Brilio
Discover the best food

10 Manfaat buah manggis untuk kesehatan, mencegah alzheimer

Kesehatan

10 Manfaat buah manggis untuk kesehatan, mencegah alzheimer

Buah manggis dikenal sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara Asia.

Home » Kesehatan

20 Februari 2019 06:01, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Banyak orang menyukai buah manggis. Manggis adalah buah yang memiliki rasa asam sekaligus sedikit manis. Selain enak dikonsumsi, manggis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah manggis yang secara ilmiah dikenal sebagai Garcinia Mangostana.

Buah manggis diyakini berasal dari Indonesia. Selain di Indonesia, manggis juga tersedia luas di beberapa wilayah Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan juga di beberapa daerah di Afrika.

Dilansir brilio.net dari stylecraze pada Selasa (19/2), buah manggis dikenal sebagai 'Mangustan' dalam bahasa Hindi, 'Ivarumamidi' dalam bahasa Telugu, 'Kaattampi' dalam bahasa Malayalam, 'Kao' dalam bahasa Bengali, 'Murugala Hannu' di Kannada, 'Kokum' di Gujarati, dan 'Kokam' atau 'Ratamba' 'di Marathi.

Manggis memiliki bentuk yang unik. Buah manggis ini memiliki tiga bagian utama, yaitu kulit ungu tua, kulit luar atau kulit buah Mangostein (disebut pericarp) agak keras, namun dapat dibuka dengan mudah. Kemudian daging putih yang dapat dimakan yang melekat pada biji. Biji manggis ini rasanya sangat pahit dan tidak dapat dimakan.

Manggis merupakan buah yang sudah dikenal sebagai pengobatan tradisional dari berbagai negara Asia. Manfaat kesehatan dari manggis sudah dikenal sejak abad ke-18. Manfaat manggis sudah terbukti, bukan hanya sebagai mitos.

Semua bagian buah manggis, tidak hanya dagingnya saja, melainkan juga kulitnya bisa digunakan untuk berbagai pengobatan penyakit. Buah manggis terkenal dengan ekstrak kulit manggis sebagai bahan utama. Kulitnya memang sudah dikenal akan kandungan nutrisi yang tinggi. Tren memakan kulit buah manggis ini baru mulai marak sejak beberapa tahun yang lalu.

Kulit manggis yang tidak bisa langsung dimakan begitu saja membuatnya lebih banyak dijual dalam bentuk pil atau kapsul. Kulit buah ini sendiri mengandung senyawa xanthone yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari vitamin C dan E. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan buah manggis sudah brilio.net lansir dari berbagai sumber, Rabu (20/2).

1. Mencegah penyakit Alzheimer.

manfaat manggis buah instagram

foto: getmedurgentcare

Salah satu manfaat utama dari buah manggis untuk kesehatan adalah efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Salah satu penelitian dari Universitas Borodubur mengatakan kalau manggis mengandung Xanthone, yang tidak dimiliki oleh buah lainnya.

2. Mengontrol diabetes.

manfaat manggis buah instagram

foto: medicalxpress

Dr. Donal O 'Mathuna, dari Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat pernah membuat buku mengenai pengobatan alternatif. Di bukunya tersebut dirinya pernah menulis tentang penggunaan manggis untuk menyembuhkan diabetes. Secara efektif manggis mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

3. Menurunkan berat badan.

manfaat manggis buah instagram

foto: health.harvard.edu

Memasukkan manggis dalam menu diet efektif dalam penurunan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis ini juga bisa memastikan kesehatan secara baik. Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak. Xanthone yang termasuk dalam kulit manggis membantu menurunkan berat badan.

4. Mencegah diare.

manfaat manggis buah instagram

foto: draxe

Buah dan kulit manggis efektif dalam memberikan bantuan dari gangguan lambung seperti diare dan disentri. Manggis bisa kamu jadikan sebagai obat tradisional. Caranya rendam kulit buah dalam air semalaman. Ramuan ini diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami diare kronis. Sementara bubuk kering dari kulit manggis digunakan dalam pengobatan disentri

5. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

manfaat manggis buah instagram

foto: express.co.uk

Fakta kalau memakan daging manggis dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun untuk bagian kulit manggis apakah mampu menurunkan tekanan darah, masih dalam proses penelitian.

6. Meringankan penyakit asma.

manfaat manggis buah instagram

foto: thehealthsite

Sebuah penelitian menyebutkan kalau buah manggis dapat membantu meringankan penyakit asma. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu harus mengonsumsi buah manggis secara banyak. Selain itu juga alangkah lebih baiknya kalau makan buah manggis sekaligus didampingi oleh resep dari dokter.

7. Mengandung antioksidan.

manfaat manggis buah instagram

foto: Instagram/@medyawijayati

Manggis memang bukan buah yang mengandung antioksidan paling tinggi. Namun manggis memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Manggis juga mengandung folifenol, sehingga mampu menangkal berbagai radiasi bebas. Folifenol yang dimiliki manggis juga mampu membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

8. Sebagai anti aging.

manfaat manggis buah instagram

foto: stylecraze

Anti aging adalah proses mencegah penuaan pada wajah. Kandungan Xanthone yang dimiliki buah manggis mampu sebagai anti aging. Dengan mengonsumsi manggis selama 30 hari berturut-turut, membuat wajah terlihat lebih muda. Xanthone berfungsi sebagai anti aging yang dapat menghalangi teroksidasinya vitamin dan asam lemak tak jenuh ganda oleh radikal bebas.

9. Mengobati masalah menstruasi.

manfaat manggis buah instagram

foto: ayushology

Rebusan yang terbuat dari akar manggis dapat membantu dalam mengatur siklus menstruasi bagi wanita. Ini juga memudahkan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi seperti tidak enak badan. Selain itu manggis juga mampu membantu melancarkan pencernaan.

10. Mampu mencegah asam urat.

manfaat manggis buah instagram

foto: patch

Nutrisi yang dikandung buah manggis dapat membantu mencegah asam urat. Namun meskipun mampu mencegah penyakit asam urat, bagi seseorang juga diwajibkan untuk menjaga pola makan secara baik.




RECOMMENDED

(brl/guf)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Manfaat buah manggis untuk kesehatan, mencegah alzheimer.
Buah manggis dikenal sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara Asia.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan-mencegah-alzheimer-190219t.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP