Brilio
Discover the best food

11 Minuman bantu mencegah penuaan dini, alami tanpa efek samping

Kesehatan

11 Minuman bantu mencegah penuaan dini, alami tanpa efek samping

Semuanya mudah kamu temukan setiap hari. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsinya karena malas. Ya kan?

Home » Kesehatan

01 Agustus 2019 17:08, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Penampilan adalah hal terpenting bagi setiap orang. Hal itu tak bisa dilepaskan dari umur yang makin lama terus bertambah. Proses penuaan mau tidak mau akan terjadi pada setiap manusia. Wajah mulai keriput, rambut tumbuh uban dan kerontokan, kulit di tubuh mulai kendur, badan mulai membungkuk, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, ada juga orang yang belum berusia lanjut sudah mengalami penuaan. Semua itu terjadi karena banya faktor. Bisa karena gaya hidup yang salah, konsumsi makanan yang tidak tepat, terlalu banyak terpapar sinar matahari secara langsung, dan beberapa faktor lainnya.

Tentu banyak orang tak ingin terlihat tua sebelum umurnya. Sehingga mereka rela mencari cara agar penampilan tetap terlihat indah. Tak sedikit juga yang rela merogoh saku lebih dalam, demi melakukan perawatan kecantikan bahkan hingga terbang ke luar negeri.

Khusus untuk kasus penuaan dini pada usia muda, ada beberapa langkah praktis pencegahan. Cara ini juga tak membutuhkan banyak biaya dan tentunya alami tanpa efek samping. Apalagi kalau bukan dengan mengonsumsi minuman alami. Wah, minuman seperti apa memangnya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (1/8), berikut 11 minuman yang dapat membantu mencegah penuaan dini.


1. Kopi.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: unsplash


Kopi mengandung kafein. Kandungan kafein ini dapat melindungi tubuh terhadap peradangan kronis, masalah umum seiring bertambahnya usia. Selain itu minum kopi juga dapat menurunkan risiko kanker kulit. Mereka yang minum satu cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko terkena kanker kulit non-melanoma sekitar 10%.


2. Yoghurt.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: unsplash


Buatlah yoghurt dari buah pisang dan beri air secukupnya ke yoghurt untuk membuat minuman alami antipenuaan yang lezat ini. Pisang matang kaya akan pektin, berfungsi menjaga kadar gula di dalam tubuh tetap terkendali.

Pectin juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh, penting untuk memperlambat proses penuaan. Di sisi lain, beri adalah sumber kaya vitamin C, yang membantu menjaga kulit agar tetap kenyal dan bercahaya.


3. Air putih.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: unsplash


Tubuh manusia sangat membutuhkan cairan. Menjaga tubuh agar tetap tidak dehidrasi sangat penting. Air sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti bagian organ dan kulit.

Tanpa air yang cukup, kulit bisa menjadi kering, kusut, dan tampak tua. Selain itu dengan meminum air putih juga dapat membantu membuang racun berbahaya dari tubuh dan membuatmu terlihat segar dan muda.


4. Teh hijau.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: unsplash


Teh hijau kaya akan antioksidan antipenuaan dan bisa membantu mencegah keriput muncul dengan meningkatkan pergantian sel dengan cepat. Kamu bisa meminum teh hijau secara rutin agar bisa membantu membuat jantungmu menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan kulit yang cerah, selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai masker wajah alami.


5. Jus buah bit.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: unsplash


Buah bit mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan melawan keriput. Buah bit juga kaya akan nitrat sehat alami yang dapat memberikan dorongan dalam aliran darah ke lobus frontal otak. Manfaat utamanya dapat mengurangi kemungkinan demensia (perubahan kemampuan dan motorik usia tua).


6. Jus delima.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: pixabay


Jus delima tidak hanya terasa lezat, tapi juga penuh dengan vitamin C dan antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada delima termasuk polifenol, yang dapat membantu memperlambat keausan alami pada tubuh. Orang yang rutin meminum jus delima, menunjukkan lebih sedikit mengalami kerusakan sel akibat penuaan dini.


7. Air kelapa.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: pixabay


Air kelapa mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat membantu menghambat penuaan dini. Air kelapa dapat membantu meremajakan kulit dengan cepat. Air kelapa juga dapat menyehatkan sel-sel dalam kulit supaya senantiasa terhindar dari racun.


8. Jus lidah buaya.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: pixabay


Minuman yang berasal dari gel lidah buaya ini tak hanya lezat, tapi juga sangat sehat. Selain menyehatkan, lidah buaya mengandung banyak asam amino dan nutrisi yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam lidah buaya juga mampu membantu regenerasi kulit, sembari membantu mempertahankan kekenyalannya.


9. Susu.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: freepik


Mulai di usia tiga puluhan, orang akan kehilangan 1/2 hingga 1% dari massa otot tanpa lemak setiap tahun. Kekuatan otot juga akan menurun 12% hingga 15% per dekade.

Leucine dalam susu tanpa gula sangat bagus untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Susu juga dapat mengatur kembali pertumbuhan otot, kadar gula darah, dan membantu mempercepat menyembuhkan luka.


10. Minuman olahan almond.

minuman melawan penuaan dini pixabay

foto: freepik


Minuman yang berasal dari bahan almond dipercaya dapat manjur untuk mencegah penuaan dini, misalnya susu almond. Susu almond mengandung vitamin A, D, dan E yang dapat menjaga kulit agar sehat dan tampak lebih muda. Susu almond juga kaya akan kalsium dan protein yang membantu menjaga kuku dan rambut agar lebih kuat.


11. Jus anggur.
foto: pixabay

Tubuh kita selalu membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen yang berfungsi sebagai peningkat kekenyalan kulit. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengonsumsi jus buah anggur kaya akan vitamin C.

Minum segelas jus anggur tidak hanya akan mengurangi keriput, tetapi juga akan membuat kulit terlihat lebih berisi dan tampak awet muda. Kandungan antioksidan dalam vitamin C juga dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan mengobati pigmentasi kulit.

 

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

11 Minuman bantu mencegah penuaan dini, alami tanpa efek samping.
Semuanya mudah kamu temukan setiap hari. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsinya karena malas. Ya kan?
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/11-minuman-bantu-mencegah-penuaan-dini-alami-tanpa-efek-samping-1908013.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP