Brilio
Discover the best food

7 Kuliner olahan mi favorit dari Asia ini siap bikin kamu laper mata

Hits

7 Kuliner olahan mi favorit dari Asia ini siap bikin kamu laper mata

Awas, lihat fotonya aja bisa bikin kamu auto ngiler!

Home » Hits

22 Agustus 2018 01:01, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Banyak hal yang dapat dilakukan saat kamu sedang berlibur ke luar negeri. Selain mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik dan berselfie ria, kamu juga bisa melakukan wisata kuliner.

Berbagai jenis kuliner khas dengan cita rasa berbeda dari yang biasanya dinikmati tentu akan memanjakan lidahmu. Mulai dari jajanan pinggir jalan, hingga makanan berat kaya akan karbohidrat seperti nasi dan mi.

Bagi masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa mengonsumsi nasi, memang akan sedikit kesulitan beradaptasi dengan makanan yang ada saat berada di luar negeri. Biasanya kuliner dengan bahan baku mi menjadi pilihan alternatif utama untuk mengisi perut.  

Nah, berikut ini 7 kuliner olahan mi favorit dari Asia yang bisa menjadi pilihan alternatif buat kamu, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/8).


1. Pad Thai.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: greenchef.com


Hidangan kaki lima asal Thailand ini biasanya terdiri dari mi beras (kwetiau), udang, bakso ikan atau cumi, tauge, telur dan bumbu rempah-rempah. Hidangan yang satu ini memang memiliki tampilan yang mirip banget dengan kwetiau goreng di Indonesia. Namun bedanya, pad thai memiliki cita rasa yang cenderung asam dan manis.


2. Pho.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: blog.kettleandfire.com


Kuliner asal Vietnam ini terbuat dari mi home made, kuah kaldu bening, irisan daging sapi dan bakso. Ketenaran Pho (dibaca:Phe), berasal dari kuah kaldunya yang bisa bikin ketagihan.

Gimana nggak, kuah kaldu beningnya sendiri dibuat dari rebusan tulang sapi dan bumbu rempah lainnya yang dimasak selama 8 jam di atas arang. Apalagi dengan tambahan bawang merah dan jahe yang juga di panggang di atas arang semakin menambah kelezatan kuliner mi satu ini.


3. Laksa.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: lifestylefood.com.au


Kalau kamu lagi liburan ke negara tetangga di Singapura, salah satu makanan khas yang wajib kamu cicipi adalah laksa. Satu mangkuk laksa terdiri dari mi, udang, telur, tahu dan kuah bumbu yang cukup kental. Kuah bumbu yang berasal dari peranakan Tionghoa-Melayu ini bakal cocok banget di lidahmu.


4. Wonton Noodle Soup.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: getfish.com.au


Buat kamu penggemar pangsit, kuliner dari Tiongkok yang satu ini pas banget buat kamu nih! Olahan mi ini sendiri menjadi spesial karena pangsit di dalamnya. Seporsi wonton noole soup biasanya terdiri dari mi kuning tipis, pangsit rebus, sayuran dan daging sapi atau babi.


5. Ramen.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: seonkyounglongest.com


Nah, kalau olahan mi yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing lagi dong? Ya, ramen memang merupakan salah satu kuliner Jepang yang sudah mendunia. Bahkan kini sudah banyak ramen instan yang tersedia di mini market di setiap daerah.

Di negara aslinya, ramen terbagi lagi menjadi 4 jenis berdasarkan kuah kaldunya, yaitu shio (garam), shoyu (kecap), miso (pasta kacang fermentasi), dan tonkotsu (daging babi, dalam bentuk kaldu asli).


6. Mi Aceh.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: foody.id


Kuliner berbahan dasar mi asal Aceh ini terkenal akan cita rasa bumbunya yang kuat dan pedas. Olahan mi ini biasanya disajikan dalam bentuk goreng, tumis atau kuah.

Dalam satu mangkuknya mi aceh terdiri dari mi dan anek seafood, seperti udang, cumi, bahkan kepiting. Kuliner ini akan semakin mantap dengan tambahan acar timun, acar bawang merah, taburan kacang  tanah, perasan jeruk nipis dan emping.


7. Naengmyeon.

mi favorit dari Asia © 2018 Istimewa

foto: mykoreankitchen.com


Tidak kalah dari negara tetangganya, Jepang, negeri Ginseng juga mempunyai beragam kuliner olahan mi. Salah satunya adalah naengmyeon atau mi dingin. Ya mi yang satu ini akan sangat cocok dinikmati saat musim panas tiba karena disajikan dalam keadaan dingin.

Biasanya satu porsi naengmyeon akan berisi mi home made yang tipis dan panjang, telur rebus, daging sapi yang sudah didinginkan terlebih dahulu, kuah bening, timun dan pir Koreayang diiris tipis-tipis, serta tentunya tambahan es.




RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    40%

  • Wow!

    20%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    40%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Kuliner olahan mi favorit dari Asia ini siap bikin kamu laper mata.
Awas, lihat fotonya aja bisa bikin kamu auto ngiler!
https://brilicious.brilio.net/hits/7-kuliner-olahan-mi-favorit-dari-asia-ini-siap-bikin-kamu-laper-mata-180821j.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP