Brilio.net - Cokelat adalah makanan yang paling banyak disukai dari semua kalangan, anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Cokelat dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, dari mulai harga murah hingga mahal. Cokelat terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah dark chocolate.

Dark chocolate adalah jenis cokelat yang memiliki rasa jauh lebih pekat, sehingga masih terasa pahit. Hal ini dikarenakan kandungan kakao yang tinggi dan lebih sedikit gula atau susu. Sehingga cokelat ini biasanya tidak disukai oleh anak-anak.

Dark chocolate atau cokelat hitam memiliki persentase cocoa solids dan cocoa butter tertinggi, berkisar 30-80 persen. Karena memiliki kandungan gula lebih sedikit dari jenis cokelat lainnya, membuat dark chocolate memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Norman Swan, Universitas Aberdeen, mengatakan bahwa responden yang mengonsumsi sepotong dark chocolate sehari mengalami penurunan tekanan darah rata-rata dua atau tiga poin, tanpa perubahan signifikan terhadap kolesterol atau kadar gula darah.

Tak hanya itu saja, dark chocolate juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid di dalam dark chocolate kaya akan antioksidan.

Nah, berikut 10 manfaat dark chocolate untuk kesehatan, seperti dilansir brilio.net dari everydayhealth.com dan berbagai sumber lainnya pada Sabtu (12/12).

1. Mencegah penyakit jantung.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Salah satu manfaat terbesar dari mengonsumsi dark chocolate adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah meta-analisis dari delapan studi tentang hubungan antara konsumsi cokelat dan penyakit kardiovaskular, yang diterbitkan pada Juli 2015 di jurnal Heart, menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak cokelat per hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Studi lainnya dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam lebih dari lima kali seminggu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 57 persen.

Peneliti berhipotesis bahwa flavonoid dalam dark chocolate yang menjaga kesehatan jantung, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Bahan kimia ini membantu menghasilkan oksida nitrat, yang menyebabkan pembuluh darah rileks dan tekanan darah turun, sesuai catatan sebuah ulasan yang diterbitkan pada Maret 2017 di American Journal of Physiology.

Loading...

2. Meningkatkan fungsi otak.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam konsentrasi tinggi dapat bermanfaat bagi otak manusia. Joy DuBost, PhD, RD, juru bicara nutrisi dan pemilik Dubost Food & Nutrition Solutions, mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa dark chocolate dapat merangsang aktivitas saraf di area otak yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan, yang pada gilirannya mengurangi stres dan meningkatkan mood.

3. Mengurangi risiko diabetes.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Makan cokelat setiap hari kedengarannya bukan cara terbaik untuk mencegah diabetes, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam yang kaya akan kakao dalam jumlah banyak, benar-benar dapat meningkatkan cara tubuh memetabolisme glukosa. Resistensi insulin menyebabkan glukosa (gula) darah menjadi tinggi dan merupakan ciri khas diabetes tipe 2, menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada Maret 2019 oleh StatPearls.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2017 di Journal of Community and Hospital Internal Medicine Perspectives, flavonoid dalam cokelat hitam ditemukan dapat mengurangi stres oksidatif, yang menurut para ilmuwan adalah penyebab utama resistensi insulin. Dengan meningkatkan sensitivitas tubuh seseorang terhadap insulin, resistensi pun akan berkurang, dan pada gilirannya risiko penyakit seperti diabetes akan menurun.

4. Dapat mengendalikan nafsu makan.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Penelitian menunjukkan cokelat hitam mungkin berperan dalam mengendalikan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

Ahli saraf Will Clower, PhD, menulis seluruh buku tentang subjek yang disebut "Makan Cokelat, Menurunkan Berat Badan", yang menjelaskan bagaimana makan sedikit cokelat hitam sebelum atau sesudah makan memicu hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang. Tentu saja, makan lebih dari jumlah yang disarankan per hari dapat menangkal potensi penurunan berat badan.

5. Mencegah kanker.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Antioksidan melindungi sel kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini merupakan molekul oksigen tidak stabil yang dianggap bertanggung jawab atas penuaan dan penyakit, menurut artikel yang diterbitkan pada Januari 2015 di Indian Journal of Clinical Biochemistry.

Beberapa penelitian, seperti yang diterbitkan dalam Journal of the American Society of Hypertension, telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak flavonoid atau cokelat yang kaya antioksidan, lebih sedikit terkena kanker daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Dari sekian banyak flavonoid dalam dark chocolate, dua di antaranya adalah epicatechin dan quercetin, yang diyakini bertanggung jawab atas sifat pelawan kanker.

6. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan mendaftar vitamin dan mineral dark chocolate yang dikemas penuh nutrisi seperti zat besi, mangan dan magnesium. Kandungan mangan dalam cokelat ini mampu mendukung produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kulit tampak muda dan sehat.

Mineral lain, seperti kalsium, juga dapat membantu memperbaiki dan memperbarui kulit. Beberapa penelitian sebelumnya juga menemukan tingkat antioksidan yang tinggi dalam dark chocolate dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) kuat yang dipancarkan matahari.

7. Menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Dark chocolate disebut-sebut sebagai makanan penurun kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2017 di Journal dari American Heart Association menunjukkan bahwa segenggam almond, dark chocolate, dan cokelat tanpa pemanis menunjukkan penurunan yang signifikan pada low-density lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat', yang dalam jumlah tinggi dapat menyumbat arteri.

Menurut U.S. Library of Medicine mentega kakao dalam cokelat hitam juga dapat berperan dalam meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol "baik". Mentega kakao mengandung asam oleat, yang merupakan lemak tak jenuh tunggal atau lemak yang sama dengan yang ditemukan dalam minyak zaitun yang menyehatkan jantung.

8. Pencegah stres atau depresi.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Mengonsumsi lelehan dark chocolate bisa jadi solusi saat kadar stres kamu meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan ACS’ Journal of Proteome Research, memakan 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres yang sedang kamu rasakan.

Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Nggak hanya itu, cokelat merupakan sumber potensial dari serotonin, dopamin, dan phenylethylamine. Tiga neurotransmitter ini dapat membantu untuk pencegahan depresi. Dengan mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan suasana hati karena memungkinkan serotonin dan dopamin untuk tetap dalam aliran darah lebih lama sehingga kamu bisa tetap merasakan efeknya lebih lama juga.

9. Meningkatkan pertumbuhan sel.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Mineral esensial yang ditemukan dalam cokelat hitam seperti tembaga, besi, dan seng meningkatkan pertumbuhan sel dan menutrisi kulit, membuatnya tampak lebih muda. Cokelat hitam juga mendetoksifikasi kulit dan mengelupas sel kulit mati, membantu kulit kamu terlihat segar dan bercahaya.

10. Mengurangi peradangan.

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Dark chocolate dapat mencegah dan mengurangi peradangan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan dan iritasi lainnya. Peradangan kronis yang terjadi pada kulit bisa sangat membahayakan.

Dark chocolate dapat mengurangi peradangan karena kandungan flavanol di dalamnya yang mampu mengurangi kemerahan pada kulit, timbulnya iritasi serta membuat kulit lebih terasa kenyal.





RECOMMENDED