Brilio.net - Belakangan ini beberapa kali tersiar kabar adanya pesawat terbang yang menabrak hewan liar. Pada 10 Juni lalu, pesawat Lion Air menabrak burung dalam penerbangan di Surabaya. Kemudian pesawat Antonov menabrak rusa di Rusia, dan pesawat Bombardier CRJ 700 juga menabrak rusa di Bandara Internasional Charlotte Douglas, AS.

Sebenarnya peristiwa pesawat terbang menabrak hewan liar ini sudah banyak terjadi di dunia penerbangan. Jenis hewan yang tertabrak juga beragam, dari burung, mamalia, hingga reptil. Bahkan, dikutip dari theatlantic.com, Selasa (19/6), dalam dua dekade terakhir ini, otoritas penerbangan sipil AS, FAA/Federal Aviation Administration, merilis data lebih dari 1.000 rusa yang tertabrak pesawat terbang. Rusa-rusa itu tertabrak saat pesawat akan mengudara atau pun saat di darat. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan burung elang sebanyak 70 kasus.

Nah, di luar kedua jenis hewan liar itu, ternyata ada berbagai jenis hewan liar lainnya yang kamu nggak bakalan nyangka bisa tertabrak pesawat. Hewan apa saja? Berikut datanya.

1. Kura-kura.

Loading...

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: mashable

Sejak 1990 hingga 2015, ada sekitar 198 kura-kura yang tertabrak pesawat terbang di AS.

2. Aligator.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: facebook

Penerbangan di Orlando pernah dihebohkan dengan adanya pesawat yang menabrak 'buaya' aligator di landasan pacu.

3. Sapi/kerbau.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: istimewa

Pesawat Lion Air pada 2013 silam menabrak tiga ekor sapi yang melintas di landasan pacu di Bandara Jalaluddin Gorontalo, sehingga pesawat tergelincir. Pesawat menabrak kerbau juga pernah terjadi di luar negeri.

4. Armadilo.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: istimewa

Pesawat yang ditumpangi aktor Morgan Freeman pernah menabrak armadilo di bandara Mississippi, akhir 2015 silam.

5. Kucing.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: pinterest

Data FAA mengungkapkan pernah terjadi kasus pesawat menabrak kucing. Namun, tidak disebutkan secara rinci peristiwanya.

6. Ular.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: wildlife sos

Ular juga menjadi binatang sial karena tertabrak pesawat, menurut data FAA. Namun, tidak disebutkan secara rinci peristiwanya.

7. Anjing.

hewan ditabrak pesawat Istimewa

foto: istimewa

Baik anjing liar maupun anjing domestik, keduanya menurut data FAA, pernah jadi korban tertabrak pesawat. Namun, tidak disebutkan secara rinci peristiwanya.

RECOMMENDED