Brilio.net - Bagi sebagian orang, melakukan kegiatan kuliner dengan mencicipi berbagai makanan dan jajanan adalah hal yang sangat menyenangkan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah berburu street food.

Setiap daerah atau bahkan negara di seluruh dunia memiliki street food masing-masing. Misalnya di Korea Selatan ada tteokbokki, di Jepang ada takoyaki, dan tempat-tempat lainnya, tak terkecuali Indonesia.

Street food di Indonesia pun beragam dan banyak sekali macamnya. Mulai dari yang rasanya manis, asin, hingga asam. Harganya pun pastinya relatif terjangkau. Berikut beberapa jajanan street food Nusantara yang lezat dan ramah di kantong, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/4).

1. Onde-onde.

Loading...

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@sukmawati_rs

Onde-onde memiliki cita rasa gurih dari kulit dan biji wijen, bercampur manis dari isian kacang hijau. Makanan yang satu ini juga praktis sekali untuk dimakan karena ukurannya yang relatif kecil. Taksiran harga di pasaran onde-onde biasa dijual Rp 2 ribu per biji.

2. Cenil.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@resepjajananpasar

Cenil terbuat dari tepung kanji, teksturnya kenyal. Cenil tersedia dalam bermacam-macam warna. Jajanan yang satu ini biasa disajikan bersama gula merah cair. Harga cenil pun masih sangat terjangkau, rentang harga Rp 1 ribu.

3. Gorengan.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@tety_fruity

Gorengan yang biasa dijual di seluruh Indonesia pun beragam. Kamu tak akan pernah ada kata bosan untuk menyantap jajanan ini. Seperti tahu isi, tempe mendoan, bakwan, pisang, dan masih banyak lagi. Harganya juga cukup murah, berkisar Rp 1 ribu sampai Rp 2 ribu.

4. Cilok.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@hestiefieschi

Aci dicolok atau cilok adalah makanan khas Sunda, terbuat dari aci berbentuk bulat seperti bakso. Harganya pun beragam, mulai dari kisaran Rp 500 rupiah sampai Rp 1 ribu per buah. Cilok semakin lezat jika ditambah dengan bumbu kacang, micin, dan pedas.

5. Es puter.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@henry_phang

Es puter atau yang biasa dikenal dengan sebutan es tong-tong termasuk jajanan legendaris Indonesia. Es puter terbuat dari santan dan tepung-tepung lainnya. Rasanya es puter yang nikmat ini dapat kamu beli dengan harga mulai kisaran Rp 5 ribu.

6. Kue ape.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@aselihkitchen

Kue ape merupakan jajanan khas Betawi yang juga dikenal dengan nama kue tete. Kue ape ini memiliki tekstur lembut di bagian tengahnya dan renyah di pinggirannya. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dimasak dan disajikan dengan susu kental manis. Harganya pun sangat terjangkau, satu kue ape dapat kamu beli dengan harga kisaran Rp 1 ribu.

7. Donat kentang.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@resepdonaat

Makanan yang satu ini juga bisa ditemui di pasaran dengan harga kisaran Rp 2 ribu. Sesuai namanya, donat jenis ini terbuat dari kentang. Akan semakin lezat jika diberi taburan gula halus atau meses.

8. Cimol.

Jajanan street food nusantara © berbagai sumber

foto: Instagram/@novasilvie

Cimol biasa dihidangkan dengan berbagai macam bumbu bubuk sesuai selera. Mirip dengan cilok, namun jajanan yang satu ini dibuat dengan cara digoreng. Menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Harganya berkisar Rp 3 ribu per bungkus.

RECOMMENDED