Brilio.net - Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil rempahnya. Hasil rempah ini selain sebagai bumbu masakan, juga dapat dijadikan minuman yang menghangatkan tubuh. Di musim penghujan yang tidak menentu seperti saat ini, biasanya turun hujan tak mengenal waktu. Sehingga udara di lingkungan sekitar bisa tiba-tiba menjadi dingin, padahal sebelumnya terasa panas.


Cuaca yang seperti ini sering kali membuat orang mengalami gangguan kesehatan apabila sistem imunnya tidak kuat. Untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menghangatkan diri ketika udara sedang dingin, biasanya orang akan mencari minuman yang dapat menghangatkan tubuh.


Minuman yang menghangatkan ini dapat diperoleh dari minuman yang terbuat dari bahan rempah. Salah satunya adalah wedang uwuh. Dilansir dari merdeka.com, wedang uwuh merupakan minuman kaya manfaat yang telah terdaftar sebagai warisan budaya kuliner khas Imogiri, Yogyakarta secara resmi pada tahun 2017.


Menurut bahasa, kata wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Wedang uwuh bila diartikan secara langsung memiliki arti minuman sampah. Dinamakan wedang sampah karena berbagai macam rempah yang di campur jadi satu dalam minuman ini, terlihat seperti sampah kayu dan dedaunan.

Loading...

Wedang uwuh, terbuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Wedang ini cocok diminum saat malam hari atau disaat udara sedang dingin sebagai penghangat tubuh alami. Selain dapat menghangatkan tubuh, wedang uwuh ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan lho!

Berikut 10 menfaat wedang uwuh untuk kesehatan, brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Rabu (4/11).

1. Menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan jahe dalam wedang uwuh dapat memberikan rasa pedas dalam minuman tradisional ini. Jahe yang memiliki rasa pedas dan hangat berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol, sehingga baik untuk mencegah penyakit stroke dan serangan jantung.

2. Mengatasi asam urat.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jahe yang digunakan untuk wedang uwuh adalah jahe merah. Jahe merah adalah tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

3. Mengurangi nyeri.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kayu secang dalam wedang uwuh dapat mengurangi nyeri seperti dismenore atau nyeri saat menstruasi, dan nyeri perut setelah melahirkan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu secang memiliki sifat manis, asin, dan netral, dan dikaitkan dengan meridian jantung, hati, dan limpa. Fungsi utamanya adalah menyegarkan darah, meningkatkan menstruasi, dan mengurangi rasa sakit dan bengkak.

4. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan kayu manis dalam wedang uwuh dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Senyawa Cinnemaldehyde dalam kayu manis bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Wedang uwuh merupakan minuman yang kaya akan antioksidan karena di dalamnya terdapat daun serai. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai memiliki kandungan beberapa antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah disfungsi sel dalam arteri koroner.

6. Membersihkan racun dalam hati dan ginjal.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Wedang uwuh dapat digunakan sebagai minuman detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satu organ tubuh yang biasanya memiliki racun adalah hati dan ginjal. Kandungan pala dalam wedang uwuh dapat membantu membersihkan racun yang terkandung dalam hati dan ginjal.

7. Menguatkan sistem imun.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rutin mengonsumsi wedang uwuh di musim hujan, dapat membantu menguatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit flu atau batuk saat musim hujan. Hal ini juga didudung oleh jahe merah dalam wedang uwuh yang dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat.

8. Mengobati batuk.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net



foto: freepik.com

Karena wedang uwuh disajikan sebagai minuman hangat, wedang uwuh dapat melegakan tenggorokan sehingga akan mengurangi batuk sekaligus flu karena kandungan rempah-rempah didalamnya. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah juga bermanfaat untuk mengatasi batuk pada anak-anak maupun orang dewasa.

9. Mengurangi peradangan.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi wedang uwuh juga dapat mengurangi peradangan sistemik dan spesifik karena kandungan kayu manis didalamnya. Pengurangan peradangan spesifik berarti bahwa mengonsumsi kayu manis dapat membantu mengobati beberapa jenis rasa sakit dan sakit kepala, serta nyeri radang sendi.

10. Menghangatkan badan.

Manfaat wedang uwuh © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kayu manis dan cengkih dalam wedang uwuh adalah bahan alami yang mampu menghangatkan badan secara alami dari dalam tubuh, juga bisa memberikan aroma sekaligus sensasi rasa yang unik.

RECOMMENDED