Brilio.net - Di masa pandemi Covid-19, selain anjuran berolahraga untuk menjaga imunitas tubuh, mengonsumsi makanan bergizi juga sangat penting loh. Nah dari sekian banyak makanan bernutrisi tinggi, ikan teri layak dipertimbangkan.

Meski bertubuh mungil, ikan yang biasa ditemukan di Samudera Hindia dan Pasifik ini merupakan sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang baik. Ikan kecil yang hidupnya berkoloni ini merupakan sumber makanan vital bagi makhluk laut dan manusia.

Tak heran jika ikan ini kerap digunakan untuk berbagai sajian kuliner. Karena kandungan gizi yang begitu besar, rasanya tak salah jika ikan teri dimasukan dalam rencana nutrisi harian kamu, khususnya di masa new normal ini.

Nah seperti apa khasiat ikan teri yang mungil tetapi kaya nutrisi ini? Berikut 11 manfaat ikan teri yang berhasil dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber.

Loading...

1. Kesehatan jantung

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.nethealthbenefitstimes.com

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh ganda dalam jumlah besar, yang membantu mengurangi keberadaan kolesterol jahat (kolesterol LDL) yang menumpuk di arteri dan meningkatkan kemungkinan arterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam jumlah besar pada ikan teri.

2. Perbaikan jaringan dan sel

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.net facty.com

Ikan teri mengandung protein dalam jumlah yang cukup banyak. Karena itu ikan ini telah lama dikenal bermanfaat bagi metabolisme sel serta perbaikan dan pertumbuhan kembali jaringan ikat. Memasukkan ikan teri ke dalam makanan dapat menjadi pendorong utama bagi kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

3. Kesehatan kulit

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netfoodofy.com

Ikan teri adalah sumber yang bagus untuk asam lemak esensial. Ikan ini juga mengandung vitamin-E dan mineral seperti selenium. Semua nutrisi ini telah terbukti mendorong kesehatan kulit.

Artinya, dengan mengonsumsi ikan teri secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap halus, mencegah munculnya jerawat, dan bahkan mengurangi kemungkinan munculnya kerutan yang terkait dengan penuaan dini. Vitamin E juga dapat membantu melindungi dari sengatan matahari, sehingga membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit.

4. Kesehatan tulang

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netfoodofy.com

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ikan teri menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah risiko osteoporosis dan kondisi tulang lainnya. Kalsium dan vitamin A yang terdapat pada ikan teri berpengaruh pada pertumbuhan tulang, yang membuat ikan-ikan mungil ini cukup bermanfaat melawan degradasi tulang. Kalsium juga merupakan bagian integral untuk melindungi gigi dari kerusakan, menjaganya tetap kuat dan sehat hingga usia tua.

5. Mencegah toksisitas

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netmatthewsavocaecology.weebly.com

Salah satu bahaya utama mengonsumsi terlalu banyak ikan adalah tingkat merkuri yang tinggi dan racun lingkungan lain yang seringkali ditemukan di dalam tubuh ikan. Karena itu ikan yang lebih kecil memiliki racun yang jauh lebih sedikit, terutama karena masa hidupnya yang pendek.

6. Kesehatan mata

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netmedicalnewstoday.com

Ikan teri juga kaya vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Kadar vitamin A yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan tampilan kerusakan mata dan degenerasi makula, serta katarak, jadi konsumsilah ikan teri untuk melindungi mata kamu.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netinstitutemag.com

Ikan teri juga mengandung banyak protein dan kalori yang rendah. Hal ini membuat ikan teri ideal untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Peningkatan kadar protein sering kali menghasilkan rasa kenyang, yang mencegah makan berlebihan, dan memberi banyak nutrisi dan manfaat kesehatan, tanpa menambah kalori ekstra.

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.nettheconversation.com

Ikan teri mengandung kalium tinggi yang dibutuhkan untuk fungsi otot dan pencernaan yang tepat, serta kontraksi otot rangka.

9. Kesehatan anak

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netseafoodnutrition.org

Ikan teri juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi yang berusia sekitar 6 bulan yang sudah dapat mengonsumsi makanan padat. Tentu saja ikan teri yang dapat diberikan pada bayi haruslah ikan segar ya bukan yang difermentasi atau diasinkan.

Dalam takaran tertentu, ikan teri bisa menjadi sumber makanan pertama yang menyehatkan untuk pertumbuhan bayi karena mengandung kalsium, folat, magnesium, niasin, selenium, dan vitamin A, asam lemak omega-3, terutama DHA. Ini adalah lemak sehat yang membentuk sebagian besar otak bayi dan sangat penting untuk perkembangan visual dan kognitif. Ikan teri juga termasuk ikan yang paling rendah merkuri.

10. Ikan teri kekinian untuk kebutuhan gizi keluarga

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.netCrystal of the Sea

Saat ini untuk memberikan ikan teri kepada bayi dan anak ada cara kekinian. Sebab, kini ada ikan teri dalam bentuk bubuk, Crystal of the Sea yang mengandung berbagai gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, menambah selera makan, dan memenuhi kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga agar tubuh senantiasa sehat.

Dengan shelf-life (masa simpan) yang panjang sampai 2 tahun, bubuk teri ini adalah salah satu sumber gizi yang ideal, praktis, dan aman bagi seluruh anggota keluarga karena 100 persen dibuat dari ikan teri

“Pada masa new normal ini, kualitas dan keamanan makanan sangatlah penting untuk menjaga dan bahkan meningkatkan kesehatan seluruh anggota keluarga,” ujar Kenji Kusuma, General Manager Crystal of the Sea.

Manfaat ikan teri © 2020 brilio.net

Produk PT Urchindize Indonesia ini memakai bahan baku dari perairan Indonesia, diproduksi oleh orang Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Produk ini juga bubuk ikan pertama yang mendapat sertifikasi Badan POM.

Produk ini dijamin bebas bahan pengawet, seperti formalin, maupun pemutih, sehingga mengeliminasi kekhawatiran dan keraguan konsumen akan keamanan produk ikan teri.

“Crystal of the Sea diciptakan untuk keluarga yang membutuhkan produk makanan yang praktis, sehat, dan berkualitas tinggi, serta dipastikan bebas bahan pengawet dan impurities,” lanjut Kenji.

Karena itu produk ini sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Penyajiannya sangat mudah, bubuk teri ini bisa langsung ditambahkan ke dalam masakan sebagai perasa alami, atau ditaburkan di makanan yang siap disantap, untuk mendapatkan manfaatnya.

RECOMMENDED