Brilio.net -

Nasi telah menjadi makanan pokok bagi banyak masyarakat di Indonesia. Sampai-sampai banyak orang beranggapan kalau tidak makan nasi, itu artinya belum makan. Nasi memang sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan masyarakat.

Nasi memang memiliki berbagai manfaat yang baik, misalnya seperti karbohidrat yang dapat menambah energi pada tubuh. Namun, nasi juga bisa berdampak buruk terhadap tubuh. Misalnya, bisa meningkatkan berat badan dan kadar gula darah yang memicu risiko diabetes.

Di samping itu, nasi juga sebaiknya tidak dimakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan sembelit. Karbohidrat pada nasi mengandung amilum yang sulit untuk larut. Sehingga saat makan nasi perlu didampingi sayuran dan air putih yang cukup untuk melancarkan sistem pencernaan.

Loading...

Kandungan nutrisinya juga relatif rendah dan tidak memiliki dampak yang berarti bagi tubuh. Maka dari itu, mengganti nasi dengan alternatif bahan makanan lainnya bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Kamis (15/4), bahan makanan pengganti nasi buat sahur yang sehat dan mengenyangkan.

1. Kentang.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kentang dapat menjadi alternatif makanan untuk menggantikan nasi sebagai santapan sahurmu. Buat kamu yang memang sedang berdiet dan mencari pengganti nasi, kentang adalah pilihan bagus. Pasalnya, umbi yang satu ini hampir tidak mengandung lemak.

Selain itu, kentang juga memiliki banyak sekali nutrisi baik untuk kesehatan. Kandungan potasium, asam klorogenat, dan kukoamines dapat menurunkan tekanan darah. Dilansir dari healthline.com, kentang juga relatif mengenyangkan, sehingga cocok menjadi salah satu opsi menu sahur.

2. Ubi jalar.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sama halnya seperti kentang, ubi jalar pun termasuk makanan yang relatif mengenyangkan, sehingga dapat menggantikan nasi. Ubi jalar lebih sehat daripada kentang karena mengandung kalori lebih sedikit, serta tidak memiliki kandungan lemak sama sekali.

Ubi jalar dapat disantap saat sahur untuk menggantikan sumber karbohidrat pada nasi. Agar tetap sehat, kamu dapat mengonsumsi ubi jalar yang dikukus atau direbus, terutama untuk kamu yang sedang berdiet.

3. Jagung.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mengandung vitamin B1, B3, B5, dan B9 atau folat, mengonsumsi jagung sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jagung juga sangat kaya kandungan serat, sehingga dapat membuat perut kenyang. Kamu tidak harus selalu mengonsumsi jagung segar yang kemudian dimasak.

Sebab, ada beras yang terbuat dari jagung, jadi efektif banget buat dijadikan makanan pengganti nasi, terutama bagi yang diet. Untuk menu sahurmu, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi jagung karena rasa gurihnya cocok banget dimakan dengan lauk kesukaanmu.

4. Singkong.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: Instagram/@tapizon.restaurant

Singkong memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan kentang, sehingga singkong pun cocok dijadikan alternatif untuk menggantikan peran nasi. Singkong dapat menambah energi pada tubuh, sehingga akan mencegah lemas saat berpuasa.

Mengganti nasi dengan singkong untuk menu sahurmu dapat dilakukan dengan cara dikukus atau dipanggang. Namun, perlu diperhatikan untuk mengupas dan membersihkan kulit singkong terlebih dahulu sebelum diolah, karena umbi yang satu ini memiliki zat kimia glikosida sianogen yang berbahaya bagi tubuh.

5. Oatmeal.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Oatmeal adalah makanan yang tinggi akan kandungan serat. Sehingga setelah memakannya, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu oatmeal dapat dijadikan salah satu pilihan untuk menggantikan nasi saat sahur. Oatmeal dapat dihidangkan dengan berbagai bahan makanan lainnya agar tidak membosankan.

Kamu bisa memilih buah-buahan segar seperti stroberi, anggur, kiwi, dan lain-lain sebagai pendamping oatmeal. Oatmeal juga sangat baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol pada darah dan mengontrol kadar gula darah.

6. Beras merah.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Beras merah sudah menjadi bahan makanan yang terkenal untuk menggantikan nasi putih sebagai santapan. Seseorang yang sedang berdiet seringkali lebih memilih memakan nasi dari beras merah. Untuk sahur pun, cukup mengonsumsi beras merah bersama lauk pauk favorit, makan tetap terasa nikmat.

Terlebih lagi, beras merah memiliki banyak kandungan serat yang tinggi, vitamin B6, zinc, zat besi, dan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan. Beras yang satu ini juga bisa membantu mengontrol gula darah, lho.

7. Shirataki.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bahan makanan satu ini sedang tren di kalangan orang-orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, karena shirataki hampir tidak memiliki kalori dan karbohidrat. Shirataki terbuat dari umbi-umbian dan sayuran yang ada di hutan.

Tentang rasanya, shirataki memiliki rasa yang sama dengan nasi pada umumnya. Bedanya hanya di bagian warna yang sedikit transparan. Kamu dapat menjadikan shirataki sebagai pengganti nasi untuk menu sahurmu.

8. Quinoa.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sama seperti shirataki, quinoa atau chenopodium quinoa juga sedang ngetren di kalangan orang-orang yang sedang berdiet. Makanan ini merupakan benih atau biji-bijian yang dihasilkan dari tanaman berbunga yang masih satu jenis dengan tanaman bayam. Quinoa termasuk biji-bijian yang memiliki kandungan serat sangat tinggi.

Selain itu, quinoa juga dilengkapi dengan protein, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Maka dari itu, quinoa sangat efektif jika dijadikan sebagai menu pengganti nasi untuk sahur.

9. Kacang arab atau chickpea.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kacang ini identik dengan makanan oleh-oleh saat seseorang pergi berhaji. Namun, tahukah kamu ternyata kacang satu ini mengandung protein yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang? Sehingga, bisa jadi salah satu pilihan untuk menggantikan nasi sebagai menu sahurmu.

Kacang ini juga memiliki kandungan serat tinggi, vitamin B6 dan C, folat, mangan, dan magnesium. Kacang ini sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, rasa gurihnya membuat kacang ini cocok diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sup dan tumisan.

10. Kubis.

Bahan makanan pengganti nasi buat sahur © berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang dilansir dari healthline.com, kubis dapat dijadikan alternatif pengganti nasi dengan cara mencincang atau menghaluskannya dengan chopper, kemudian dimasak sampai matang sebagai makanan saat sahur.

Sayur satu ini memiliki kalori dan karbohidrat rendah, juga nutrisi yang baik seperti vitamin C dan K. Selain itu, kubis dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

RECOMMENDED