Brilio
Discover the best food

10 Makanan & minuman pencegah kanker otak, penyakit Agung Hercules

Kesehatan

10 Makanan & minuman pencegah kanker otak, penyakit Agung Hercules

Sekilas sepele tapi ternyata khasiatnya sangat dahsyat untuk ketahanan tubuh

Home » Kesehatan

17 Juni 2019 16:26, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Kesehatan mahal harganya, itulah salah satu ungkapan yang benar adanya. Maka dari itu mencegah dan memerangi penyakit harus selalu kita lakukan. Ada begitu banyak penyakit mematikan yang bisa menyerang tubuh, satu penyakit yang paling ditakuti adalah kanker.

Kanker dapat menyerang semua bagian tubuh manusia, mulai dari mata, hidung, payudara, paru-paru, kulit, hingga otak. Kanker dapat terjadi karena faktor tumor yang sudah tumbuh parah di dalam tubuh. Apabila tumor sudah menjadi ganas, maka bisa berubah menjadi kanker.

Beberapa waktu ini dunia hiburan tengah mendapat kabar mengejutkan mengenai kesehatan Agung Hercules. Pria yang memiliki nama asli Agung Santoso ini diketahui mengidap Glioblastoma, tumor otak ganas atau kanker otak. Dilansir dari livestrong, kanker otak adalah suatu kondisi di mana tumor ganas berkembang di dalam otak.

Tumor dapat berasal dari otak atau perjalanan ke otak dari bagian lain dari tubuh. Tumor otak ganas mengandung sel kanker. Sebagian besar menyerang jaringan di sekitarnya dan tumbuh dengan cepat. Meski kita tak pernah tahu penyebab pastinya penyakit ini akan datang, namun kebiasaan mengonsumsi makan dan minum sehat bisa menjadi satu cara pencegahan.

Ada beberapa makanan yang mengandung banyak sumber dan zat yang bisa melawan tumbuh kembangnya tumor otak. Makanan dan minuman itu juga diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada jaringan tubuh lain yang bisa menyebar ke bagian otak.

Berikut 10 makanan dan minuman yang dipercaya bisa cegah kanker otak, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (17/6).


1. Brokoli.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang telah terbukti menyebabkan kematian sel tumor dan mengurangi ukuran tumor. Asupan lebih tinggi dari sayuran silangan ini juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker menjadi yang lebih rendah.


2. Tomat.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Tomat dikenal dapat mencegah sel kanker dengan baik. Tomat mengandung senyawa likopen sebagai zat antiinflamasi antioksidan dan mencegah pertumbuhan kanker.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dimasak menjadi campuran masakan dan dibuat jus sebagai minuman.


3. Bayam.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Bayam mengandung manfaat baik bagi tubuh sama dengan brokoli. Bayam merupakan satu sayuran yang dapat melemahkan sel kanker dalam tubuh hingga membunuhnya.

Cara mengonsumsi sayuran yang satu ini beragam. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu makanan sayur bening atau juga bisa dimakan langsung sebagai salad.


4. Apel.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Apel menjadi buah yang kaya akan vitamin dan baik dikonsumsi untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang akan masuk. Cara mengonsumsi apel disarankan secara langsung, tanpa proses olahan.


5. Jeruk.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Jeruk mengandung vitamin C tinggi dan sangat baik untuk melindungi otak dari pertumbuhan sel kanker. Jeruk yang mengandung zat antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Konsumsi jeruk ini disarankan secara langsung atau berbentuk buah alami bukan olahan.


6. Salmon.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Salmon mengandung lemak Omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari healthline, salmon sudah terbukti dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker, termasuk kanker otak. Lemak sehat yang ada di dalam salmon mampu mengurangi peradangan.


7. Nanas.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Tak ada yang menyangka, nanas dapat mencegah kanker otak dengan baik. Nanas mengandung zat antikarsinogenik yang dapat melawan sel kanker berkembang biak.

Zat ini juga dapat melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas juga merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker.  


8. Kacang-kacangan.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Kacang-kacangan sangat baik bagi pencegahan kanker otak. Kacang mengandung serat tinggi dan asam lemak yang berperan untuk melindungi otak dari kanker.

Konsumsi jenis kacang seperti kacang putih, hijau, merah, atau kecang jenis lainnya. Kacang juga dapat mencegah penyebaran sel kanker ke jaringan tubuh lain.


9. Teh hijau.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Teh hijau merupakan minuman yang tak hanya dikenal lezat, namun juga mengandung banyak manfaat lain untuk tubuh. Teh hijau dapat menjaga kesehatan otak dari serangan ganasnya sel kanker. Teh hijau juga dipercaya dapat mencerdaskan fungsi otak menjadi lebih baik.


10. Kunyit.

makanan kanker otak unsplash

foto: pixabay


Kunyit merupakan rempah-rempah tradisional yang mengandung antioksidan tinggi. Cara mengonsumsi kunyit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Kamu bisa mencampurkannya menjadi bumbu masakan atau mengolahnya jadi minuman. Kunyit mengandung senyawa yang bisa mencegah proses peradangan yang sering memicu sel kanker dalam otak tumbuh.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Makanan & minuman pencegah kanker otak, penyakit Agung Hercules.
Sekilas sepele tapi ternyata khasiatnya sangat dahsyat untuk ketahanan tubuh
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-makanan-minuman-pencegah-kanker-otak-penyakit-agung-hercules-190617v.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP