Brilio
Discover the best food

10 Manfaat tomat untuk kesehatan, bisa cegah kanker prostat

Kesehatan

10 Manfaat tomat untuk kesehatan, bisa cegah kanker prostat

Tomat sendiri menjadi sayuran keempat terpopuler di dunia.

Home » Kesehatan

19 Februari 2019 06:04, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Anak kecil terbilang susah dan tidak terlalu suka mengonsumsi buah maupun sayur. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi para orangtua. Mereka harus bisa membuat buah hatinya senang mengonsumsi buah dan sayur. Pasalnya, buah dan sayur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu buah dan sayur yang kaya manfaat adalah tomat.

Dilansir brilio.net dari healthline, tomat dikenal secara ilmiah sebagai Solanum lycopersicum. Tomat bisa disebut sebagai buah yang berasal dari Amerika Selatan. Namun demikian, tomat juga bisa disebut sebagai sayur. Merujuk pada medicalnewstoday, tomat bisa pula disebut sebagai buah dan sayuran.

Tomat merupakan buah dan sayur yang mudah dijumpai. Tomat sendiri menjadi sayuran keempat terpopuler di dunia. Sementara posisi pertama hingga ketiga ditempati oleh kentang, selada, dan bawang. Tomat bisa langsung dikonsumsi sebagai salad. Akan tetapi tak jarang, tomat diolah menjadi berbagai bentuk makanan baru. Tomat juga dapat dicampur dengan sayuran lain yang kemudian dihidangkan menjadi menu makanan lezat.

Tomat tidak hanya bisa diolah menjadi menu makanan, melainkan bisa diolah menjadi minuman. Selain lezat, tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari tomat bagi kesehatan tubuh? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (18/2).

1. Cegah kanker prostat.

manfaat tomat kanker instagram

foto: Instagram/@ida.azfar


Tomat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker prostat. Beberapa penelitian menyebutkan kalau tomat memiliki tingkat likopen dalam tomat bekerja untuk mencegah penyakit kanker. Likopen adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

2. Cegah kanker lambung.

manfaat tomat kanker instagram

foto: cancer.gov


Selain mampu mencegah penyakit kanker prostat, tomat juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker lambung. Likopen atau antioksidan yang ada di tomat mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi.

manfaat tomat kanker instagram

foto: doctormurray


Tomat memiliki kandungan kalium. Penelitian mampu meningkatkan kalium serta menurunkan natrium (garam). kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah. Apabila kamu mengonsumsi tomat dan menjaga makanan dari kandungan garam. Dengan begitu, tekanan darah bisa menurun. Cocok banget buat penderita tekanan darah tinggi.

4. Mencegah sembelit.

manfaat tomat kanker instagram

foto: brunet


Tomat adalah sayuran yang memiliki kandungan air sehingga mampu mencegah dehidrasi. Tomat juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi tomat dapat membantu memperlancar proses buang air besar. Selain itu, tomat mampu menurunkan risiko sembelit.

5. Membantu memperbaiki bagian tubuh yang rusak karena merokok.

manfaat tomat kanker independent.co.uk

foto: independent.co.uk


Bagi kamu perokok, ada baiknya mulai rutin mengonsumsi tomat. Buah dan sayur segar ini mampu mengurangi jumlah kerusakan yang terjadi pada tubuh akibat merokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam klorogenik yang bisa  melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.

6. Mengurangi gejala diabetes.

manfaat tomat kanker medicalxpress

foto: medicalxpress


Menurut penelitian, tomat mampu mengurangi gejala diabetes. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi tomat selama kurang lebih 30 hari mampu menurunkan penyakitnya. Tomat mampu menurunkan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat tersebut mampu menyerang lemak.

7. Tomat mengandung banyak vitamin.

manfaat tomat kanker instagram

foto: Instagram/@tomat40.ru


Kandungan vitamin C yang ada pada tomat sudah bukan rahasia umum lagi. Sebuah tomat mengandung sekitar 40 persen vitamin C. Jumlah tersebut sangat bagus untuk dikonsumsi tubuh setiap harinya. Selain itu, tomat mengandung vitamin A yang bagus untuk kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan kulit. Tomat juga mengandung vitamin K yang pas untuk kesehatan tulang.

8. Menjaga berat badan.

manfaat tomat kanker instagram

foto: nih.gov


Tomat bisa menjadi menu diet sehatmu. Tomat kaya akan nutrisi, namun tomat bersifat rendah kalori, karbohidrat, dan lemak. Tomat mampu menurunkan berat badan. Sebab tomat memiliki berbagai kandugan gizi yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dietmu.

9. Tomat untuk kesehatan rambut.

manfaat tomat kanker instagram

foto: health


Vitamin A yang terkandung dalam tomat berfungsi sempurna untuk menjaga rambut berkilau dan kuat. Tomat juga membuat rambutmu menjadi kuat, mencegah kerontokan, dan terhindar dari rambut patah-patah. Tomat berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut. Tomat mampu mencegah ketombe, rambut lepek, dan bau tak sedap di rambut.

10. Tomat untuk kesehatan jantung.

manfaat tomat kanker instagram

foto: columnlife


Tomat mengandung vitamin B dan potasium yang efektif dalam mengurangi kadar kolesterol. Kandungan tersebut bisa menurunkan darah. Oleh karena itu, tomat bisa jadi menu diet yang seimbang untuk sehari-hari. Tomat secara efektif bisa mencegah serangan jantung, stroke, dan banyak masalah terkait penyakit jantung.

RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Manfaat tomat untuk kesehatan, bisa cegah kanker prostat.
Tomat sendiri menjadi sayuran keempat terpopuler di dunia.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-manfaat-tomat-untuk-kesehatan-bisa-cegah-kanker-prostat-190218n.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP