Brilio
Discover the best food

10 Makanan yang tidak boleh dicampur, berbahaya untuk tubuh

Kesehatan

10 Makanan yang tidak boleh dicampur, berbahaya untuk tubuh

Banyak orang yang belum tahu.

Home » Kesehatan

21 Februari 2019 06:01, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Makan merupakan kebutuhan wajib setiap orang, bahkan pilihan menu makanan yang bisa disantap sangat beragam, apalagi menu makanan yang ada di Indonesia. Banyak sekali menu makanan yang terkenal lezat asli dari Indonesia. Saking banyaknya terkadang kamu sampai bingung untuk memilih menu apa yang akan kamu makan.  

Ketika orang mulai ingin memilih menu makanan yang ingin dimakan, tak jarang dari mereka yang biasanya lebih mementingkan rasa terlebih dahulu, baru melihat manfaat nutrisinya. Pasalnya mengatur pola makanan itu juga sangat penting demi kesehatan badan. Tidak hanya enak, melainkan juga sehat.

Makanan terbaik adalah kombinasi dari rasa dan tekstur yang berbeda. Terkadang kamu bisa mencampurkan makanan satu dengan yang lainnya. Namun tidak semua kombinasi makanan bisa membuat badan sehat.

Memakan menu makanan yang dicampur kadang justru menjadi bahaya untuk tubuh. Menurut lansiran brilio.net dari littlethings pada Rabu (20/2), Ayurvedic Institute pernah melakukan penelitian kalau menggabungkan bahan-bahan yang salah, bisa menimbulkan racun untuk tubuh. Hal itu bisa menyebabkan gas, gangguan pencernaan, bahkan bisa jadi penyakit.

seringkali kamu yang tidak tahu, justru menggabungkan menu-menu makanan yang salah. Sehingga bisa mengganggu pencernaan kamu, bahkan bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Nah, makanan apa saja yang tidak boleh dicampurkan karena berbahaya untuk tubuh? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (21/2).

1. Teh dan Susu.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Menuangkan susu pada teh menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Namun bbc pernah menjelaskan kalau teh bisa baik untuk tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Namun protein dalam susu yang disebut kasein memblokir efek di tubuhmu ketika dicerna bersama.

2. Daging dan telur.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Campuran daging dan telur menjadi menu andalan di banyak tempat. Namun ternyata menggabungkan kedua makanan ini ternyata berbahaya. Sebab dua makanan ini mengandung protein yang sangat tinggi.

3. Roti dan keju.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Memanggang roti paling enak kalau dikasih campuran keju. Namun campuran dua makanan lezat ini ternyata mampu memberikan resiko pada tubuh, Sebab protein dan pati dicerna secara berbeda di dalam tubuhmu. Salah satu pakar kebersihan, Dr. Herbert Shelton pernah mengatakan kalau makanan tepung yang tidak dicerna akan mengalami fermentasi dan dapat menyebabkan keracunan makanan dalam kasus-kasus ekstrem.

4. Yogurt dan buah.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Menggabungkan susu itu sebenarnya rumit, kerena tubuh mencerna produk susu dengan kecepatan yang berbeda dari kebanyakan makanan lainnya. Asam yang terkandung dalam buah akan mengganggu pencernaan susu. Seperti susu yang sudah dibuat menjadi yogurt memang enak, tetapi alangkah baiknya kamu memakannya secara terpisah.

5. Tomat dan Timun.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Seringkali ketika membuat salad sayur, orang cenderung mencampurkan tomat dan timun. Banyak orang yang mungkin tidak percaya kalau mencampurkan tomat dan timun itu tidak baik untuk kesehatan. Tomat adalah sumber vitamin C, namun timun mengandung enzim penyerapan vitamin C, sehingga membuat saluran pencernaanmu akan sedikit bermasalah.

6. Pisang dan susu.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Pisang yang dicampur dengan susu memang sangat lezat. Tetapi banyak ahli gizi yang berpikir sebaliknya. Institut Ayurvedic menempatkan kombinasi pisang dan susu sebagai salah satu yang paling tidak baik, karena kedua makanan ini memiliki pola pemanasan dan pendinginan yang berlawanan. Pakar ahli juga mengatakan kalau kombinasi dua menu ini dapat mengganggu flora usus, menghalangi saluran tubuh, dan memicu alergi.

7. Minum air atau jus bersama dengan makanan.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: Ilustrasi Instagram/@bieyhaaa

Apabila kamu sedang makan, dianjurkan jangan sembari minum. Minum air atau jus dengan makanan adalah salah satu kombinasi makanan paling beracun. Air mencairkan asam lambung dan mengurangi efektivitas dalam mencerna protein, karbohidrat, dan juga lemak. Dianjurkan minumlah air 10 menit sebelum makan.

8. Sereal dengan susu dan jus jeruk.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Susu mengandung kafein dan jus jeruk mengandung asam. Bersama, mereka mengolah susu dan juga enzym yang ada hingga menyerupai sereal yang lengket. Sehingga dianjurkan untuk meminum jus buah setidaknya satu jam sebelum atau seletah makan sereal.

9. Kacang dan keju.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Campuran dua makanan ini sangat lazim pada menu masakan Meksiko. Keju dicampur dengan kacang dapat menghasilkan gas sehingga membuat perut gembung. Jadi cobalah untuk memisahkan keju dari kacang, khususnya untuk kamu yang memiliki sistem pencernaan lemah.

10. Tomat dan pasta.

makanan tidak boleh dicampur pixabay

foto: pixabay

Membuat pasta biasanya akan disajikan dengan campuran tomat, saus keju dan daging. Ternyata campuran itu dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan. Tomat memiliki asam yang mampu melemahkan enzim dalam pasta. Sehingga membuat makanan ini sangat sulit dicerna.


RECOMMENDED

(brl/guf)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    50%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Makanan yang tidak boleh dicampur, berbahaya untuk tubuh.
Banyak orang yang belum tahu.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-makanan-yang-tidak-boleh-dicampur-berbahaya-untuk-tubuh-190220v.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP