Brilio.net - Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, China dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Berbagai manfaat yang ada dalam seledri perlu kamu ketahui. Seledri kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, senyawa ini diperkirakan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah lebih stabil.

Penasaran dengan manfaat seledri untuk apa saja? Berikut 15 manfaat seledri untuk kesehatan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/12).



1. Menurunkan berat badan.

Loading...

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: recetasparaadelgazar.com

Jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka seledri adalah pilihan tepat untuk menjalankan diet. Kamu bisa mengonsumsi seledri secara utuh, termasuk tangkainya yang memiliki kandungan 15 kalori di dalamnya. Tak hanya itu saja, kemampuannya menyediakan nutrisi penting dan membantu mengatur metabolisme lemak (lemak) bisa menjadi makanan pilihan saat kamu sedang ingin menurunkan berat badan.


2. Menjaga kesehatan mulut.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: moresmilesofbeverly.com


Jika kamu mengalami napas tak segar, mengonsumsi seledri adalah solusi terbaik. Pasalnya mulut sangat rentan terhadap bakteri yang menyebabkan napas menjadi bau karena sisa-sisa makanan yang terjebak di gusi dan gigi. Untuk mengatasinya kamu cukup mengunyah seledri dan napasmu bisa kembali segar. Seledri sangat mujarab untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel.

RECOMMENDED