Brilio.net - Siapa tak mengenal makanan nasi lemak? Masakan khas dari Negeri Jiran, Malaysia yang memiliki rasa gurih layaknya nasi uduk ini bikin tergoda ketika melihatnya.

Saking terkenalnya sebagai salah satu ikon Malaysia, Miss Malaysia Samantha Katie James bahkan pernah mengenakan pakaian bertema nasi lemak sebagai kostum nasional dalam ajang pemilihan Miss Universe di Las Vegas pada November 2017 lalu.

Tak hanya Samantha Katie James yang memperkenalkan nasi lemak di mata dunia, Zaleha Kadir Olpin seorang chef Malaysia juga memperkenalkan nasi lemak dalam ajang Master Chef UK 2018. Ya, Zaleha menjadi peserta ajang bergengsi tersebut namun harus tersingkir di babak perempat final.

Ayam rendang dikritik  © 2018 brilio.net

foto: says.com


Dalam babak perempat final tersebut, Zaleha menyajikan nasi lemak yang menggugah selera dengan lauk ayam rendang, telur dadar gulung, ikan teri, kacang dan udang bakar. Meski sudah terlihat seperti nasi lemak khas Malaysia yang dimasak secara tradisional, namun sayang masakan tersebut justru harus menuai kritik dari juri yang membuat langkahnya terhenti di perempat final.

Loading...

Ayam rendang dikritik  © 2018 brilio.net

Nasi lemak buatan Zaleha - foto: Instagram/@z.olpin


Salah satu juri Master Chef UK, Gregg Wallace memberikan kritikan kepada nasi lemak buatan Zaleha ketika mencicipinya.

"Kulit ayam ini tidak kripsi, ini tidak bisa dimakan," ujar Gregg memberikan komentarnya untuk lauk ayam rendang yang disajikan Zaleha, seperti dikutip brilio.net dari says.com, Selasa (3/4).

Gregg juga mengomentari bumbu rendangnya. Dia mengaku tak bisa makan dagingnya karena menganggap terlalu banyak bumbu rendang di atasnya.

Komentar yang dilontarkan Gregg pada nasi lemak buatan Zaleha jelas saja mengundang reaksi dari publik, khususnya warga Malaysia yang dibuat geram dengan komentar juri berkepala plontos tersebut.

Ayam rendang dikritik  © 2018 brilio.net

Gregg Wallace/foto: says.com


Berita tersebut turut mengundang seorang koki selebriti dari Malaysia bernama Datuk Redzuawan Ismail turut memberikan komentar terhadap kritikan yang dilontarkan juri tersebut. Ia juga menganggap juri itu tak mengerti tentang masakan tradisional.

"Ini bukan bebek goreng ala oranye atau confit d canard, cara orang Prancis memasak bebek mereka. Ini ayam rendang. Hidangan dalam resep ini tidak digoreng. Jelas dia tidak tahu, kami memasaknya dengan cara rendang Malaysia," ungkapnya.

Nasi lemak memang wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang, baik itu ayam maupun daging sapi dan tidak bertekstur garing. Berita tersebut juga mengundang reaksi dari para penghuni Twitter dunia yang dibuat geram dengan komentar Gregg.

"Chicken rendang during raya is heaven! Omg these people don't know how to appreciate a bless (Ayam rendang adalah surga! Omg orang-orang ini tidak tahu bagaimana menghargai berkah)," tulis akun @blackiesasa.

"I guess next time, you don't hve to call yourself a 5-star, professional celebrity-stat chef for not knowing how Chicken Rendang should look and taste; like how it suppose to prepare. Im no chef but holy cow you're an embarrasstment (Aku rasa lain kali, kamu tidak menyebut dirimu sebagai profesional chef bertaraf bintang lima karena tidak tahu bagaimana ayam rendang seharusnya terlihat dan memiliki rasa. Aku bukan koki tapi aksimu memalukan)," imbuh akun @KiaHanaa.

"Chicken Rendang is a classic Malaysian dish, it’s very special. How could u asked someone to prepare it differnetly jz cuz u like a crispy chicken & sauce placed seperately? Respect the dish! It’s culture @JohnTorode1 @GreggAWallace @MasterChefUK (Ayam rendang adalah hidangan klasik Malaysia, sangat spesial. Bagaimana kamu bisa meminta seseorang untuk menyiapkannya dengan cara berbeda seperti ayam renyah dan saus ditempatkan terpisah? Hormati hidangannya!)" pungkas akun @ShannonChowz.