Brilio.net - Kopi kerap dikaitkan jadi minuman favorit para pria. Meskipun memiliki rasa pahit, kopi diyakini banyak orang ampuh untuk menahan rasa kantuk. Sehingga banyak yang memilih untuk mengonsumsi kopi sebagai teman begadang.

Selain terdapat kandungan kafein, di dalam kopi juga ditemukan nutrisi lain seperti aneka jenis vitamin, kalium, dan juga mangan. Namun ingat, meski begitu kamu juga tidak perlu berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki batasan dan kemampuan yang berbeda dalam mengonsumi kopi.

Selain memberikan kenikmatan, kopi juga memiliki banyak manfaat baik pada tubuh lho. Terutama untuk kamu para pria, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan pada kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi kopi. Mulai dari menjaga kesehatan psikis sampai fisik, bisa kamu dapatkan.

Nah, tentu akan sayang bukan jika kamu lewatkan begitu saja? Maka dari itu, simak yuk manfaat selengkapnya mengonsumsi kopi dalam ulasan brilio.net yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11).

Loading...

1. Meredam sakit kepala.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Padatnya pekerjaan kerap membuatmu kehilangan energi lebih banyak. Terkadang hal ini juga menimbulkan rasa sakit pada kepala. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan mengonsumsi secangkir kopi hitam.

Cara ini bisa kamu coba jika belum bisa menemukan obat peredam sakit kepala. Namun jika sakit kepala terjadi secara berkelanjutan, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

2. Meningkatkan produktivitas.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya bikin melek, kopi juga bisa membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Nah, dengan begitu bisa meningkatkan produktivitasmu dalam aktivitas sehari-hari.

Kandungan kafein yang ada di dalamnya juga mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat. Hal ini memberikan dampak meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Yaps, salah satu manfaat dari mengonsumsi kopi dapat menjaga kesehatan jantung. Bahkan yang kerap nggak disadari banyak orang, dengan mengonsumsi kopi satu sampai dua cangkir per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir brilio.net pada Kamis (12/11) dari mensjournal.com, sebuah penelitian di Jepang melibatkan 76.000 partisipan yang mengonsumsi kopi 1-2 cangkir per hari. Hasilnya dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 38%.

4. Mengurangi risiko kematian.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Sebuah studi National Institutes of Health-AARP Diet and Health menunjukkan, lebih dari 400.000 orang mengungkapkan bahwa meminum kopi dapat menjadi pengurang risiko kematian. Ditambahkan, di antara tahun 1995 dan 2008, partisipan laki-laki yang hanya mengonsumsi satu cangkir setiap hari, mengurangi risiko kematian sebesar 6%.

5. Menjaga kesehatan organ hati.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Selain menyehatkan jantung, dilansir brilio.net dari menshealth.com, dikatakan bahwa kopi dapat membuat organ hati menjadi lebih sehat. Bahkan dijelaskan banyak penelitian yang mengungkapkan efek baik dari mengonsumi kopi untuk kesehatan hati. Meminum empat cangkir kopi dalam satu hari dapat menurunkan risiko cirrhosis. Selain itu juga dapat mengurangi kanker hati sekitar 40%.

6. Meningkatkan antioksidan tubuh.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu nggak hanya bisa mendapatkan antioksidan dari buah dan sayur saja. Untuk kamu pria penggemar kopi bisa beruntung karena sekaligus mendapatkan kebaikan itu dalam minuman favoritmu.

Antioksidan memberikan banyak dampak untuk menangkal racun-racun yang ada dalam tubuh. Apalagi untuk kamu yang kerap beraktivitas di luar rumah, memiliki pola hidup yang tidak sehat, dan minim olahraga.

7. Bermanfaat untuk tulang.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Jangan cuma fokus begadang untuk menyelesaikan pekerjaan. Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan tulangmu saat bekerja. Tapi tenang, salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan dengan mengonsumsi kopi.

Saat menikmati kopi, kamu akan mendapatkan asupan kalsium di dalamnya. Jika kamu memiliki asupan kalsium yang cukup di dalam tubuh, tentu kekuatan tulang akan semakin mantap.

8. Meminimalisir stres dan depresi.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Kopi juga kerap dijadikan pelarian saat pikiran merasa penat. Nggak salah memang, kamu bisa mengonsumsi secangkir kopi hangat di sela-sela kesibukanmu. Kelebihan kopi yang satu ini sudah dikenal secara luas. Kamu bisa menyesuaikan takaran kopi sesuai dengan kemampuanmu ya. Dengan begitu, efek rileks bisa kamu rasakan dengan baik.

9. Menurunkan risiko Alzheimer.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

Yang nggak kalah menarik dari manfaat kopi adalah mampu mempertajam daya ingatmu. Bahkan hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan kopi dapat memperkuat kemampuan otak.

Peneliti menemukan, peserta yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi per hari dapat menurunkan kemungkinan terserang penyakit Alzheimer atau demensia sekitar 65%.

10. Mengurangi risiko diabetes.

Manfaat kopi untuk pria © freepik.com

foto: freepik.com

DI tahun 1986 dan 1998, peneliti Harvard melacak mengenai dampak kopi pada penyakit diabetes. Dikatakan peminum kopi jangka panjang secara signifikan mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2. Selain itu statistik menunjukkan bahwa risiko tersebut menurun semakin banyak untuk para peminum kopi.


RECOMMENDED