Tanpa direndam air, ini trik menyimpan kemangi agar tetap segar dan tak menguning selama 5 hari

Tanpa direndam air, ini trik menyimpan kemangi agar tetap segar dan tak menguning selama 5 hari
YouTube/Sindy Tristanti

Brilio.net - Kemangi sering dikonsumsi sebagai lalapan pelengkap hidangan berat. Namun, nggak sedikit orang yang juga sengaja mencampurkan kemangi dengan aneka masakan. Dicampur pepes, sambal, hidangan berkuah, maupun hidangan lainnya misalnya. Hal ini karena kemangi punya rasa enak dan aromanya khas.

Oleh karena itu, sejumlah orang sengaja membeli kemangi dalam jumlah banyak. Tujuannya agar kemangi bisa dijadikan stok. Saat butuh, tinggal ambil stok kemangi yang disimpan di kulkas.

Sayangnya, meski sudah disimpan di kulkas, stok kemangi biasanya tetap berubah warna. Bahkan aroma khasnya pun hilang tak tersisa. Jadi percuma, kan?

Supaya kemangi yang disimpan tidak cepat busuk, rendam dulu di air sebelum disimpan kulkas. Dengan cara ini, tak cuma segar, kemangi pun akan tetap berwarna hijau cerah.

Namun kalau nggak mau ribet mengganti air rendaman setiap hari, kamu bisa meniru cara menyimpan kemangiyang ditunjukkan oleh pengguna Instagram @diidii_winfleur. Di unggahan videonya, warganet ini tidak merendam stok kemanginya dengan air, lho. Meski begitu, stok kemangi tetap segar dan tak menguning selama berhari-hari.

“Karena datangnya diundur jadi ketauan deh kemangi di giniin kuat sampe 4 bahkan 5 harian di kulkas. Biasanya baru 2 hari udah busuk tapi ini masih bagus,” ujarnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @diidii_winfleur pada Rabu (1/5).

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya