Tanpa direndam dan disikat, ini trik basmi kerak dan minyak di tatakan kompor pakai 2 bahan sederhana

Tanpa direndam dan disikat, ini trik basmi kerak dan minyak di tatakan kompor pakai 2 bahan sederhana
Instagram/@jesep.ardin ; Instagram/@rumah.eeg

Brilio.net - Tatakan atau tungku merupakan salah satu komponen penting pada kompor. Seperti namanya, komponen ini berfungsi sebagai tatakan perabot dapur yang hendak dipakai memasak menggunakan kompor. Dengan begitu, alat masaknya jadi lebih kokoh dan proses memasak lebih maksimal.

Sayangnya, karena letaknya yang berada di bagian bawah alat masak, tatakan kompor cenderung mudah kotor. Bukan tanpa sebab, berbagai macam noda seperti minyak atau kuah masakan seringkali tumpah dan langsung jatuh ke tatakan kompor. Lantas noda tersebut berpotensi terbakar oleh api, sehingga langsung kering dan mengerak begitu saja.

Padahal tatakan kompor yang kotor bisa membuatnya cepat rusak dan keropos, lho. Lantas untuk mencegah hal tersebut, tatakan kompor harus segera dibersihkan. Biasanya sejumlah orang akan merendam tatakan kompor atau menyikatnya dengan kuat agar kerak dan minyaknya benar-benar terangkat.

Namun alih-alih mencucinya dengan metode yang cukup rumit seperti itu, kamu bisa menerapkan trik lain yang lebih sederhana dalam membasmi kerak dan minyak di tatakan kompor. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @jesep.ardin melalui salah satu video yang diunggah. Tanpa proses panjang, dia bisa mengembalikan tatakan kompor jadi kinclong dan kesat karena bebas minyak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya