Brilio
Discover the best food

10 Manfaat teh chamomile untuk kesehatan dan kecantikan

Kesehatan

10 Manfaat teh chamomile untuk kesehatan dan kecantikan

Tradisi minum teh dari chamomile ini dapat dilacak sampai ke zaman Mesir Kuno.

Home » Kesehatan

18 Maret 2019 21:05,

Brilio.net - Kamu tau teh yang tidak menggunakan daun teh melainkan bunga cantik bernama Chamomile? Chamomile merupakan bunga berwarna putih yang memiliki karakteristik seperti bunga Daisy. Nama bunga ini berasal dari bahasa Yunani, khamaimlon, yang berarti apel bumi.

Bunga chamomile yang paling umum digunakan untuk menjadi teh adalah Chamomile Jerman (Matricaria recutita) dan Chamomile Roma (Chamaemelum nobile). Tradisi minum teh dari chamomile ini dapat dilacak sampai ke zaman Mesir Kuno di mana teh chamomile berfungsi untuk menyembuhkan demam dan pilek. Teh chamomile juga menjadi minuman yang sering ditemui dalam hidangan kekaisaran Roma.

Teh chamomile dipercaya orang sebagai salah satu bentuk pengobatan tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Dalam sebuah jurnal berjudul 'Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future' mengatakan salah satu keuntungan mengonsumsi teh chamomile adalah adanya penurunan tingkat risiko kanker.

Teh Chamomile juga mengandung Chamazulene, senyawa kimia aromatik yang memiliki sifat antiinflamasi, analgesik, dan antispasmodik. Mau tau manfaat apa saja yang kamu dapatkan jika meminum teh Chamomile? Berikut ulasan brilio.net yang dilansir dari berbagai sumber pada Senin (18/3).

1. Mengobati insomnia.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Dilansir dari food.ndtv.com, menurut Ahli Nutrisi Anshul Jaibharat, "Teh chamomile melemaskan saraf dan menenangkan sistem saraf, sehingga membantu tidur lebih baik. Teh ini tidak mengandung tambahan kafein, dan sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur".

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Senyawa fenolik yang terkandung dalam teh chamomile membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal infeksi. Senyawa lain yang terkandung dalam teh chamomile juga dapat mengatasi masalah pilek, flu, dan sinus.

3. Meredakan nyeri saat haid.

teh chamomile Istimewa

foto: healthpromblemsnews.com

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Chemistry, teh chamomile memiliki sifat pereda nyeri dan antispasmodik. Ini merilekskan rahim dan mengurangi produksi prostaglandin hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

4. Menurunkan kadar gula darah.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Sifat antiinflamasi dalam Chamomile dapa mencegah kerusakan sel di pankreas. Kesehatan pankreas sangat penting, karena pankreas berfungsi untuk memproduksi insulin. Dilansir dari healthline.com ia menyebutkan bahwa dalam satu penelitian terhadap 64 orang penderita diabetes, mereka yang mengonsumsi teh chamomile setiap hari dengan makanan selama delapan minggu memiliki kadar gula darah rata-rata yang secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi air.

5. Menurunkan risiko kanker.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Selain mengandung anti inflamasi, chamomile memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Antioksidan ini berfungsi untuk membunuh radikal bebas yang berpotensi mebuat sel kanker. Antioksidan yang ada dalam chamomile berjenis antioksidan apigenin. Dalam studi tabung reaksi, apigenin telah terbukti dapat melawan sel kanker, terutama sel-sel payudara, saluran pencernaan, kulit, prostat, dan uterus.

6. Meningkatkan kesehatan jantung.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Dalam chamomile terdapat antioksidan berjenis flavonoid. Flavonoid berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Dilansir dari organicfacts disebutkan bahwa Penelitian yang dipublikasikan dari Tufts University di Boston, MA, mengungkapkan bahwa teh chamomile membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, membuat jantung lebih sehat.

7. Meredakan stres.

teh chamomile Istimewa

foto: heart.org

Salah satu kegunaan teh chamomile ini juga untuk meredakan stres. Seduhlah chamomile kering dan minumlah sifat hangat dari minuman ini dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Hormon ini berfungsi untuk merilekskan, mengatur mood dan membuat kantuk.

8. Menurunkan sakit gigi.

teh chamomile Istimewa

foto: pixabay.com

Teh chamomile juga memiliki sifat antiseptik antiseptik dapat melawan infeksi muluut, mencegah gigi berlubang, dan melindungi gigi dan gusi. Sifat antiinflamasi dalam chamomile juga membantu menenangkan sakit gigi.

9. Mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat.

teh chamomile Istimewa

foto: food.ndtv.com

Teh Chamomile juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi dan antiseptiknya yang tinggi dapat secara berangsur mecerahkan kulit dan menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

10. Berfungsi sebagai antiaging.

teh chamomile Istimewa

foto: newscientist.com

Antioksidan ini juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel dan jaringan. Teh chamomile juga membantu mengencangkan pori-pori dan memperlaba penuaan. Gunakan seduhan teh chamomile untuk masker setiap minggu untuk hasil yang maksimal.

(mgg/fairuz puspita)

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Manfaat teh chamomile untuk kesehatan dan kecantikan.
Tradisi minum teh dari chamomile ini dapat dilacak sampai ke zaman Mesir Kuno.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-manfaat-teh-chamomile-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-1903180.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP