Discover the best food

Hits

Ini sejarah sambal yang tak banyak diketahui orang

Pada masa kolonial Belanda, Catenius van der Meijden adalah ahli membuat sambal.

Home » Hits

15 Juli 2017 18:05, Angga Roni Priambodo

Brilio.net - Sambal seperti menjadi hidangan yang tak bisa dilepaskan dalam kuliner Indonesia. Kuliner dengan bahan cabai ini memiliki sejarah panjang di nusantara ini.

Suryatini N Ganie (2009) mencatat sekurangnya ada 100 variasi makanan yang dibuat dari sambal. Hal ini menunjukkan betapa kayanya jenis kuliner nusantara. Bahkan ada kisah yang menyebut bahwa pada zaman kolonial, baboe (pembantu) rumah tangga yang paling mahal harganya adalah yang paling pandai membuat sambal.

Seorang arkeolog Titi Surti Nastiti menyebut bahwa cabai pada masa Jawa Kuno telah menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual. Tak mengherankan jika cabai menjadi bahan masakan yang populer di kawasan tropis ini.

 


Salah satu ahli kuliner paling berpengaruh pada masa kolonial adalah Catenius van der Meijden. Ia adalah seorang nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai seorang nyonya meneer Belanda, Catenius dengan dibantu pembantu bertugas menyiapkan hidangan istimewa untuk seluruh keluarga.

Ia dikenal dengan keahliannya memasak sambal. Berbagai jenis sambal dikuasainya. Nyonya ini kemudian mengumpulkan resep masakannya menjadi sebuah buku tentang resep masakan yang terbit tahun 1942. Sebelumnya ia juga menulis buku berjudul Makanlah Nasi (1922).

Resep sambal dari Catenius van der Meijden yang terkenal adalah sambal oeloek dan sambal telur. Ada juga nama-nama sambal lain yang unik-unik, yakni sambal serdadoe, sambal banjak, sambal brandal, dan lainnya.

 

RECOMMENDED

 

(brl/nng)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Ini sejarah sambal yang tak banyak diketahui orang.
Pada masa kolonial Belanda, Catenius van der Meijden adalah ahli membuat sambal.
https://brilicious.brilio.net/hits/ini-sejarah-sambal-yang-tak-banyak-diketahui-orang-170715b.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP