Brilio
Discover the best food

11 Makanan alami cegah kanker darah, penyakit Ani Yudhoyono

Kesehatan

11 Makanan alami cegah kanker darah, penyakit Ani Yudhoyono

Bahan makanan ini sangat mudah ditemukan dalam keseharian masyarakat.

Home » Kesehatan

13 Februari 2019 15:11, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Salah satu tokoh penting Tanah Air, Ani Yudhoyono sedang dirawat di rumah sakit. Ani didiagnosa menderita penyakit kanker darah. Saat ini Ani Yudhoyono masih dirawat secara intensif di Rumah Sakit National University, Singapura sejak 9 Februari lalu.

Banyak tokoh dan masyarakat yang turut mendoakan Ani Yudhoyono agar cepat pulih seperti sediakala. Pasalnya sebelum Ani jatuh sakit, dirinya masih bisa ikut menemani suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Sumatera Utara dan Aceh. Banyak juga kalangan yang kemudian menyorot mengenai penyakit yang sedang diderita Ani tersebut.

Blood cancer atau kanker darah adalah penyakit kanker yang menyerang bagian sel-sel pembentukan darah yang ada di tulang sumsum dan jaringan limfoid. Kanker darah pada umumnya banyak menghantui masyarakat Indonesia. Kurangnya pengetahuan mengenai kanker darah, juga menjadi salah satu alasan mengapa penyakit ini banyak diderita oleh orang Indonesia.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah mengenai makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung antioksidan bagus untuk mencegah kanker darah. Selain itu, apa saja makanan alami yang bagus untuk mencegah atau bagi penderita kanker darah?

Simak rangkumannya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (13/2).


1. Alpukat.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@seputar_bibittanaman_dan_pupuk


Selain menjadi buah favorit yang mengandung lemak bagus, alpukat juga mampu mencegah penyakit kanker darah. Molekul yang terkandung dari alpukat mampu melawan Acute Myelogenous Leukemia (AML). Kandungan lipid (senyawa) yang ada di alpukat mampu melawan sel induk tanpa merusak sel yang sehat.


2. Daging ayam.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@chicken_meat_uralsk


Terkadang karena kemoterapi, penderita kanker darah mengalami mual sehingga menghindari menu daging. Menurut penelitian, penderita kanker darah membutuhkan protein yang cukup. Protein tersebut bisa didapatkan dari mengonsumsi daging ayam. Pengolahan daging ayam bisa ditambahi sedikit bumbu.


3. Ikan.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@decamellia2u


Seperti keterangan sebelumnya, bahwa penderita kanker darah membutuhkan makanan protein yang cukup. Selain daging ayam, protein juga bisa didapatkan dari ikan. Ikan mengandung protein yang tinggi.

Zat Omega-3 yang terkandung pada ikan mampu memperkecil risiko terkena kanker darah. Bagi penderita agar tidak menimbulkan rasa mual, ikan bisa diolah menjadi sup hangat ditambah sedikit bumbu.


4. Kedelai.

makanan kanker darah instagram

foto: medicalnewstoday


Bagi penderita kanker darah yang vegetarian dan bosan memakan daging ayam dan ikan. Protein bisa didapatkan dari berbagai menu sayuran yang berasal dari kedelai, seperti tahu ataupun susu kedelai. Kedelai mengandung protein yang cukup tinggi untuk bisa mencegah kanker darah.


5. Telur.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@_balqisnatasya


Makanan yang satu ini cukup favorit di semua kalangan. Selain menjadi favorit, telur juga mengandung protein tinggi. Protein yang ada di telur mampu mencegah penyakit kanker darah dan baik bagi penderita kanker darah.


6. Gandum.

makanan kanker darah instagram

foto: bluebirdgrainfarms


Gandum dipercaya mampu mencegah penyakit kanker darah dan baik untuk penderita kanker darah. Selain itu gandum juga enak dikonsumsi. Kamu bisa mengganti rutinitas memakan nasi dengan gandum. Gandum bisa berbentuk berbagai macam, seperti sereal atau roti gandum.


7. Bayam.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@lusiaa_vv


Sayuran memang bagus untuk mencegah segala macam penyakit, terutama sayur bayam. Bagi orang yang tidak suka memakan bayam akan cenderung lebih bisa terjangkit kanker daripada orang yang sering memakan bayam. Bagi pasien yang sedang menderita kanker darah, bayam dikonsumsi dengan cara dikukus.


8. Wortel.

makanan kanker darah instagram

foto: healthline


Banyak orang menghindari sayuran yang satu ini, terutama kalangan anak-anak. Namun wortel dipercaya mampu melawan sel kanker. Kamu bisa memasukkan wortel ke dalam makananmu. Kamu bisa mencampurkan wortel menjadi sup, atau dicampur dengan sayur bayam.


9. Susu.

makanan kanker darah instagram

foto: healthline


Susu adalah minuman yang bergizi bagi tubuh. Selain enak dikonsumsi, susu juga membuat orang lebih berenergi. Sehingga membuatmu tidak mudah lelah dan mudah terserang penyakit, termasuk kanker darah. Selain untuk mencegah, kandungan gizi yang ada di susu juga bagus untuk penderita kanker darah.


10. Jeruk.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@seputar_bibittanaman_dan_pupuk


Buah memang memiliki vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin C. Vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh dan mampu melawan risiko kanker darah. Seperti buah jeruk mampu menurunkan risiko kanker darah. Vitamin C yang terdapat pada jeruk mampu menghambat laju atau pertumbuhan sel kanker darah menyebar.


11. Pisang.

makanan kanker darah instagram

foto: Instagram/@i.theramisyu.id


Buah pisang memiliki kandungan vitamin C dan kalium. Selain enak dimakan pisang mampu mengurangi risiko penyakit kanker darah. Kandungan kalium yang ada pada buah pisang dapat mengurangi risiko kanker darah dan dapat membantu proses penyembuhan bagi penderita lebih cepat.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

11 Makanan alami cegah kanker darah, penyakit Ani Yudhoyono.
Bahan makanan ini sangat mudah ditemukan dalam keseharian masyarakat.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/11-makanan-alami-cegah-kanker-darah-penyakit-ani-yudhoyono-190213w.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP