Brilio.net - Pernah mencoba sayur kecipir? Sayur hijau yang tumbuh merambat ini sangat mudah ditemui di daerah yang memiliki iklim tropis. Hampir semua bagiannya dapat dikonsumsi, mulai dari buahnya, bijinya hingga daunnya. Biasaya kecipir diolah menjadi menu masakan, seperti pecel, lalap, bobor hingga tumisan. Rupanya selain rasanya yang khas, kecipir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kecipir memiliki kandungan nutrisi yang komplet. Dalam 100 gram kecipir mentah terkandung 409 kkal energi, 0,795 miligram asam pantotenat, 0,45 miligram riboflavin, dan 0,175 miligram vitamin B6. Terlebih kecipir juga mengandung antioksidan yang kuat. Bahkan juga menjadi sumber folat yang bagi wanita hamil dan janinnya.

Itu sebabnya, mengonsumsi kecipir berkala sangat baik untuk tubuh, selain itu juga bisa membantu menurunkan berat badan. Lalu, apa saja manfaat kecipir? Berikut 10 manfaat kecipir untuk kesehatan, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/9).

1. Membantu menurunkan berat badan.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Dalam 100 gram kecipir, hanya ada sekitar 49 kalori. Artinya, kecipir bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur, seperti untuk pecel, urap, atau diolah lainnya. Sayuran yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Serat tinggi dan kalori rendah membantu membuat kamu merasa kenyang. Kecipir juga mengandung lemak sehat serta protein. Bahkan ketika dikonsumsi bersama dengan jagung, kecipir memiliki kandungan protein setara seperti segelas susu.

2. Mencegah penuaan dini.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kecipir selanjutnya yakni dapat mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan pada kecipir berfungsi efektif membantu menghambat penuaan dini. Vitamin C dan vitamin A kecipir mencegah timbulnya penuaan dini dan melindungi kulit kamu dari keriput, noda hitam, dan kerusakan akibat usia lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi kecipir secara rutin dan teratur. Selain membuat wajah kamu nampak awet muda, kecipir juga efektif membantu kulit wajah kamu tampak lebih cerah.

3. Bermanfaat bagi ibu hamil.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Seperti diungkapkan di atas, kecipir menjadi sumber folat alami. Bagi ibu hamil, mengonsumsi kecipir dapat membantu mendukung persalinan yang sehat dan menghindari timbulnya cacat saraf pada janin. Dengan kandungan folat dan sumber zat besi yang tinggi dalam kecipir bermanfaat karena mengurangi risiko anemia pada ibu hamil dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

4. Mencegah diabetes.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan vitamin D dan kalsium dalam kecipir dapat mengoptimalkan metabolisme glukosa sekaligus mencegah diabetes. Tak hanya itu, kombinasi vitamin D dan kalsium dapat mengendalikan sekresi insulin sehingga kadar darah tetap terjaga. Kedua nutrisi tersebut berdampak pada sel-sel pankreas,sehingga mengelola sekresi insulin dan kadar gula darah.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Rupanya kecipir bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Vitamin C tersebut berperan sebagai tameng, melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

6. Mencegah konstipasi.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com



Sayur hijau ini mengandung serat yang tinggi, sehingga jika mengonsumsinya dapat menurunkan berat badan dan juga berperan untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat tersebut akan mendorong keluar "limbah tubuh" dan mengurangi rasa kembung, sehingga mencegah sembelit.

7. Mengobati anemia.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Kanduangan folat yang terdapat pada kecipir membantu meningkatkan darah dalam tubuh. Mengonsumsi kecipir secara berkala dan teratur dapat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah anemia. Dikenal karena kandungan besinya yang tinggi, kecipir sangat bermanfaat untuk produksi darah. Mengonsumsi kecipir dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh kamu sehingga membantu meningkatkan kadar sel darah merah yang rendah.

8. Meningkatkan kesehatan mata.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Menurut penelitian, kandungan tiamin dalam kecipir diketahui dapat mencegah masalah terkait penglihatan. Konsumsi kecipir secara teratur membantu mencegah timbulnya masalah seperti glaukoma dan katarak. Tiamin memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja otot dan saraf, yang sangat penting dalam hubungan antara mata dan otak.

9. Meredakan peradangan.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kecipir selanjutnya yakni dapat meredakan inflamasi atau peradangan. Sebab sifat antioksidan yang dimiliki oleh mineral berupa Mangan di dalamnya bekerja untuk menghilangkan keseleo dan pembengkakan yang disebabkan olah peradangan. Kamu pun dapat mengonsumsi kecipir ini secara berkala.

10. Meredakan asma.

manfaat kecipir untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kecipir terakhir adalah untuk meredakan asma. Hal ini karena kecipir memiliki kandungan magnesium yang melimpah, sehingga bisa menenangkan otot pernapasan. Dengan begitu, pernapasan pun jadi lebih lancar dan teratur. Jadi, penderita asma dapat mengonsumsi sayuran ini secara rutin.

RECOMMENDED