Brilio.net - Pernah mencicipi biji selasih? Biasanya biji selasih kerap digunakan untuk bahan kuliner, baik untuk campuran minuman ataupun bahan pelengkap makanan. Biji selasih ini memiliki ukuran kecil dan berwarna hitam, layaknya biji chia. Ketika direndam dengan air, biji selasih ini memiliki tekstur yang terlihat seperti telur katak.

Bibit dari tanaman basil yang daunnya kerap dimanfaatkan untuk bumbu masakan ini mengandung beragam senyawa aktif yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan aktif utama yang ada dalam biji selasih antara lain serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenol, orientin, vicentin, hingga antioksidan kuat lainnya.

Biji selasih juga mengandung air yang cukup tinggi, yaitu mencapai 91 gram per 100 gram bahan. Tak heran kalau minuman biji selasih, menjadi salah satu pilihan ketika rasa haus tiba. Tak hanya sekadar untuk pelengkap minuman saja, biji selasih juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh, di antaranya baik untuk kesehatan tulang.

Kira-kira apa saja manfaat lainnya dari biji selasih? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 11 manfaat biji selasih bagi kesehatan, Rabu (4/11).

Loading...

1. Baik untuk kesehatan tulang dan otot.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat biji selasih yang pertama yaitu menjaga kesehatan tulang. Biji selasih mengandung berbagai mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, kalsium, dan magnesium. Seluruh mineral tersebut bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Sehingga biji selasih ini sangat penting untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis. Selain itu, tulang yang sehat dan padat juga akan membuat tubuh tetap kuat seiring bertambahnya usia. Banyak orang tidak mendapatkan cukup kalsium dan magnesium, tapi dengan rutin mengonsumsi biji selasih bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

2. Baik untuk penglihatan.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain baik untuk kesehatan tulang, biji selasih juga baik untuk kesehatan mata. Sebab kandungan vitamin A yang tinggi pada selasih bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk retina mata. Sehingga dapat mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula.

Jika kamu memiliki masalah dengan penglihatan, atau tingkat stres oksidatif yang tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih. Konsumsi 10 gram biji selasih, dapat memenuhi 106 persen kebutuhan tubuh akan vitamin A harian.

3. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat biji selasih berikutnya berguna untuk sistem pencernaan. Biji selasih ini memiliki kandungan serat prebiotik yang disebut pectin. Kandungan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit akibat bakteri jahat dan juga sembelit.

Biji selasih juga cocok dimanfaatkan sebagai salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Biji selasih bisa menurunkan berat badan karena kandungan serat yang sangat tinggi, yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

4. Cegah penyakit jantung.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Biji yang berwarna hitam ini mampu mencegah penyakit jantung. Asupan serat yang terdapat pada biji selasih berguna mengontrol kolesterol normal. Sedangkan antioksidannya dapat melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak.

5. Mengontrol kadar gula darah.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Biji selasih dianggap baik untuk penderita diabetes. Pasalnya biji selasih mampu mengontrol konversi karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa. Sehingga manfaat inilah dapat menjadikan biji selasih baik dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Konsumsi serat makanan larut juga mengurangi risiko terkena diabetes.

6. Membantu gejala insomnia.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Saat kamu mengalami insomnia, sebaiknya atasi dengan obat herbal. Pasalnya daripada mengonsumsi pil tidur yang dapat menimbulkan efek yang berpengaruh pada kesehatan ginjal, kamu bisa memanfaatkan biji selasih untuk mengatasi insomnia. Kandungan zat sedatif di dalamnya ternyata dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan rasa kantuk.

7. Melembapkan kulit wajah.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat biji selasih berikutnya adalah untuk merawat kulit. Bagi wanita, antioksidan yang terdapat pada biji selasih dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan seperti senyawa polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin mampu memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada kulit, seperti terbentuknya keriput, flek hitam, kemerahan, serta tanda penuaan dini lainnya. Untuk mendapatkan manfaat biji selasih ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan menambahkan biji-bijian ini ke minuman, smoothie, atau makanan penutup. Sehingga bisa membantu kamu untuk mencegah sekaligus merangsang pembelahan sel-sel kulit baru yang sehat.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tubuh sangat membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan sistem imunitas. Salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat ini terdapat pada biji selasih. Sehingga salah satu manfaat biji selasih adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Rutin mengonsumsi biji selasih sebagai makanan atau suplemen, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat akan membuat kamu jadi jarang sakit.

9. Mengandung Omega-3.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: Instagram/@gudangajaib

Dalam biji selasih juga mengandung Omega-3 yang baik untuk tubuh. Nggak hanya pada ikan, tapi kandungan Omega-3 ini juga terdapat pada biji selasih. Omega-3 adalah salah satu asam amino yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat ini mampu bekerja untuk melindungi beberapa jenis organ seperti jantung dan juga otak.

10. Obat batuk dan flu.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya mengandung Omega-3, biji selasih juga mengandung antioksidan flavonoid berupa vicenin, orientin, dan beta karoten yang berfungsi untuk daya tahan tubuh. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk mematikan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. Tak hanya itu saja, sifat antispasmodik pada biji selasih juga berfungsi untuk meredakan batuk membandel.

11. Mengobati sakit kepala.

Manfaat biji selasih © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara yang lebih aman ketika mengatasi sakit kepala yakni menggunakan herbal. Biji selasih ini memiliki sifat analgesik atau menghilangkan rasa sakit. Sehingga bila hanya untuk obat sakit kepala saja, selasih ini ampuh untuk mengobatinya.

Cara untuk mendapatkan manfaat dari biji selasih untuk sakit kepala ini gampang. Kamu bisa menyiapkan 5 gram biji selasih, 15 gram jahe, dan 15 buah angco yang dibuang bijinya. Setelah itu, rebus semua bahan dengan 400 cc atau dua gelas air, sampai tersisa 200 cc atau setengahnya. Saring dan pisahkan dari ampas jahe, dan minum airnya sedangkan angco dan biji selasihnya bisa dimakan.

RECOMMENDED