Brilio
Discover the best food

10 Anjuran kesehatan agar panjang umur, mudah dipraktikkan

Kesehatan

10 Anjuran kesehatan agar panjang umur, mudah dipraktikkan

Tips praktis agar hidup lebih panjang umur.

Home » Kesehatan

16 Februari 2019 21:03, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Memiliki umur panjang dan badan yang sehat rasanya sudah menjadi impian banyak orang. Terbukti dari seringnya orang mendoakan umur panjang dan kesehatan ketika seseorang mengalami pertambahan usia.

Menyaksikan tumbuh kembang anak atau orang terkasih kerap menjadi alasan utama seseorang ingin panjang umur. Begitu pun dengan alasan untuk berada di sisi orang tersayang serta keluarga untuk selama mungkin.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memiliki tubuh sehat dan umur panjang. Menjaga gaya hidup sehat juga asupan makanan yang dikonsumsi adalah cara yang paling sering dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Namun selain dua cara tersebut, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Apa sajakah itu? Nah, berikut 10 anjuran yang perlu dilakukan jika ingin panjang umur seperti dirangkum brilio.net dari cheatsheet, Sabtu (16/2).

1. Minum dua liter air putih setiap hari.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: allure.com


Banyak yang bilang jika air adalah sumber kehidupan. Begitu pun dengan tubuh manusia yang sangat bergantung pada air putih. Sayangnya, masih banyak yang lalai untuk minum air putih setiap hari. Tak heran jika para ahli kesehatan sering menganjurkan untuk minum dua liter atau delapan cups air putih setiap harinya. Pasalnya dehidrasi memiliki konsekuensi yang serius jika dibiarkan, terutama bagi orang dewasa dan lansia.

2. Terpapar sinar matahari.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: thefashionspot.com


Meski terlalu banyak terpapar sinar matahari kerap menjadi larangan karena bahayanya sinar UV, akan tetapi ternyata kurang terpapar sinar matahari juga tidak baik bagi tubuh. Hal ini karena sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Maka dari itu, habiskan waktu sekitar 10-15 menit di bawah sinar matahari tanpa tabir surya untuk mendapatkan manfaatnya tanpa merusak kulit.

3. Berpikir positif tentang pertambahan usia.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: Inc.com


Beberapa penelitian menyebutkan jika memiliki pikiran negatif tentang pertambahan usia dapat meningkatkan risiko terkena penyakit demensia dan sejumlah penyakit lain. Maka dari itu, jangan biarkan pikiran negatif menjadi tua terus menghantuimu. Fokuskan dirimu pada hal-hal positif saja.

4. Memiliki kehidupan sosial yang aktif.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: videoblocks.com


Seiring bertambahnya usia, memelihara kehidupan sosial dan aktif dalam pergaulan merupakan hal yang sangat penting jika ingin panjang umur. Pasalnya, jika kamu terlalu menutup diri dari keluarga dan teman dapat menyebabkan munculnya depresi dan bahkan kematian dini. Jangan ragu mengajak dan menerima ajakan teman untuk sekadar kumpul atau berbagi kabar.

5. Menghindari stres dan benar-benar menikmati kehidupan.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: articles.snowballsunderwear.com


Ketika kamu semakin bertambah tua, mungkin pikiran tentang kematian akan mulai menghantui. Terus menerus memikirkan kematian ternyata bisa jadi membuatmu benar-benar mati. Ya, stres berlebihan dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, nikmati hidupmu dengan sebaik mungkin dan coba ceritakan kekhawatiranmu pada teman untuk mendapat bantuan.

6. Tidur cukup yang berkualitas.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: unitec.ac.nz


Para ahli kesehatan merekomendasikan orang di atas 65 tahun harus mempunyai waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam. Ya, setiap orang dewas memang dainjurkan untuk memiliki waktu tidur tersebut jika tidak ingin menimbulkan risiko terkena penyakit yang berbahaya.

7. Mengurangi asupan gula.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: saga.co.uk


Tahukah kamu jika mengonsumsi terlalu banyak gula benar-benar dapat membunuhmu? Namun hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi gula dalam jumlah yang wajar. Mengonsumsi gula dalam jumlah melebihi batas setiap hari tidak baik untuk kesehatan jantung dan otakmu. Maka dari itu, kurangi asupan gula jika ingin panjang umur.

8. Perbanyak konsumsi ikan dan kacang-kacangan.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: lifeprovidr.com


Mereka yang mengikuti metode diet Mediterranean menunjukkan mempunyai hidup yang lebih panjang dan tidak banyak mengalami penyakit karena pertambahan usia seperti demensia. Hal ini rupanya karena metode diet Mediterranean lebih banyak mengharuskan pengikutnya untuk menyantap ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak baik.

9. Melakukan gerakan-gerakan kecil saat bekerja atau duduk.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: cathe.com


Terlalu banyak duduk atau duduk lebih dari dua jam ternyata dapat menimbulkan risiko terkena penyakit serius selain masalah berat badan. Kebiasaan ini tidak baik untuk jantung dan otot tubuh lainnya. Untuk itu, lakukan gerakan-gerakan kecil atau berjalan kaki selama 5 hingga 10 menit setiap satu jam.

10. Berolahraga minimal 150 menit atau 2,5 jam dalam seminggu.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa

foto: standard.co.uk


Untuk memiliki tubuh sehat ternyata kamu tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau berolahraga. The American Heart Association menganjurkan berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya. Kamu cukup menghabiskan waktu 30 menit dalam 5 hari untuk berolahraga demi mempunyai tubuh yang fit dan sehat.


RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Anjuran kesehatan agar panjang umur, mudah dipraktikkan.
Tips praktis agar hidup lebih panjang umur.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/10-anjuran-kesehatan-agar-panjang-umur-mudah-dipraktikkan-190216m.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP