Brilio
Discover the best food

15 Manfaat buah tin, nama buah yang tertulis di Alquran

Kesehatan

15 Manfaat buah tin, nama buah yang tertulis di Alquran

Punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Home » Kesehatan

06 Maret 2019 15:31,

Brilio.net - Kamu tahu buah tin? Buah tersebut mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Nama buah tin sendiri dikenal lewat kitab suci umat Islam, Alquran. Buah berwarna hijau atau merah ini tergolong buah yang unik. Buah tin tumbuh dan menempel pada bagian batang pohonnya. Tekstur buah tin renyah di luar dan kenyal di dalam. Buah tin sangat enak untuk disantap.

Tahukah kamu bahwa buah tin adalah buah favorit Cleopatra? Ingin tahu apa yang istimewa dari buah tin? Mungkin beberapa dari kamu belum terlalu mengetahui apa manfaat buah tin. Ternyata buah tin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nggak heran kalau buah tin menjadi istimewa hingga masuk dalam salah satu surat di Alquran.

Buah tin memiliki kandungan serat yang kaya. Selain itu, banyak mineral penting yang terkandung dalam buah tin, seperti magnesium, mangan, kalsium, tembaga, kalium, dan vitamin K dan B6. Buah tin bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun kering. Asal kamu tahu nilai gizi buah tin kering lebih dari buah tin segar. Satu buah tin kering sama baiknya dengan memakan sebutir telur. Buah tin memang dikenal memiliki antioksidan yang kuat.

Mau tahu manfaat buah tin yang lain? Brilio.net telah mengumpulkan berbagai manfaat buah tin yang dihimpun dari berbagi sumber, Rabu (6/3).

1. Meningkatkan kesehatan jantung.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: webmd.com

Buah tin dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah yang jadi penyebab utama penyakit jantung. Buah tin juga mengandung fenol dan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan kolesterol.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Buah tin mengandung pektin, serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam buah tin dapat membersihkan kelebihan kolesterol dalam sistem pencernaan.
Buah tin juga mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Serotonin ini dapat menurunkan kolesterol.

Buah tin kering mampu mengurangi kolesterol keseluruhan karena mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 dan pitosterol yang mengurangi sintesis kolesterol alami dalam tubuh.

3. Mencegah kanker usus besar.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: everydayhealth.com

Serat dalam buah tin membantu menghilangkan limbah dalam tubuh dengan cepat. Manfaat buah tin ini bekerja maksimal untuk pencegahan kanker usus besar. Banyaknya biji dalam buah tin bisa  mengumpulkan limbah dan lendir di usus besar dan mengeluarkannya dengan mudah.

4. Mengobati anemia.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: stylecraze.com

Anak-anak, remaja, dan wanita yang sedang menstruasi maupun wanita hamil harus memantau kadar zat besi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari komplikasi. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Buah tin kering mengandung zat besi yang merupakan komponen kunci dari hemoglobin. Mengonsumsi buah tin kering dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

5. Menurunkan gula darah.

buah tin © 2019 brilio.net

foto : pixabay.com

Bukan hanya buahnya, daun buah tin juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun tin dapat membantu mengatur kadar glukosa pada darah. Kamu bisa mengonsumsi daun tin dalam bentuk teh dikeringkan lalu direbus.

6. Mencegah kanker payudara.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: thedoctorweighsin.com

Buah tin mengandung jumlah serat tertinggi jika dibandingkan dengan buah-buah lain. Ditemukan fakta, bagi wanita yang mengonsumsi lebih banyak serat pada masa remaja dan dewasa awal bisa meminimalisasi risiko kanker payudara.

7. Menguatkan tulang.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: interactive-biology.com

Buah tin mengandung kalsium, kalium, dan magnesium. Kandungan tersebut memberikan kontribusi pada kesehatan tulang. Buah tin meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang seiring pertambahan usia. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan buah tin adalah salah satu sumber terbaiknya.

8. Kaya akan antioksidan.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Buah tin merupakan buah yang kaya akan antioksidan fenolik. Antioksidan dalam buah tin memperkaya lipoprotein dalam plasma dan melindungi dari oksidasi. Antioksidan pada buah tin ini berguna untuk menangkal radikal bebas dan melawan penyakit.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: stylecraze.com

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa memasukkan buah tin ke dalam makanan sehari-hari mampu menurunkan tekanan darah. Serat dalam buah tin menurunkan risiko tekanan darah tinggi, sedangkan kandungan kalium buah tin membantu mempertahankannya.

10. Mencegah hipertensi.

Buah tin mengandung kalium dengan kadar yang banyak. Jika dalam tubuh kandungan kalium dan natrium tidak seimbang, maka akan memungkinkan adanya hipertensi. Buah tin dapat menjadi menyelaraskan natrium dan kalium dalam tubuh.

11. Meredakan radang amandel.

Buah tin membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi yang disebabkan karena infeksi virus. Haluskan buah tin dengan air hangat dan oleskan di tenggorokan. Hal tersebut mampu mengurangi rasa sakit dan menenangkan tenggorokan.

12. Meningkatkan kesehatan hati.

Manfaat buah tin selanjutnya khusus untuk organ hati. Buah yang biasa disebut ara ini bisa membersihkan hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun tin dapat mencegah kerusakan hati pada manusia.

13. Mencegah jantung koroner.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: stylecraze.com

Kandungan antioksidan dari buah tin dapat menangkal radikal bebas dan menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, mengonsumsi buah tin mampu menurunkan risiko jantung koroner. Kandungan seperti kalium, omega-3, dan omega-6s dalam buah tin bekerja untuk mencegah serangan jantung.

14. Meremajakan kulit dan mencegah keriput.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: stylecraze.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah tin memiliki efek antioksidan dan anti kolagenase pada kulit yang keriput dan mengurangi persentase kedalaman kerutan.

Tak hanya dikonsumsi, buah tin juga bisa digunakan sebagai masker. Cukup dengan menghancurkan buah hingga halus. Kemudian tambahkan yogurt atau madu. Selanjutnya, oleskan masker buah tin pada wajah.

15. Mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

buah tin © 2019 brilio.net

foto: stylecraze.com

Buah tin mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga kandungan tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan dalam buah tin bisa merangsang sirkulasi darah di kulit kepala.

Sirkulasi darah di kulit kepala yang lancar bisa memengaruhi percepatan pertumbuhan rambut. Ekstrak buah tin juga bisa memberikan kelembapan pada kulit kepala dan membantu mencegah kerontokan rambut.

(Mgg/ Fairuz Puspita)

RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    94%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    6%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

15 Manfaat buah tin, nama buah yang tertulis di Alquran.
Punya banyak manfaat untuk kesehatan.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/15-manfaat-buah-tin-nama-buah-yang-tertulis-di-alquran-1903068.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP