Brilio.net - Sudah jadi rahasia umum, kalau banyak sayuran dan buah punya kandungan baik buat tubuh. Nggak hanya dagingnya, ada beberapa jenis buah dan sayur yang kaya nutrisi di semua bagian. Bahkan hingga kulitnya.

Lantaran kaya dengan nutrisi, kamu nggak perlu lagi mengupas kulit pada sayur dan buah ini. Untuk beberapa jenis sayuran dan buah, kandungan-kandungan seperti vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat lainnya justru paling banyak tersimpan di bagian kulit.

Jadi sayang kan, kalau dibuang? Nah, apa jenis sayuran dan buah yang kulitnya bisa ikut dikonsumsi? Simak 10 daftarnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/4).

1. Wortel.

Loading...

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Kamu suka mengupas kulit wortel? Kalau iya, jangan diterusin lagi kebiasaan tersebut. Pasalnya, kulit wortel ternyata mengandung senyawa polyacetylenes. Kandungan senyawa tersebut dipercaya mengandung antijamur, antibakteri dan punya efek anti inflamasi.

2. Timun.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Serat yang terkandung dalam timun kebanyakan tersimpan di bagian kulitnya lho. Sementara dagingnya mengandung banyak air. Kulit timun yang mengandung antioksidan, serat, potasium, fosfor, kalsium dan vitamin K berguna buat menurunkan berat badan, serta bermanfaat bagi kesehatan mata dan tulang.

3. Terong.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: pixabay.com

Nggak salah, kalau terong itu nikmat banget dikonsumsi bareng kulitnya. Gimana nggak, ternyata kulit terong ungu punya kandungan senyawa nasunin yang bagus buat kesehatan jaringan otak. Mengandung 300 nasunin, senyawa antioksidan bisa mencegah kerusakan sel otak dan melindungi dari perkembangan sel kanker.

Kulit terong juga punya kandungan potasium, magnesium, serat, dan asam klorogenik yang bisa meningkatkan toleransi glukosa. Banyak banget kan manfaat kulit terong?

4. Ubi.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Dalam kulit ubi ternyata memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, provitamin A, vitamin C, dan kalium lho. Provitamin A yang ada pada kulit bahkan bisa memenuhi kebutuhan harian sampai 154%. Semua kandungan yang terdapat dalam kulit ubi berfungsi memperlambat kerusakan sel dan melawan radikal bebas, serta mencegah penyakit jantung dan kanker.

5. Kentang.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Kulit kentang juga punya banyak nutrisi yang sayang kalau dibuang. Dalam kulit kentang ternyata punya banyak serat, zat besi dan asam folat yang bagus buat tubuh.

6. Apel.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: unsplash.com

Tahu nggak sih, kalau kulit apel itu super kaya sama yang namanya nutrisi? Kulit apel sendiri mengandung banyak serat, senyawa pektin yang dipercaya ampuh basmi kolestrol dan gula darah. Nggak cuma itu, kulit apel juga kaya akan vitamin K yang bisa mengaktifkan protein untuk pertumbuhan sel dan pemeliharaan tulang.

Belum berhenti di situ, kulit apel juga punya kandungan antioksidan quercetin seperti yang dimiliki bawang merah. Kandungan tersebut baik buat paru-paru, mencegah pikun dan melawan kerusakan jaringan otak. Kalau kamu selama ini sering ngupas kulit apel, nggak ada salahnya buat nggak melakukannya lagi.

7. Jeruk.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Sering disingkirkan, ternyata kulit jeruk mengandung dua kali lipat vitamin C, riboflavin, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan potasium lho. Selain itu, kulit jeruk juga punya kandungan senyawa yang bisa menurunkan kadar kolestrol.

Punya rasa pahit, mengonsumsi kulit jeruk bisa dengan cara diparut kemudian diseduh bareng minuman hangat. Kamu juga bisa mencampurkan parutan kulit jeruk pada adonan dessert.

8. Kiwi.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: pixabay.com

Tahu nggak sih, kalau kulit kiwi itu bisa dimakan? Yup, kamu nggak salah baca. Ternyata, kulit kiwi mengandung serat dan vitamin C tiga kali lebih banyak daripada daging buahnya. Selain itu, kulit kiwi juga mengandung vitamin E, serotonin dan potasium.

9. Pir.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Nggak kalah dari daging buahnya, kulit pir juga kaya akan kandungan nutrisi. Mengonsumsi buah pir bersama kulitnya bisa meningkatkan kandungan fitonutrisi fenolik sampai 4 kali lipat. Kandungan tersebut merupakan antioksidan anti inflamasi dan anti kanker. Setengah serat dalam kandungan buah pir ternyata terletak pada kulitnya lho.

10. Anggur.

10 kulit buah nutrisi freepik.com

foto: freepik.com

Setuju dong, kalau anggur adalah salah satu buah yang enak banget dimakan sama kulitnya? Kulit anggur merah mengandung banyak serat dan resveratrol. Resveratrol sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat buat kesehatan jantung, otak, memperlambat sel kanker, dan bikin awet muda.

 

RECOMMENDED