Brilio.net - Jantung adalah salah satu organ vital yang ada di tubuh manusia. Jantung memiliki banyak fungsi, seperti memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah, memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membuang karbondioksida dan limbah.

Jaringan tubuh lainnya membutuhkan suplai nutrisi dari jantung agar tetap aktif bekerja. Jika jantung berhenti bekerja dan tidak mampu memasok darah lagi, jaringan tubuh akan mati.

Dilansir dari livescience, jantung pria memiliki ukuran kira-kira kepalan tangan besar dan beratnya antara 10-12 ons (280-340 gram). Sedangkan jantung wanita setidaknya berukuran 8-10 ons (230-280 gram). Menurut National Institutes of Health, jantung manusia memiliki empat ruang, dua ruang atas (atrium) dan dua ruang bawah (ventrikel).

Sama halnya dengan organ lainnya, jantung juga punya risiko terserang penyakit. Dikutip dari laman resmi World Health Organization (WHO), penyakit jantung atau yang sering disebut kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia. Penyakit tersebut merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahun.

Loading...

Oleh karena itu, jagalah kesehatan jantung dengan baik. Hindari segala hal yang dapat merusak jantung, lakukan beberapa cara supaya jantung tetap sehat. Perbanyak olahraga, konsumsi makanan, dan minuman kaya akan nutrisi. Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan berlemak, tinggi gula, dan sodium.

Makanan sehat untuk jantung misalnya gandum utuh, buah beri, alpukat, bayam, salmon, tuna, dan almond. Selain makanan, penting juga memilih minuman yang baik. Minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Apa saja minuman yang bisa bikin jantung lebih sehat dan mengurangi risiko kardiovaskular? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (9/9).

1. Teh matcha.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Mengonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. EGCG dipercaya bisa membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel. Asupan teh matcha ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Kopi.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Kopi tidak hanya dapat menambah mood. Kopi ternyata memiliki manfaat kesehatan untuk jantung. Minum kopi secara teratur, signifikan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari healthline, orang yang minum 3 cangkir kopi per hari menghasilkan 19% penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum.

Kamu juga bisa mengolah kopi jadi smoothie, dipadukan dengan bahan sehat jantung lainnya seperti pisang, mentega almond, dan bubuk kakao.

3. Cokelat panas.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Kakao merupakan bahan cokelat. Kakao memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Antioksidan flavonoid dikenal bermanfaat untuk kardiovaskular.

Mengonsumsi produk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, hindari gula dalam jumlah tinggi. Caranya, tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke cangkir, tuang air panas, taburi dengan kayu manis, dan tuang sedikit pemanis alami seperti madu.

4. Teh kembang sepatu.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Teh kembang sepatu merupakan minuman asam yang terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu (Hibiscus sabdariffa). Bunga kembang sepatu adalah sumber antioksidan polifenol yang kuat dan ekstrak kembang sepatu. Kembang sepatu memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Mengonsumsi sekitar 8 ons (250 ml) minuman ekstrak kembang sepatu per hari, secara signifikan meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dan tingkat peradangan.

5. Air jeruk.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Menambahkan seiris buah jeruk segar ke dalam air dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Buah jeruk seperti lemon dan jeruk, kaya akan nutrisi, termasuk minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Mengonsumsi asupan jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penting penyakit jantung.

Selain itu, menambahkan sedikit jeruk ke dalam air dapat membantu meningkatkan asupan cairan. Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk fungsi kerja jantung. Sebab dehidrasi dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular, termasuk stroke.

6. Air putih.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Air putih adalah minuman yang ideal, sehat diminum semua kalangan. Air putih dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Air putih mengandung nol kalori.

Dengan meminum 6-8 cangkir setiap hari, memiliki banyak manfaat pada tubuh, salah satunya menurunkan risiko jantung. Jika tidak suka minum air putih, kamu bisa menambahkan beberapa potong bahan alami seperti lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

7. Susu kedelai.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Susu rendah lemak atau susu kedelai juga merupakan alternatif minuman sehat untuk jantung. Minuman ini dapat meningkatkan gizi kalsium. Dengan mengonsumsi segelas susu kedelai setiap hari, bisa menurunkan kadar kolesterol yang jadi salah satu penyebab penyakit jantung.

8. Jus buah alami.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Pilih yang 100 persen utuh, fresh, dan buatlah jus buah tanpa tambahan gula. Jus buah alami kaya akan kandungan sterol, yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengurangi peradangan.

Dua hal itu merupakan penyebab tingginya risiko penyakit jantung. Dengan meminum segelas kecil (4 ons) setiap hari, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

9. Air jahe.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Jahe kaya akan gingerol, zat yang punya sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Meminum jahe dapat menurunkan kolesterol jahat, kadar darah, kadar gula, dan menurunkan faktor lain penyebab serangan jantung. Namun, jangan minum jahe dengan campuran obat pengencer darah.

10. Teh daun kelor.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Daun kelor mengandung antioksidan tinggi, vitamin C, beta karoten, dan quercetin (antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah). Kamu bisa menjadikan daun kelor jadi teh. Caranya, buat daun kelor jadi serbuk, lalu seduh menjadi minuman. Serbuk daun kelor dipercaya kuat melawan risiko penyakit jantung.

11. Jus tomat.

minuman untuk jantung freepik

foto: freepik.com

Tomat kaya akan likopen, yaitu pigmen tumbuhan alami yang punya antioksidan kuat. Seseorang yang memiliki kadar likopen rendah, bisa menaikkan risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk itu cegah dengan antioksidan yang terdapat pada tomat. Selain kaya akan likopen dan antiinflamasi, tomat juga bisa menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.

RECOMMENDED