi saat diet? Karena telur mengandung protein yang tinggi sera mengandung lemak sehat yang bagus dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet. Jumlah kalori yang terdapat dalam telur tidak banyak, namun telur bisa membuat cepat kenyang dan bisa bertahan lama.

 

13. Buah-buahan

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: gradacac.com

Serat yang terkandung dalam buah dapat mencegah pelepasan guka terlalu cepat ke dalam aliran adarah. Buah juga mengandung banyak vitamin. Kamu boleh mengkonsumsi berbagai macam buah selama kamu dalam proses diet. Buah juga bisa membuat kamu lebih kenyang. Selama diet lebih baik kamu ngemil buah.

 

14. Dada ayam

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: bravotv.com

Kamu suka daging? Selama diet, biar program dietmu nggak menjadi hal yang menyiksa tubuh, kamu boleh mengonsumsi daging. Kamu bisa mengonsumsi daging ayam.

Namun tak semua bagian ayam boleh kamu makan. Lebih baik kamu mengkonsumsi bagian dada ayam. Walaupun rasanya tak seenak bagian yang lain seperti paha dan sayap, namun dada ayam sangat baik untuk kesehatan terutama kamu yang sedang dalam proses diet.

 

15. Salmon

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: builtlean.com

Ikan salmon mengandung protein, lemak sehat dan omega 3. Salmon diketahui pula dapat mencegah obesitas, jadi cocok banget nih buat kamu yang sedang diet.

 

16. Aneka Sayur

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: wordsiseek.com

Sayur memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kaya serat dan rendah kalori serta karbohindra. Memperbanyak makan sayur pada masa diet akan membantu kamu lebih sehat dan pastinya sayur nggak bikin gendut.

 

17. Kacang-kacangan

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: e-konomista.pt

Kacang mengandung protein tinggi, serat dan lemak sehat yang seimbang. Memang sih kacang mengandung kalori yang tinggi, namun jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selama kamu diet, ada baiknya sekali waktu untuk mengonsumsi kacang.

 

18. Cabai

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: drweil.com

Menurut beberapa penelitian, cabai sangat cepat dalam membakar lemak serta bisa mengurangi rasa lapar. Nah selama kamu diet, mengonsumsi cabai ada baiknya juga. Namun jangan terlalu berlebihan ya, cukup satu gram saja setiap harinya. Agar tidak terjadi hal-hal yang bisa menyebabkan sakit perut dan sebagainya.

 

19. Produk kaya gandum

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: unlockfood.ca

Selama kamu masih menjalani masa diet, mengonsumsi makanan kaya gandum sangat dianjurkan. Misalnya, oat, roti tawar gandum dan quinoa. Makanan yang kaya gandum memiliki serat dan protein yang lumayan tinggi.

 

20. Udang

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: 4men.pt

Selama diet, kamu bisa mengonsumsi seafood, terutama udang nih. Udang mengandum 8 persen protein, banyak vitamin serta rendah kalori. Udang juga sangat cepat dicerna tubuh, sehingga nggak bikin kamu gendut.

 

21. Tahu

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: smartlifebites.com

Saat diet, maka makan di malam hari adalah pantangan. Tetapi bagaimana kalau kamu lapar di malam hari. Jika demikian makan lah santapan yang membuat tubuhmu gendut. Salah satunya adalah mengonsumsi tahu yang mengandung rendah kalori namun tetap tinggi serat. Sangat aman buat kamu yang sedang menjaga pola makan.


22. Kaldu ayam

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: medicalmedium.com

Kaldu tak mengandung banyak kalori, tetapi kamu akan tetap merasa kenyang dan bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Jika kamu ingin mengonsumsi kaldu ayam, pastikan untuk membuatnya sendiri ya. Kamu bisa nambahkan beberapa sayur segar. Jika kamu memasaknya sendiri, kamu lebih teliti dan pastinya jauh lebih sehat.

 

23. Steak

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: newyorksteak.com

Jika kamu bosan dengan menu diet yang itu, itu saja. Kamu bisa mencoba menu lain untuk. Misalnya saja, kamu bisa makan malam dengan steak. Berdasarkan beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa daging merah dapat membakar kalori pada tubuh. 

Ada baiknya kamu memilih tenderloin atau topside steak. Pasalnya, kedua daging tersebut mengandung lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan daging lain.

 

24. Jamur

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: mtbkhna.com

Jamur merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Jamur tidak hanya berfungsi sebagai sumber serat dan kalori, tapi juga bisa dijadikan sebagai penyedap rasa pada makanan.

Jika kamu mau memakan jamur, tidak perlu ditambahi MSG saat memasaknya. Jamur akan mengeluarkan kaldunya secara alami. Jelas lebih sehat bukan?

 

25. Ubi

25 Makanan enak yang cocok untuk program  istimewa

foto: food.ndtv.com

Ubi bisa kamu jadikan sebagai penganti nasi. Olahan yang sederhana saja sudah bisa membuat makanan yang satu ini begitu enak. Kamu bisa mengolahnya sesuai selera. Selama diet, kamu bisa mengkonsumsi ubi. Jika kamu berniat mengantikan nasi dengan ubu, ada baiknya ubi cukup direbus saja.

RECOMMENDED

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

25 Makanan enak yang cocok untuk program diet.
Bisa jadi referensi kamu yang sedang menjalani proses diet.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/25-makanan-enak-yang-cocok-untuk-program-diet-1811074.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP