Brilio
Discover the best food

7 Oseng mercon selain daging sapi ini lezat & pedasnya jos
foto: dapursehatbunda.blogspot.com

Hits

7 Oseng mercon selain daging sapi ini lezat & pedasnya jos

Disantap dengan nasi hangat, sungguh kenikmatan luar biasa.

Home » Hits

23 Januari 2019 07:31, Agustin Wahyuningsih

Brilio.net - Penyuka pedas pasti tahu yang namanya oseng mercon dong? Lebih-lebih kamu yang kerap bertandang ke Jogja. Ya, tak jauh dari Titik Nol Kilometer atau Malioboro, tepatnya di kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan terdapat warung-warung tenda yang menawarkan kuliner pedas ini.

Oseng mercon yang konon sudah ada sejak hampir dua dekade ini menambah variasi pilihan kuliner khas Jogja. Seperti diketahui, Jogja identik dengan kuliner manis seperti gudeg, bakpia, hingga geplak.

Jika menikmati oseng mercon di kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan, maka yang kamu makan adalah daging sapi yang telah diolah bersama bumbu-bumbu khas ditambah lemak sapi menggiurkan.

Nah, belakangan muncul kreativitas mengganti daging sapi dengan bahan lain. Dengan bumbu-bumbu yang hampir sama, oseng mercon berbahan selain daging sapi menjadi alternatif untukmu yang tak makan daging sapi atau kambing.

Kali ini Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/1), deretan oseng mercon yang bahan utamanya bukan daging sapi. Pasti tak kalah menggiurkan, nih. Langsung simak, yuk!

1. Oseng mercon ceker ayam.

oseng mercon berbagai sumber

foto: dapursehatbunda.blogspot.com

Di salah satu warung kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan, ternyata juga ada warung yang menjual oseng mercon ceker, yakni oseng mercon Pak Tony. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi harga ceker lebih murah dibandingkan daging sapi, serta mudah didapat di pasar.

Kamu tinggal menghaluskan cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri, bawang putih, daun jeruk, garam, dan gula merah. Lalu oseng bumbu halus ini dan ceker ayam dengan minyak goreng ditambah air putih matang secukupnya. Tambahkan penyedap rasa biar rasanya makin sip.

2. Oseng mercon daging ayam.

oseng mercon berbagai sumber

foto: cookpad.com/yunita widiyani

Masih dengan bumbu yang tak jauh berbeda dengan oseng mercon pada umumnya, kamu bisa memasak oseng mercon berbahan daging ayam di rumah. Daging ayam ini selain harganya lebih miring ketimbang daging sapi, bisa juga jadi alternatif untukmu yang tak makan daging sapi atau juga kambing.

Saat menyantap oseng mercon daging ayam, kamu bisa menambahkan lalapan daun selada dan tomat supaya selera makan semakin meningkat. Bisa-bisa habis nasi dua piring, ya!

3. Oseng mercon kikil.

oseng mercon berbagai sumber

foto: masakanterlengkap.blogspot.com

Sensasi dagingnya yang kenyal, membut kikil digemari banyak orang. Kikil ini juga cocok diolah dengan bumbu pedas. Salah satunya oseng mercon. Beberapa warung oseng mercon di Jogja juga menyediakan oseng mercon kikil, lho. Kikil tuh apa sih? Kikil merupakan bagian daging sapi yang diambil dari kaki.

4. Oseng mercon bakso.

oseng mercon berbagai sumber

foto: cookpad.com/yunnisandra

Nah, kalau ini beda dari yang lain. Bukan langsung berupa daging sapi, oseng mercon ini melibatkan bola-bola daging sapi atau bakso.

Jika ingin membuat bumbu oseng mercon semakin kuat, kamu bisa meramu bawang bombay, tomat, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah dan putih, gula merah, serta garam, gula, lada, dan kaldu bubuk.

Kamu juga bisa mencampur oseng mercon bakso dengan potongan sosis. Wah, disantap dengan nasi hangat atau sekadar camilan kala hujan turun, lezat banget, nih.

5. Oseng mercon ati ampela ayam.

oseng mercon berbagai sumber

foto: duhita-hartono.blogspot.com

Ati ampela ayam merupakan bahan makanan yang bisa dimasak jadi menu olahan apa saja. Mulai dari sate ati ampela, sambal goreng, hingga oseng mercon.

Tingkat kepedasan oseng mercon ati ampela ayam ini bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Tekstur ati ampela yang empuk beserta bumbu oseng mercon yang menggoda, bikin kamu nggak bisa menahan godaan. Setuju, kan?

6. Oseng mercon usus ayam.

oseng mercon berbagai sumber

foto: cookpad.com/Sekar Ayu

Siapa nih yang suka banget sama usus ayam? Selain diolah menjadi sate atau kripik, usus ayam juga bisa kamu masak dengan bumbu oseng mercon. Teksturnya yang sekali kunyah bisa langsung terkoyak ditambah sensasi pedas bumbu oseng mercon, membuat menu satu ini bikin makan jadi nambah lagi dan lagi.

7. Oseng mercon balungan.

oseng mercon berbagai sumber

foto: cookpad.com/Nyonya aDita

Bagi beberapa orang, makan tulang belulang ayam, sapi, atau kambing merupakan kenikmatan. Ada seni dan kelezatan tersendiri saat menyesap sela-sela tulang dan menggigiti sisa daging yang menempel di tulang.

Nah, buat kamu yang suka balungan, bisa nih masak oseng mercon tulang ayam, sapi, atau kambing. Bahkan tulang sapi juga jadi campuran oseng mercon yang dijual di Jogja, lho. Salah satunya di oseng mercon Bu Narti yang selalu masuk dalam daftar utama pencarian di Google. Kamu sudah pernah mencobanya?

 

RECOMMENDED

(brl/tin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Oseng mercon selain daging sapi ini lezat & pedasnya jos.
Disantap dengan nasi hangat, sungguh kenikmatan luar biasa.
https://brilicious.brilio.net/hits/7-oseng-mercon-selain-daging-sapi-ini-lezat-pedasnya-jos-1901225.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP