Brilio.net - Masa kehamilan menjadi momen yang berharga bagi seorang ibu. Merawat dan menjaga si kecil di dalam kandungan, akan dilakukan ibu sepenuh hati. Segala keperluan yang menunjang kesehatan diberikan demi keselamatan calon bayi.


Meski terkadang ada banyak lika-liku yang dilewati, namun semua akan dilakukan ibu untuk buah hatinya. Termasuk juga untuk urusan makanan lho. Terkadang ibu hamil harus melawan rasa malas dan seleranya untuk mengonsumsi beberapa makanan saat hamil. Yang nggak jarang, ibu hamil harus melewati rasa mual ketika menyantap beberapa makanan.


Salah satu menu makan yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah sayuran. Meskipun tampaknya sederhana, namun nggak semua ibu doyan untuk mengonsumsi sayur saat hamil. Namun perlu diketahui, ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi ibu yang mengandung lho.


Selain baik untuk janin, sayuran ini juga akan memberikan dampak baik untuk sang ibu. Nah ibu juga nggak perlu khawatir nih dalam urusan mengolahnya. Dengan sayuran yang mudah ditemukan ini, ibu bisa berkreasi membuat aneka jenis makanan lezat. Yuk simak ulasannya dalam brilio.net pada Rabu (18/11) dari berbagai sumber berikut.

Loading...


1. Bayam.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kan kalau bayam adalah sayuran yang kaya akan manfaat. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, bisa menikmati manfaat dari sayur ini. Termasuk juga untuk urusan ibu hamil.

Bayam mengandung zat besi yang memberikan tubuh ibu dorongan untuk memproduksi lebih banyak darah sehingga volume darah yang mengalir ke rahim dapat ditingkatkan. Selain itu, juga ada kandungan kalsium yang melimpah, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E.


2. Brokoli.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Mungkin nggak semua orang menyukai brokoli. Namun sayuran ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil lho. Si hijau ini mampu memberikan banyak dampak baik pada tubuh, nggak hanya untuk ibu namun juga si kecil. Kandungan nutrisi seperti zat besi, asam folat, dan kalsium bisa ditemukan dalam brokoli.

Apalagi kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli, bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Sedangkan, asam folat pada brokoli bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung saraf.


3. Asparagus.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Apakah kamu pernah mengolah asparagus? Kalau belum, yuk wajib dicoba. Apalagi untuk ibu hamil yang kerap mengalami morning sickness, asparagus bisa menjadi salah satu solusinya. Selain itu asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya terutama di trimester awal kehamilan.


Kandungan folat yang mencukupi di momen ini, akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Di samping itu, folat juga berperan penting untuk melindungi buah hati dari cacat tabung saraf yang bisa dengan mudah mengakibatkan berbagai komplikasi di kemudian hari.


4. Okra.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Okra adalah jenis sayuran lain yang baik dikonsumsi ibu hamil. Okra memiliki tekstur yang lunak dan berlendir. Secara fisik, kamu bisa mengenali dengan ciri-ciri berbentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Okra baik untuk dikonsumsi ibu hamil lantaran mengandung asam folat yang dapat mencegah cacat lahir dan itu sangat baik untuk wanita yang menderita diabetes gestasional.


Selain itu, secara umum okra juga memiliki banyak manfaat dalam tubuh lho. Mulai dari mencegah anemia, menjaga kesehatan ginjal, melindungi hati dan jantung, mengurangi asma, hingga memiliki sifat antikanker.


5. Kale.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Kale juga nggak kalah kaya manfaat nih. Dalam satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, hingga magnesium. Sayuran ini memiliki ciri daun berwarna hijau atau ungu kebiruan.

Meskipun tidak sepopuler sayur lainnya, namun kale sering disebut sebagai sayuran super sehat lho. Selain baik untuk kesehatan ibu hamil, manfaat kale lainnya dapat menjaga kesehatan mata, menyehatkan jantung, tulang, hingga mencegah kanker lho.


6. Bayam merah.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Bayam merah juga masuk dalam jajaran sayuran yang baik untuk masa kehamilan. Di dalam bayam merah, terdapat kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Selain itu yang menguntungkan untuk ibu hamil juga ada kandungan folat dan betain yang dapat membantu proses perkembangan serta pertumbuhan janin. Bayam merah yang dikonsumsi selama hamil dapat mengurangi risiko cacat saat dilahirkan bahkan kandungannya dapat membantu anak lebih pintar.


7. Tomat.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Tomat adalah jenis sayuran yang dapat mencukupi gizi selama hamil. Salah satu kandungan yang ditemukan dalam tomat adalah vitamin C. Bahkan dalam 100 gram tomat akan mengandung setidaknya 34 mg vitamin C.

Tomat juga mengandung 4,7 gram karbohidrat, 1,3 gram protein, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, 0,5 gram lemak, 0,6 mg zat besi dan 2.083 mcg karoten. Dengan adanya vitamin C ini akan membantu pembentukkan tulang, gigi dan gusi pada janin.


8. Buncis.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Buncis juga masuk dalam golongan sayuran yang mengandung asam folat. Dengan adanya kandungan ini, dapat menjaga kesehatan untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Selain asam folat, dalam buncis juga memiliki zat besi yang berguna mencegah ibu hamil mengalami anemia. Tak hanya itu saja, zat besi juga berguna untuk meningkatkan kesuburan.


9. Kangkung.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Kangkung memang paling nikmat jika diolah dengan cara tumis. Di balik rasanya yang lezat, kangkung juga mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Kandungan ini merupakan salah satu zat gizi yang berfungsi penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika mencukupi kebutuhan vitamin dari kangkung, maka manfaat kangkung untuk ibu hamil tidak akan mudah terserang beragam penyakit infeksi.


10. Wortel.

Sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Selain segar diolah menjadi sup, wortel juga cocok kamu nikmati sebagai jus. Apalagi untuk ibu hamil yang mengalami kesulitan tidur nih. Jus wortel dapat membantu ibu mendapatkan tidur berkualitas selama hamil.

Hal ini didapatkan dari adanya magnesium yang membuat ibu tidur lebih nyenyak. Di samping itu, wortel juga mengandung karotein, kalsium, zink, dan vitamin B, yang mempunyai peran penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin di kandungan.

RECOMMENDED