Brilio.net - Bayam atau Spinacia oleracea adalah sayuran berdaun hijau yang berasal dari Persia. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling digemari oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Bayam hijau dapat diolah menjadi sayur bening hingga keripik bayam yang renyah.


Selain enak, bayam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nggak kalah dengan manfaat bayam merah, bayam hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin A.


Tak hanya kaya akan vitamin, bayam hijau juga mengandung berbagai mineral seperti magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium.


Dengan kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang lengkap, bayam memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi stres, hingga mencegah kanker. Selain itu, bayam aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Sayur berwarna hijau tersebut juga bisa dikonsumsi berbagai usia, mulai dari anak-anak, hingga orangtua.

Loading...

Nah, berikut 15 manfaat mengonsumsi bayam hijau untuk kesehatan, brilio.net rangkum dari healthline.com dan livescience.com pada Selasa (13/10).

1. Mencegah stres oksidatif.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme. Keduanya dapat menyebabkan stres oksidatif, yang memicu penuaan yang dipercepat dan meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Namun demikian, bayam mengandung antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.


Sebuah studi pada delapan orang sehat, menemukan bahwa bayam membantu mencegah kerusakan oksidatif. Meski penelitian ini cukup kecil, temuannya didukung oleh penelitian hewan dan manusia lainnya.

2. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran. Mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Mencegah kanker.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian, senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor pada serviks sekaligus mengurangi ukuran tumor.


Beberapa penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria. Bayam juga dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Sebuah studi pada 27 orang menemukan bahwa makan bayam efektif menurunkan tingkat tekanan darah. Beberapa penelitian lain mengamati efek serupa, hasilnya menunjukkan bahwa bayam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Menjaga kesehatan otak.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Efek anti-inflamasi pada bayam dapat melindungi otak dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian, para peneliti melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa yang lebih tua selama sekitar lima tahun.


Mereka melihat penurunan yang signifikan dalam tingkat penurunan kognitif di antara mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau.


Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

6. Mencegah anemia.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung asupan zat besi yang baik, sehingga dapat mencegah anemia. Tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

7. Mengobati diabetes.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain manfaat tersebut, bayam ternyata juga dapat menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes.

8. Mengurangi risiko gangguan kardiovaskular.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam dipercaya dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan pada kardiovaskular atau jantung, karena bayam kaya akan serat dan mineral. Serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.


Tak hanya itu, bayam memiliki kandungan kalium tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, penderita hipertensi disarankan mengonsumsi bayam secara rutin.

9. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Menurut University of Maryland Medical Center, dalam beberapa dekade terakhir, dijelaskan bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang. Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Nutrition mencatat bahwa asupan vitamin K dapat mengurangi tingkat patah tulang, bekerja dengan vitamin D untuk meningkatkan kepadatan tulang dan secara positif mempengaruhi keseimbangan kalsium.

National Osteoporosis Foundation merekomendasikan makan bayam karena kandungan vitamin K dan magnesiumnya. Hanya satu cangkir bayam yang dimasak mengandung 987 persen kebutuhan vitamin K yang luar biasa serta 39 persen dari kebutuhan magnesium seseorang.

10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.


Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, vitamin A adalah senyawa dalam retinoid, yang populer dalam perawatan kulit anti penuaan. Selain itu, vitamin C dalam bayam juga dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda dan membantu penyembuhan luka.

11. Mengurangi risiko asma.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Risiko asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu, salah satunya adalah beta-karoten. Beta-karoten juga dapat membantu penderita asma mengurangi gejalanya.


Kandungan magnesium bayam juga bagus untuk penderita asma. Magnesium bisa menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma.

12. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kadar vitamin K pada bayam terkait dengan kesehatan jantung dan pembekuan darah. Menurut Linus Pauling Institute, vitamin K merupakan faktor penting dalam pembekuan darah, dan kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pendarahan.


Ada juga dugaan bahwa vitamin K dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Karena tanpanya, mekanisme yang menghentikan pembentukan kalsifikasi pembuluh darah dapat menjadi tidak aktif.

13. Menjaga kesehatan kehamilan.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi bayam di masa kehamilan, dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil karena bayam mengandung asam folat. Diketahui, asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Bayam dapat membantu meningkatkan asupan asam folat pada ibu dengan 66 persen dari kebutuhan folat harian.

14. Mencegah infeksi bakteri dan virus.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bayam kaya akan vitamin A yang membantu kulit dan selaput lendir terlindungi dari bakteri dan virus. Sehingga tubuh juga semakin sehat saat mengonsumi bayam dengan takaran yang cukup.

15. Menambah energi tubuh.

Manfaat bayam hijau © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi bayam akan meningkatkan kebutuhan magnesium dalam tubuh, sehingga dapat menghasilkan energi lebih untuk seseorang dapat menjalankan aktivitasnya. Bayam juga merupakan sumber folat yang bagus, nutrisi yang membantu tubuh manusia mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

RECOMMENDED