15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana
foto: YouTube/YAHMAN CN

Brilio.net - Handuk merupakan salah satu perlengkapan penting saat mandi. Pasalnya, handuk dipakai untuk mengeringkan badan dari sisa air setelah mandi. Karena cukup sering basah, handuk pun perlu rutin dicuci dan dijemur agar permukaannya tidak lembap. Jika tidak, kondisi handuk yang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur. Tak hanya itu, tampilannya juga akan kelihatan dekil dan kusam.

Jika handuk sudah telanjur kotor juga akan sulit dibersihkan meski sudah disikat dengan sabun atau detergen. Diperlukan trik khusus agar kotoran yang menempel di handuk bisa benar-benar terangkat.

Sejumlah orang akhirnya memilih menggunakan bahan tambahan untuk mencuci handuk yang dekil, seperti sabun cuci piring, baking soda, cuka, hingga micin. Nah, buat kamu yang mau mencobanya di rumah, yuk simak 15 cara mencuci handuk dekil yang telah dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (20/4).

Cara mencuci handuk dekil pakai sabun cuci piring.

1. Disikat pakai sabun cuci piring dan sabun colek.

15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

foto: TikTok/@bella_fidellia

Kamu bisa mencuci handuk dekil dengan metode yang dibagikan oleh ibu muda pemilik akun TikTok @bella_fidellia. Ibu muda bernama Bella ini mengaku tidak menggunakan detergen ataupun air panas saat hendak mencuci handuk. Dia justru mengandalkan satu bahan dapur untuk mencuci handuk dekil agar kinclong dan tak bau apek.

Bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Dibandingkan detergen, sabun cuci piring lebih minim meninggalkan residu. Hal ini akan membuat handuk tetap halus, lembut, dan tak apek, lho.

"Alasan aku nyuci pakai S*nlight, karena lebih bersih, lebih wangi, dan mengangkat noda minyak," ujar TikTok @bella_fidellia.

Nah, cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, bilas handuk dengan air sampai basah. Setelah itu, tuang sabun cuci piring secukupnya ke seluruh bagian handuk, khususnya yang penuh noda dekil. Jika sudah, langsung gosok-gosok handuk menggunakan sikat baju.

Jika ingin hasil lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan sabun colek saat mencuci handuk. Selain bikin bersih, sabun colek akan menghasilkan busa lebih banyak, sehingga handuk lebih mudah disikat. Dengan begitu, kotoran pada handuk juga lebih cepat luntur.

Setelah disikat, bilas handuk dengan air sampai sabunnya benar-benar hilang. Lalu jemur sampai kering. Nah, handuk yang sudah kering ini pun bisa disimpan atau langsung digunakan. Selain warnanya jadi makin cerah, aroma handuk juga lebih wangi dan tak bau apek.

2. Direndam pemutih pakaian, detergen cair, dan sabun cuci piring, baru dikucek.

15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

foto: YouTube/YAHMAN CN

Cara mencuci handuk dekil agar kinclong lagi sempat dibagikan oleh pemilik akun YouTube YAHMAN CN. Warganet akrab disapa Yahman ini diketahui sebagai pemilik bisnis laundry, sehingga sudah nggak asing dengan cara mencuci handuk yang sudah sangat kotor. Usut punya usut, ia cuma butuh tambahan satu bahan dapur untuk mempraktikkan cara ini.

Yang pertama harus disiapkan adalah baskom atau ember, lalu masukkan sedikit pemutih pakaian dan detergen cair. Kemudian, tambahkan sabun cuci piring secukupnya. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur inti untuk mempraktikkan cara mencuci handuk ini. Setelah ketiga bahan tersebut masuk, baru larutkan dengan air panas. Pemilik akun YouTube YAHMAN CN mengatakan, ia cuma pakai 1 liter air panas karena hanya ada 1 lembar handuk yang akan ia cuci. Aduk sampai semua racikan bahan pembersih larut dengan air.

Kemudian, rendam handuk di dalam larutan bahan pembersih. Aduk-aduk sebentar untuk memastikan seluruh bagian handuk terendam sempurna. Kalau sudah, biarkan handuk terendam selama beberapa saat agar nodanya lebih mudah hilang.

"Saya tinggal selama 1 jam untuk mengerjakan hal yang lainnya. Diamkan 1 jam atau bisa lebih," tegas Yahman.

Usai direndam, baru kucek atau sikat handuk sampai nodanya benar-benar hilang. Selagi mengucek, kamu juga bisa menggosokkan sabun batangan agar proses mencuci semakin maksimal. Selanjutnya, kalau noda pada handuk berhasil luntur, bilas handuk dengan air bersih.

Proses selanjutnya opsional, tapi supaya handuk jadi wangi, kamu bisa merendamnya di dalam air larutan pewangi pakaian. Pemilik akun YouTube YAHMAN CN menjelaskan, proses merendam handuk dalam pewangi ini cuma butuh waktu sekitar 5 menit. Kemudian, bilas, peras, dan jemur handuk sampai kering.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya