Bukan direbus pakai baking soda, ini trik cuci lap dapur berminyak dan kumal pakai 2 bahan sederhana

Bukan direbus pakai baking soda, ini trik cuci lap dapur berminyak dan kumal pakai 2 bahan sederhana
TikTok/@kinclongbestie

Brilio.net - Lap dapur adalah salah satu alat pembersih yang sering digunakan di rumah. Fungsinya sangat penting untuk membersihkan segala macam peralatan, seperti meja, kompor, alat masak, hingga kaca. Lap dapur biasanya terbuat dari bahan yang dapat menyerap air dan kotoran dengan baik. Di antaranya terbuat dari kain mikrofiber atau kain katun yang sangat efektif membersihkan dan mengelap berbagai permukaan.

Namun karena sering dipakai, lap dapur jadi barang yang mudah sekali kotor. Apalagi jika sisa makanan, minyak, dan debu dapur menempel pada lap, nih.

Jika lap dapur tidak dicuci secara rutin atau disimpan di tempat yang lembap, menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur meningkat dan membuatnya semakin tak higienis.

Merawat lap dapur dengan baik sangat penting untuk menjaga kebersihannya dan mencegah penyebaran bakteri di dapur. Mencucinya secara rutin bisa jadi solusi yang tepat untuk mencegah lap dapur semakin kumal dan dekil. Bahkan tak jarang, lap dapur jadi berminyak dan bau apek jika dibiarkan kotor dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi lap dapur yang berminyak dan kumal, kamu perlu mencucinya dengan cara khusus. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan baking soda untuk melunturkan noda minyak yang membandel. Tak hanya direndam saja, lap dapur biasanya akan direbus bersama air yang sudah dicampur baking soda.

Namun alih-alih menggunakan baking soda, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam menghilangkan noda minyak di lap dapur. Nah, bahan ini pernah digunakan oleh warganet pemilik akun TikTok @monicaalicia_15. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan sederhana dalam mencuci lap dapur berminyak dan kumal.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya