Brilio.net - Setiap wanita pasti ingin mempertahankan kecantikan tubuhnya, dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki. Saat ini sudah banyak perawatan yang ditawarkan oleh salon atau tempat spa untuk melakukan perawatan tubuh wanita.

Selain melakukan perawatan di salon, kamu dapat merawat kecantikan dengan bahan-bahan alami yang lebih aman untuk kulit dan tubuh. Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan bahan perawatan kecantikan yaitu cuka apel. Meski cuka apel dikenal untuk salah satu resep olahan pada makanan atau masakan, cuka apel juga dapat bermanfaat untuk kecantikan.

Cuka sari apel adalah bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kulit. Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Proses ini mengubah gula dan pemanis dalam apel menjadi alkohol. Proses fermentasi kedua mengubah alkohol menjadi cuka.

Cuka apel kaya akan asam asetat, sitrat, malat dan asam amino dan juga mengandung vitamin, enzim, dan garam mineral, yang bermanfaat bagi kulit. Biasanya, cuka apel dijadikan sebagai toner atau campuran masker. Dilansir dari medicalnewstoday.com, toner dari cuka apel sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat dan iritasi pada kulit. Tak hanya itu, masih banyak manfaat cuka apel untuk menjaga kecantikan.

Loading...

Berikut 10 manfaat cuka apel untuk kecantikan seperti brilio.net rangkum dari thehealthy.com dan sumber lainnya pada Rabu (14/10).

1. Mencerahkan kulit.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cuka sari apel mengandung komponen antimikroba yang bertindak sebagai pembersih alami untuk kulit. Sedangkan asam alfa hidroksi dan asam asetatnya dengan lembut melarutkan kulit mati dan menstimulasi sirkulasi, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang.

"Setelah membilas wajah saya dengan air, saya merendam bola kapas dengan cuka apel dan dengan lembut menyeka wajah dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kotoran," kata Jacqueline Schaffer, ahli kesehatan, pendiri Schique Skincare, dan penulis Irresistible You.

2. Memutihkan gigi.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain menghilangkan bau mulut, cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Meskipun demikian, karena bersifat asam, maka perlu diencerkan dengan benar, jika tidak maka akan berisiko merusak email gigi.

Untuk memutihkan gigi, kamu dapat mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut selama 60 detik dan bilas dengan air bersih. Tunggu kurang lebih 30 menit sebelum melanjutkan untuk menyikat gigi.

3. Melembutkan kulit.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tingkatkan manfaat kecantikan dari cuka apel dengan menuangkan sedikit cuka apel ke dalam air untuk mandi. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung vitamin B1, B2, B6, dan C untuk menutrisi dan melembutkan kulit.

4. Mengatasi ketombe.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tubuh manusia termasuk kulit kepala memiliki pH alami antara 4,5 dan 5,5, yang cukup asam. Kondisi seperti ketombe, bakteri, dan jamur terjadi ketika pH kulit kepala kita menjadi terlalu basa. Kemampuan antijamur dalam cuka apel dapat membantu melawan ketombe, sementara sifat asamnya memulihkan tingkat pH alami.

Untuk mengatasi ketombe dengan cuka apel, kamu dapat mencampurkan air dan cuka apel dengan perbandingan 1:1. Kemudian pijatkan larutan tersebut ke kulit kepala dan bilas hingga bersih. Gunakan larutan ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Menghilangkan residu pada rambut.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Penumpukan produk kecantikan rambut dapat memberatkan rambut, dan membuatnya terlihat kusam. Selain itu penumpukan zat-zat produk rambut pada rambut dan kulit kepala dapat dihilangkan dengan cuka apel. Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel dapat menghilangkan residu dan mengembalikan kilau alami pada rambut.

Untuk mengilangkan residu sekaligus membuat rambut kembali berkilau, kamu dapat mencampurkan 2 sdm cuka apel ke dalam 1 cangkir air. Setelah kramas, tuangkan larutan ke atas helai rambut.

6. Mengatasi sengatan matahari.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cuka sari apel dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk kulit yang terkena sinar matahari. Tidak hanya anti-inflamasi yang kuat, tetapi juga mengandung kalium, yang membantu mempercepat pemulihan.

Campurkan satu setengah cangkir cuka sari apel dan empat cangkir air, kemudian rendam kain lap ke dalam campuran dan oleskan ke area yang terkena sengatan matahari. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan serta mencegah lecet dan pengelupasan kulit.

7. Menjaga kesehatan kuku.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cuka apel dapat memperkuat kuku dan membantu menghilangkan noda kuning serta mencegah infeksi pada kuku. Dengan merendam kuku dengan cuka apel yang dicampur dengan minyak sayur, kamu dapat mendapatkan kuku yang sehat dan kuat. Lakukan hal ini seminggu sekali.

8. Mengobati luka.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Luka pasti akan meninggalkan bekas pada kulit. Hal ini menjadikan seseorang menjadi kurang percaya diri. Gunakan cuka apel untuk meredakan iritasi, mengurangi kemerahan, dan melindungi dari bakteri penyebab infeksi karena luka bakar.

9. Menghilangkan sel kulit mati.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Cuka sari apel akan menenangkan kulitmu dan akan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Asam alfa hidroksilnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara penggunaannya, tuangkan cuka sari apel ke dalam bak air hangat. Rendam tubuhmu sekaligus wajah selama 15 hingga 20 menit. Biarkan asam pelindung meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulitmu.

10. Menghilangkan bekas jerawat.

Cuka apel untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sama seperti bekas luka, bekas jerawat di wajah dapat membuat kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Kandungan asam suksinat pada cuka apel dapat membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain itu juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Sehingga jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah.

Asam laktat cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Caranya, larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air, oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

RECOMMENDED