Brilio
Discover the best food

6 Menu Argentina yang menggugah selera, bisa bikin lidah ketagihan lho
foto-foto : Brilio.net/yani andryansjah

Hits

6 Menu Argentina yang menggugah selera, bisa bikin lidah ketagihan lho

Sajian otentik Negeri Tango dengan resep klasik

Home » Hits

25 Maret 2019 10:58, Yani Andriansyah

Brilio.net - Masih ingat tentang restoran Argentina di Jakarta? Ya, Sudestada Jakarta yang terletak di bilangan Menteng, Jakarta Pusat ini selain menawarkan tempat makan yang instagramable, sajian menu yang beragam ala Amerika Latin juga begitu otentik. Mulai dari daging panggang, tentakel gurita, hingga pizza lho.

Disebut otentik karena selain diracik chef asli orang Argentina, menu yang ditawarkan juga diolah menggunakan resep asli. Sebagian bahan baku yang dipakai juga diimpor langsung dari Negeri Tango.

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

“Sengaja kita konsep seperti ini agar tamu datang ke sini, bisa merasakan makanan asli Argentina. Karena orang Argentina tidak suka pedas, kita tidak memakai bumbu yang macam-macam cukup garam,” ujar Chef Victor Taborda, pemilik Sudestada Jakarta.

Selain itu umumnya makanan Argentina di masak di atas api terbuka tanpa banyak menggunakan bumbu. Oh iya, daging  merupakan hidangan favorit orang Argentina. Masyarakat di sana bisa memakan daging 4 kali dalam seminggu.

Wajar jika Argentina dikenal sebagai salah satu negara pengonsumsi daging terbanyak di dunia. Masyarakat Argentina juga lebih suka daging industri atau secondary cut meski jenis daging ini membutuhkan waktu pemasakan sedikit lebih lama.

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.netChef Victor Taborda meracik pizza Argentina yang kaya keju

“Tapi dari sisi harga daging jenis ini lebih murah, tapi punya aroma dan rasa yang lebih enak. Karena itu banyak warga Argentina menyukai daging secondary cut ini,” kata Victor.

Nah kayak apa ya menu yang ada di restoran ini? Berikut enam menu Argentinian foods yang berhasil dirangkum Brilio.net dari Sudestada Jakarta. 

1. Beef pepperoni pizza

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Pizza kok dari Argentina? Bukannya makanan yang satu ini berasal dari Italia? Ya, kuliner Argentina umumnya dipengaruhi makanan Amerika Latin dan Italia. Banyak menggunakan herbs. Teknik memasaknya juga kebanyakan menggunakan kayu bakar yang diambil dari kayu pohon buah, karena itu pizza Argentina tidak ada gosongnya. Nah Pizza Argentina itu kaya akan keju mozzarella, memiliki tekstur yang lebih tebal dibanding pizza Italia. Untuk topping banyak menggunakan daging, bisa sosis atau irisan daging sapi.

2. Hand cut beef empanadas

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Sama seperti di Indonesia, di Argentina juga ada yang namanya panada atau biasa disebut pastel. Jika di Indonesia isian pastel lebih banyak didominasi campuran sayuran, kentang dan wortel, di Argentina berbeda. Isinya lebih banyak menggunakan isian smoke beef. Disajikan dengan saus chimichurri atau saus tomat.

3. Pulpo con papas y salchica

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Kalau makanan yang ini cukup unik. Ini merupakan sajian menu yang berbahan dasar tentakel gurita bakar. Disajikan dengan potongan sosis, kentang dan dibaluri garlic mayonaise. Rasanya yang sedikit salty, membuat makanan yang satu ini terasa nikmat dengan tekstur yang agak kenyal.

4. Matambre

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Ini merupakan adalah sajian rose meat (daging bagian antara iga dan kulit sapi. Potongan daging ii lebih tipis dibanding daging steak pada umumnya. Namun rasanya sama gurihnya. Disajikan dengan taburan saus chimichurri makin menambah kelezatan. "Chimichurri merupakan bumbu racikan yang berisi irisan bawang putih, peterseli, minyak zaitun, sedikit chili flake, dan cuka.

5. Bife de chorizo

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Makanan yang satu ini berupa sajian daging sapi striploin yang merupakan primary cut. Nah sajian ini juga sebagai menu andalan di Sudestada Jakarta. Teksturnya sangat empuk dan padat. Taburan bumbu yang gurih meresap hingga ke dalam potongan daging. Teknik memasak yang digunakan untuk sajian ini menggunakan metode slow cook sebelum dipanggang. Jadi dibutuhkan waktu sekitar 45 menit slow cook untuk marinasi. Tujuannya agar bagian luarnya lebih renyah saat dipanggang dalam waktu sekitar 10 menit. Lebih nikmat disajikan dengan kentang goreng.

6. Makanan penutup yang menyegarkan

Sudestada Jakarta Menu © 2019 brilio.net

Sebagai makanan penutup, restoran ini memiliki banyak menu yang bisa dicoba seperti churros with dulce de leche, potongan churros yang renyah disantap dengan selai susu karamel (dulce de leche). Atau bisa juga memilih lemon tart dan chocolate brownie. Aneka menu ini merupakan makanan klasik Argentina. Kudapan ini juga cocok disantap sebagai teman minum kopi atau teh.

RECOMMENDED

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

6 Menu Argentina yang menggugah selera, bisa bikin lidah ketagihan lho.
Sajian otentik Negeri Tango dengan resep klasik
https://brilicious.brilio.net/hits/6-menu-argentina-yang-menggugah-selera-bisa-bikin-lidah-ketagihan-lho-190325y.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP