Brilio.net - Sebutan kandungan omega-6 pasti sering kamu dengar. Mulai dari informasi makanan, iklan suplemen, sampai dengan informasi mengenai proses diet. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak manfaat omega-6 untuk tubuh. Namun juga perlu diingat, dalam mengonsumsi segala jenis makanan pun juga tidak perlu secara berlebihan, termasuk juga untuk omega-6.

Kandungan omega-6 diperlukan dalam tubuh wanita dan juga lelaki. Dilansir dari healthline.com, Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa wanita dan pria berusia 19-50 masing-masing membutuhkan sekitar 12 gram dan 17 gram asam lemak omega-6 per hari. Asam lemak omega-6 biasanya bisa ditemukan pada jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

Tapi apa saja sih, detail makanan yang mengandung asam lemak omega-6? Nah, dilansir brilio.net dari dari healthline.com pada Rabu (16/12), berikut 10 makanan kaya omega-6. Salah satunya ampuh bantu proses diet sehat.

1. Biji kenari.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Biji kenari juga dikenal orang dengan sebutan walnuts. Makanan ini merupakan jenis kacang yang memiliki nutrisi penting seperti serat dan mineral, termasuk mangan, tembaga, fosfor, dan magnesium.

Selain sehat, kacang kenari juga mudah untuk dinikmati. Kamu bisa mengonsumsi secara langsung maupun disajikan bersama bahan makanan lain. Untuk mendapatkan gizi yang lebih banyak, kamu bisa menambahkan walnuts pada salad, yogurt, atau oatmeal.

Loading...

2. Tahu.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Siapa sih, yang nggak kenal tahu? Makanan yang satu ini rasanya jadi andalan masyarakat Indonesia untuk segala suasana. Mau sekadar dijadikan camilan ataupun lauk pauk, selalu bikin ketagihan.

Dengan harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan, tahu menyimpan kandungan banyak nutrisi penting seperti protein, zat besi, kalsium, dan mangan.

Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengganti sajian dagingmu dengan tahu. Selain itu kamu juga bisa mengolahnya dalam berbagai jenis makanan yang akan menjadikan santapanmu semakin menggugah selera.

3. Biji rami.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Nggak kalah dari biji kenari, biji rami pun juga menyimpan kandungan omega-6. Biji rami salah satu jenis biji-bijian yang terkenal dengan kandungan sehatnya.

Biji rami merupakan sumber protein, vitamin E, fosfor, dan kalium. Kandungan di dalamnya mengandung lemak yang menyehatkan jantung juga lho. Nah, tentu saja sajian makanan dengan biji rami bisa dijadikan alternatif makanan sehat sehari-harimu. Caranya, kamu bisa menambahkan biji rami pada smoothie, sereal, salad, dan yogurt untuk menambah nutrisi.

4. Biji bunga matahari.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Untuk jenis biji yang satu ini pasti kamu sudah kenal. Biji bunga matahari termasuk mudah untuk ditemukan di pasar ataupun mini market.

Biji berkhasiat ini dipanen dari bagian kepala tanaman bunga matahari. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral penting. Termasuk juga ada vitamin E dan selenium, yang bertindak sebagai antioksidan.

Manfaat kandungan ini dapat melindungi dari kerusakan sel, peradangan, dan penyakit kronis. Rasa biji bunga matahari yang renyah akan membuatmu ketagihan untuk mencobanya. Nah, kreasikan biji bunga matahari dengan granola bar untuk menjadi semangkuk menu yang lezat.

5. Selai kacang.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Biasanya, kamu memanfaatkan selai kacang dengan cara apa sih? Mungkin sajian roti dengan olesan selai kacang jadi salah satu yang populer ya. Karena selain enak, cara ini praktis banget untuk dinikmati.

Selai kacang kaya akan lemak dan protein yang sehat. Selain itu juga sarat dengan nutrisi utama seperti niasin, mangan, dan vitamin E. Selain menyajikan dengan roti, kamu juga bisa menambahkan selai kacang pada sayuran ataupun smoothies.

6. Minyak alpukat.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Nggak hanya buah alpukat yang bermanfaat untuk tubuh, minyak yang dihasilkan juga akan membuatmu semakin sehat. Minyak alpukat adalah minyak goreng yang dihasilkan dari daging buah alpukat.

Selain tinggi antioksidan, ditemukan bahwa minyak alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Menariknya, minyak alpukat tahan terhadap suhu tinggi. Sehingga kamu bisa mengolahnya menjadi sajian sehat dengan proses panas yang tinggi, seperti ditumis, digoreng, ataupun dipanggang.

7. Telur.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Sama seperti tahu, telur juga pas diberikan gelar sebagai makanan sejuta umat. Nggak perlu diragukan lagi deh untuk kandungan gizinya. Karena telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, selenium, dan riboflavin.

Dengan kandungan ini menjadikan telur sebagai menu diet yang sehat untukmu. Makanan yang mengandung omega-6 ini bisa disajikan dengan mudah baik diolah dengan rebus, dijadikan orak-arik, atau sebagai campuran pada salad dan juga sandwich.

8. Almonds.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Jenis kacang-kacangan lain yang mengandung omega-6 adalah almond. Almond dikenal sebagai sumber protein dan serat yang hebat, bersama dengan vitamin E, mangan, dan magnesium.

Untuk menikmati almond kamu juga nggak perlu repot dalam mengolahnya. Meskipun tetap enak dinikmati secara langsung, tapi kamu wajib juga nih, cobain almond dengan cara dipanggang ataupun dijadikan sebagai mentega almond.

9. Kacang mete.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Nggak kalah eksis dari kacang almond, kali ini ada mete yang memiliki kandungan omega-6. Untuk orang Indonesia, kacang mete kerap dijadikan sebagai camilan atau jamuan dalam acara-acara penting.

Karena rasanya yang gurih dan lezat, juga banyak orang yang sengaja menyimpan mete di rumah untuk camilan sehari-hari. Di dalam kacang mete terdapat kandungan mikronutrien, termasuk tembaga, magnesium, dan fosfor.

Kamu bisa mengolah mete menjadi krim kacang mete dengan merendamnya semalaman dan menghaluskannya dalam food processor. Kemudian sajikan sebagai pelengkap salad atau sup agar semakin nikmat.

10. Minyak safflower.

Makanan kaya omega-6 © freepik.com

foto: freepik.com



Selanjutnya kamu juga bisa mendapatkan kandungan omega-6 dari minyak safflower. Safflower atau kesumba adalah tumbuh-tumbuhan yang berasal dari Mediterania, yaitu Mesir.

Tumbuhan ini dahulu juga berkhasiat seperti tarum, yang dibudidayakan untuk diambil getah birunya. Kamu harus tahu, minyak safflower memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yaitu sejenis asam lemak yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan rasa yang netral, cocok banget dijadikan sebagai bahan tumisan, campuran salad, ataupun saus dalam bumbu panggang.





RECOMMENDED