Brilio.net - Kesehatan mahal harganya. Oleh karena itu mesti dijaga. Namun urusan ini sering diabaikan. Orang-orang mengonsumsi makanan sesuka-sukanya tanpa menakar pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuhnya. Tanda-tanda perubahan pada tubuh dirasakan namun seringkali diabaikan.

Nah beberapa perubahan kesehatan tubuh berikut ini bisa menjadi tanda kemungkinan datangnya kanker rahim. Penyakit yang menyerang wanita usia 16-65 tahun ini dikenal mampu mematikan secara diam-diam.

Kanker rahim dapat menyebar ke perut dan pinggul. Maka dari itu perlu deteksi dini agar bisa dicegah sebelum fatal. Berikut adalah beberapa tanda deteksi kanker rahim, seperti dihimpun dari IBtimes, Selasa (19/9).

1. Perut kembung

Loading...

Tanda Kanker Rahim  © 2017 medicaldaily.com

Jika kamu merasa kembung di perut padahal tidak akan mengalami siklus menstruasi atau tidak habis makan/minum, maka itu perlu perhatian karena bisa jadi merupakan tanda kanker ovarium.

Elizabeth Jewell dari Koalisi Kanker Ovarium Nasional menyatakan bahwa dalam sebuah penelitian tentang kanker rahim, hampir separuh pasien melaporkan sakit perut atau merasakan tidak nyaman dan kembung perut. Perut kembung ini bisa disertai rasa mual.

2. Penurunan berat badan

Tanda Kanker Rahim  © 2017 medicaldaily.com

Jika kamu kehilangan berat badan padahal tak sedang diet maupun olahraga, tanpa alasan sama sekali, itu bisa menjadi tanda kanker ovarium. Ini bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker stadium lanjut.

3. Urin urgensi

Sering buang air kecil dan terasa seperti terbakar saat air seni keluar bisa jadi merupakan gejala kanker ovarium. Orang sering mengabaikan dan beranggapan bahwa itu adalah infeksi saluran kemih ringan. Padahal, itu bisa jadi merupakan pertanda kanker ovarium.

Barbara M Buttin dari Northwestern Medicine Central DuPage Hospital Amerika Serikat mengatakan,"Jika tes diperintahkan dan tidak ada kondisi lain yang masuk akal, kanker ovarium harus dipertimbangkan sebagai suatu kemungkinan."

4. Gangguan pencernaan

Tanda Kanker Rahim  © 2017 medicaldaily.com

Wanita yang terkena kanker ovarium terkadang mengalami konstipasi atau diare. Sembelit karena keracunan akan sembuh dalam beberapa hari. Jika perubahan tidak hilang dalam beberapa hari, patut dicurigai sebagai kanker ovarium.

5. Nyeri punggung

Tanda Kanker Rahim  © 2017 medicaldaily.com

Nyeri punggung biasanya dikaitkan dengan menstruasi, atau ketegangan otot, sehingga cenderung untuk diabaikan. Namun jika sakitnya tak kunjung hilang, kemungkinan merupakan tanda kanker ovarium.

6. Sakit saat berhubungan seks

Tanda Kanker Rahim  © 2017 medicaldaily.com

Ada beberapa kemungkinan jika kamu mengalami rasa sakit saat berhubungan seks. Salah satunya bisa jadi merupakan gejala lain kanker ovarium. Yang jelas, harus memeriksakan diri ke dokter.

RECOMMENDED