Cuma 10 menit, begini cara merebus sagu mutiara hemat gas agar matang merata dan tidak lengket

Cuma 10 menit, begini cara merebus sagu mutiara hemat gas agar matang merata dan tidak lengket
YouTube/Anandea Kei

Brilio.net - Sagu mutiara umumnya dipakai untuk tambahan berbagai makanan dan minuman guna memperkaya tekstur dan rasa. Penggunaannya yang serbaguna membuat sagu mutiara cocok untuk berbagai jenis hidangan, khususnya menu dessert atau makanan manis. Salah satu penggunaan sagu mutiara yang paling terkenal adalah untuk campuran minuman tradisional, seperti es teler atau es campur.

Pada dasarnya, tekstur sagu mutiara yang kenyal dan lembut memang memberikan sensasi nikmat tersendiri saat disantap. Namun untuk mendapat hasil sagu mutiara yang kenyal, perlu teknik perebusan khusus. Pasalnya, sagu mutiara yang masih mentah bertekstur sangat keras. Jika tidak direbus hingga matang sempurna, bagian tengah sagu akan tampak putih, menandakan belum benar-benar kenyal dan masih keras.

Lantas untuk merebus sagu mutiara ini, butuh waktu 40-60 menit agar matang sempurna. Padahal jika tahu tekniknya, durasi perebusan tersebut bisa dipersingkat agar lebih hemat gas, lho. Tanpa alat khusus seperti panci presto, sagu mutiara bisa matang sempurna dan tak lengket meski hanya direbus selama 10 menit saja.

Lebih jelasnya, cara merebus sagu mutiara selama 10 menit ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Anandea Kei. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menerapkan teknik yang sangat sederhana. Namun hasil sagu mutiara matang sempurna, tidak lengket, atau pun mudah hancur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya